10 Peluang Kerja Bagi Generasi Milenial Jurusan Kuliah yang Sesuai Menurut Pakar Penddidikan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 10 Oktober 2021 - 15:00 WIB

Mahasiswa UBSI
Mahasiswa UBSI

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Generasi Z atau Gen Z  (Milenial)merupakan penerus generasi Y yang terlahir antara tahun 1995 hingga 2010. Gen Z dikenal sudah sangat akrab dengan teknologi. Mereka fasih sekali dengan bidang teknologi, dan lebih menyukai dunia visual.

Dalam memilih jenis pekerjaan pun, mereka akan cenderung memilih yang sesuai dengan minat dan ketertarikannya. Gen Z juga sangat menyukai tantangan dan keterbukaan. Maka dari itu, masa depan para generasi ini, bisa dengan mudah mereka dapatkan.

Berikut 10 peluang kerja bagi Gen Z dan jurusan kuliah yang mendukung jenis kariernya:

  1. Content Writer dan Creator

Ada banyak kategori writer yang bisa ditemukan saat ini. Mulai dari content writer, copywriter, ghost writer, dan masih banyak lagi. Bagi kalian yang suka berpikir inovatif dan kreatif tentu bisa menulis konten dengan sangat cakap dan terampil.

Untuk menjadi writer dan creator, Gen Z bisa memilih jurusan Sastra Inggris, Ilmu Komunikasi atau Humas yang ada di Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/, atau jurusan Jurnalistik yang ada di Universitas Multimedia Nusantara dengan link pendaftaran https://pmb.umn.ac.id/pmb/web/ atau jurusan Ilmu Komunikasi yang ada di Universitas Atma Jaya dengan link pendaftaran https://join.atmajaya.ac.id/ dan masih banyak lainnya.

  1. Developer

Mobile developer dan software developer adalah dua pekerjaan yang cocok buat kamu peminat teknologi. Kamu bisa merancang program untuk klien, memperbaiki bug, atau menambahkan fitur yang ada.

Kalian bisa memilih jurusan Sistem Informasi yang ada di Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendaftaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/, atau bisa pilih jurusan Ilmu Komputer di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan link pendaftaran https://admisi.ipb.ac.id/, atau jurusan Teknologi Komputer di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan link pendaftaran https://admission.itb.ac.id/home/ dan masih banyak lagi lainnya.

  1. UI/UX Designer

Bagi Gen Z yang merasa nyaman saat menggunakan sebuah aplikasi karena tampilannya yang bersahabat, maka berterimakasihlah pada UI/UX Designer. Dan, jika kalian ingin juga menjadi UI/UX Designer maka bisa memilih jurusan Sistem Informasi di Universitas BSI dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/ atau jurusan Teknologi Informasi di Universitas Tarumanegara dengan link pendaftaran https://go.untar.ac.id/ atau jurusan Arsitektur di Universitas Brawijaya dengan link pendaftaran https://selma.ub.ac.id/ dan masih banyak lainnya.

 

  1. Data Scientist dan Data Analyst

 

Di era modern, data adalah segalanya. Kini profesi Data Scientist dan Data Analyst sedang hits di kalangan Generasi Z. Tugas utama mereka adalah mengolah dan menganalisis data yang didapatkan dari internet, kemudian digunakan untuk mengambil keputusan selanjutnya.

Gen Z bisa memilih jurusan Sains Data di Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendaftaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/ atau jurusan Statistik di Universitas Gadjah Mada dengan link pendaftaran https://ugm.ac.id/id/pendaftaran dan masih banyak lainnya.

  1. UX Writer

Pekerjaan yang satu ini masih ada hubungannya dengan aplikasi yang dari tidak jauh dari UI/UX Designer. Namanya adalah UX Writer. Tugas UX Writer lebih sederhana karena mereka adalah pengisi tulisan di aplikasi tersebut supaya dimengerti oleh pengguna. Ingin jadi UX writer bisa pilih jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Pelita Harapan dengan link pendaftaran https://www.uph.edu/id/admission/, atau pilih jurusan Ilmu Komputer di Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendaftaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/, atau jurusan Psikologi di Universitas Airlangga dengan link pendaftaran http://www.ppmb.unair.ac.id/, dan masih banyak lagi lainnya.

6.Digital Marketer

Dengan pemanfaatan internet, jangkauan dunia marketing menjadi tidak terbatas. Untuk meningkatkan jumlah penjualan dan mendapatkan semakin banyak pelanggan, pemanfaatan bidang digital bisa dimaksimalkan.

