PAAI Beberkan 8 Tips Bagi Agen Asuransi Agar Tetap Produktif di Saat Pandemi

Oleh : Wiyanto | Kamis, 07 Oktober 2021 - 12:41 WIB

Para pengurus Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia
Para pengurus Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia

INDUSTRY.co.id-Jakarta -- Pandemi menjadi tantangan besar bagi agen asuransi. Sebab pembatasan mobilitas membuat para agen tidak bisa bertatap muka dengan nasabah. Namun dengan kemudahan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk digital sales, maka agen asuransi didorong untuk berinovasi sehingga tetap produktif di masa pandemi.

Untuk itu, memasuki era 'new normal', Lucia Wenny, Ketua Umum PAAI (Perkumpulan Agen Asuransi Indonesia) mempunyai tips bagi para Agen Asuransi untuk tetap produktif, atau tetap closing di saat pandemi. Menurutnya, setiap Agen Asuransi harus dilengkapi dengan 8 (delapan) Powerful Words.

Pertama, tanamkan Kepercayaan diri bahwa kita bisa, ikuti New Normal bahkan Next New Normal. Kedua, Tetap Kuat terhadap impian, percaya akan pencapain. Ketiga, Pantang Menyerah, karena dengan kemajuan setiap hari akan meningkatkan hasil yang besar. Keempat, jangan lupa Bersyukur.

Kelima, Kerja Keras, sebab hal-hal baik datang kepada mereka yang bergerak cepat. Keenam, Tetap rendah hati, sebab dengan bekerja keras mencapai hasil, makan hasilah yang berbicara. Ketujuh, tetap Ramah, dengan kerahaman membuat Agen menjadikan susana hati yang akrab dan indah. Terakhir, Tetap Tersenyum karena senyummu membuat hidup lebih indah. Intinya adalah Strong & Survive, urai Lucia Wenny pada konferensi pers HUT PAAI ke 5 di Jakarta, Kamis (7/10/2021).

Kendati demikian, dalam rangka peningkatkan kompetensi agen asuransi, PAAI juga melakukan berbagai program pengembangan keagenan. Salah satunya adalah Fun Friday. Diberi titlle Fun Friday karena training keagenan diadakan setiap hari Jumat dengan nara sumber dari para agen asuransi yang sukses dan juga para praktisi.

"Ke depannya tentu PAAI akan lebih mencerdaskan para agen asuransi untuk lebih professional, Tagline kami profesi untuk kepentingan nasabah. Untuk mendukung hal itu kami akan membuat program-programnya, seperti membuka kelas khusus, yang akan diisi oleh team training. Ini tentu menjadi PR kami saat ini," ungkap Wenny.

Dia juga merespon positif terkait rencana OJK yang akan merilis aturan baru terkait Unit Link. "Kami mendukung penuh kebijakan OJK. Selanjutnya kami akan rapatkan barisan untuk menjual unit link yang baik. Training setiap Jumat itu salah satunya mengedukasi agen soal produk (termasuk unit link)," urainya.

Perjuangkan PPn

Sementara Founder PAAI, Wong Sandy Surya menjelaskan jika berdirinya PAAI untuk memperjuangkan kepentingan agen asuransi terkait dengan regulasi keagenan, khususnya kebijakan perpajakan, dan juga sosialisasi dengan asosiasi lainnya.

Menurut Sandy, sebenarnya PAAI sebagai wadah telah hadir sejak 2009, ketika memperjuangkan kebijakan agen dikenakan pajak final, dan berhasil. Namun saat ini, agen asuransi dihadapkan dengan rencana penetapan Pajak Pertambanan Nilai (PPn) untuk fee agen asuransi sebesar 2%. Maka sejak 2016, PAAI dikukuhkan secara hukum untuk memperjuangakan hak agen, salah satunya terkait PPn.

"Informasinya kebijakan PPn agen asuransi di Oktober ini akan dilaunching, tetapi akan diselaraskan terlebih dahulu dengan UU Perpajakan yang baru. Kami berharap pengenaan PPn tidak lebih dari 1%. Kami (PAAI) sepakat PPn dipungut perusahaan agar agen tidak harus melaporkan PPn tiap bulannya," jelas Sandy di kesempatan yang sama.