Bagi Gen Z, yang ingin menjadi Digital Marketer bisa pilih jurusan Manajemen di Universitas BSI dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/, atau pilih jurusan Bisnis Digital di Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendaftaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/, atau jurusan Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma dengan link pendaftaran https://pendaftaran.gunadarma.ac.id/2021/ dan masih banyak lainnya.

  1. Social Media Specialist

Social media specialist adalah jenis pekerjaan yang baru muncul di era Generasi Z dan milenial muda. Tingginya minat terhadap media social, membuatnya sangat menjanjikan untuk berbisnis. Ingin jadi Social Media Specialist bisa pilih jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas BSI dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/, atau jurusan Manajemen di Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendaftaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/ atau jurusan Hubungan Masyarakat di London School of Public Relations (LSPR) dengan link pendaftaran https://www.lspr.edu/ dan masih banyak yang lainnya.

 

  1. Website Administrator

Pekerjaan ini bisa dibilang sederhana, namun membutuhkan perhatian pada detail yang cukup tinggi. Seorang web admin harus tahu event-event apa yang akan digelar dalam waktu dekat, membuat rencana konten dana waktu tertentu, dan memastikan bahwa traffic website terus menunjukkan tren positif.

Ingin jadi Website Administrator, kamu bisa pilih jurusan Sistem Informasi di Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendaftaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/ atau pilih jurusan Informatika di Universitas Atma Jaya dengan link pendaftaran https://join.atmajaya.ac.id/ atau jurusan Teknologi Informasi di Universitas Tarumanegara dengan link pendaftaran https://go.untar.ac.id/ dan masih banyak lainnya.

  1. Desainer Grafis

Pekerjaan Desainer Grafis jadi pekerjaan paling banyak dicari saat ini. Dibutuhkan jiwa kreatif dan up-to-date untuk menjadi seorang desainer grafis handal. Kamu yang minat menjadi Desainer Grafis bisa pilih jurusan Broadcasting di Universitas BSI dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/ atau jurusan Desain Komunikasi Visual di Universitas Pelita Harapan dengan link pendaftaran https://www.uph.edu/id/admission/ atau jurusan Visual Brand Design di Universitas Multimedia Nusantara dengan link pendaftaran https://pmb.umn.ac.id/pmb/web/ dan masih banyak lainnya.

  1. Videografer

Konten tulisan menarik tentu harus dibarengi dengan eksekusi cantik dan visualisasi keren. Tidak heran videografer menjadi pekerjaan yang paling banyak dicari saat ini. Gen Z yang minat jadi Videografer, bisa memilih jurusan Perfilman di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dengan link pendaftaran https://pmb.ikj.ac.id/, atau jurusan Animasi di Universitas Negeri Malang dengan link pendaftaran http://home.seleksi.um.ac.id/, atau jurusan Broadcasting di Universitas BSI dengan link pendaftaran http://pendaftaran.bsi.ac.id/  atau jurusan Televisi di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) dengan link pendaftaran https://pmb.unikom.ac.id/ dan masih banyak lainnya.

Itulah, 10 peluang karier beserta pilihan jurusan yang akan menunjang karier pilihan Anda sebagai Generasi Milenial.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi sektor kesehatan

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:00 WIB

Pemerintah Teken Tiga LOI Sektor Kesehatan Capai Rp 10 Miliar

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalukan penandatanganan tiga Letter of Intent (LOI) dengan 3 perusahaan alat kesehatan.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Tinjau Museum Korps Marinir TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono meninjau Museum Korps Marinir (MKM) TNI AL yang berlokasi di Kesatrian Marinir Moekijat Pasmar 2 Jalan. A.Yani No. 1A Gedangan,…

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:45 WIB

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menggelar kegiatan bersepeda dalam rangka olahraga bersama jajaran Pejabat Utama Pasmar 1, Jumat (03/12/2021).

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:30 WIB

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Tim Triathlon Pasmar 1 tampil membanggakan pada Belitung Sprint Triathlon 2021 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Tinggi Lorin Hotel and Resort, Belitung, Sabtu (04/12/2021).

Atlet YonmarHanlan XII Pontianak

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:15 WIB

Atlet YonmarHanlan XII Pontianak Dominasi Peroleh Medali Ajang Lomba Menembak

Perhelatan lomba menembak dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Armada RI ke 76 yang di gelar oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak tengah berlangsung di Lapangan…