Dia juga menguraikan, mengapa PAAI memperjuangkan PPn, yang awalnya sempat diminta kepada regulator untuk bebas PPn terhadap pruduk asuransi. "Kami agen telah membayar full PPh 30%, seharusnya PPn tidak dikenakan lagi, karena polis itu tidak ada pajaknya. Tetapi kami mengalah, dan usulkan PPn 1%," urai Sandy.

Selain itu, Sandy juga menjelaskan bahwa tujuan dbentuknya PAAI juga untuk menyadarkan para agen asuransi bahwa profesinya bukan merupakan merek perusahaan. Tetapi sebagai agen asuransi juga memegang teguh etika keagenan. Sehingga, prakrik poaching (bajak-membajak) sangat tidak diperbolehkan.

"PAAI secara tegas melarang agen asuransi melakukan poaching tersebut. Karena sudah ada aturan yang berlaku bahwa saat ini agen asuransi tidak perlu menunggu enam bulan untuk perpindahan ke perusahaan asuransi lain. Member berbayar PAAI saat ini sudah mencapai lebih dari 1000. Sementara yang tidak berbayar melebihi 8000 orang," ungkap Sandy.

Sementara, mengutip data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), jumlah agen berlisensi AAJI pada smester II tahun ini sebanyak 583,513 agen. Turun hingga -10.1% dari posisi 648,949 agen di perode Juli 1920.

Webinar HUT PAAI

Sementara itu, dalam rangka memperingati HUT ke-5 PAAI, pada 20 Oktober 2021 nanti, PAAI akan menyelenggarakan Webinar dengan tema Strong & Survive.

Ketua Panitia HUT ke-5 PAAI Yuliana Sungkono menjelaskan, anggota PAAI harus tetap kuat dan bertahan dengan situasi seperti ini. Bahkan harus bisa merubah kebiasaan mengikuti New Normal, dimana agen bisa closing dengan tanpa tatap muka. "Agen yang berhasil andalan mereka yang mau berubah mengikuti kondisi yang berlaku," imbuh Yuliana.

Yuliana mengungkapkan, dalam Webinar HUT ke-5 PAAI yang bertema Strong & Survive ini akan diisi oleh pembicara-pembicara handal baik dari luar negeri dan dalam negeri. Antara lain, Dr. Sanjay Tolani, sosok agen international yang hebat dan sangat berhasil, yakni 19 tahun member MDRT, 2 kali mencapai COT dan 15 TOT.

Lalu ada James Gwee, Indonesia Favourite Trainer dan seminar speaker; Deny Oetama, pemilik 15 tahun Top Agency Leader National; Yuliana Sungkono, 21 tahun di industri asuransi, 11 tahun member MDRT dengan 4 COT, dan 1 kali TOT; serta Glen Alexander, 8 tahun member MDRT dengan capaian 2 COT. Glend juga meupakan Past Country Chair MDRT Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gedung BNI

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:53 WIB

BNI Exporters Forum Bantu UMKM Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mendorong UMKM Go Global dan meningkatkan devisa negara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah)

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:47 WIB

Menko Airlangga Targetkan 41 Proyek Strategis Nasional Selesai pada Tahun 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengatakan bahwa pemerintah menargetkan 41 Proyek Strategis…

Kemenkeu dan Kejaksaan Agung Bersinergi Tangani Kredit Bermasalah di LPEI

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:36 WIB

Tangani Kredit Bermasalah di LPEI, Kemenkeu Bersinergi Dengan Kejaksaan Agung

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menemui Jaksa Agung ST Burhanuddin untuk menyerahkan dan melaporkan indikasi terjadinya tindak pidana fraud pada pemberian fasilitas kredit Lembaga Pembiayaan…

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Kacaribu,

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:24 WIB

Jaga Perekonomian Indonesia, Pemerintah Akan Terus Pantau Dampak Perlambatan Ekonomi Global

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mengatakan pemerintah akan terus memantau dampak perlambatan ekonomi global untuk menjaga perekonomian Indonesia. 

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:42 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara…