Ini Alasan Mengapa Pisau Tak Boleh direndam di Bak Cuci Piring

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 07 Oktober 2021 - 12:30 WIB

Ilustrasi Pisau (Ist)
Ilustrasi Pisau (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pisau adalah alat masak yang wajib ada di dapur. Berguna sebagai memotong bahan-bahan makanan, umumnya di rumah memiliki beragam jenis pisau. Misalnya, pisau untuk memotong buah, sayuran, ataupun daging.

Sehabis memotong bahan makanan, terkadang kita malas sekali untuk mencuci ataupun membersihkannya. Sehingga, masih terdapat sisa bahan makanan kadang masih menempel dan bahkan menaruhnya di bak cuci piring. Tentu hal ini sangat buruk karena dapat membuat pisau cepat rusak, tidak tajam dan bahkan berkarat. 

"Yang terbaik adalah mencuci atau setidaknya bilas setelah digunakan untuk menghindari pengikisan makanan nanti," ujar Tali Ovadia, seorang Chef profesional katanya seperti dilansir dari laman marthastewart.

Viola Wüsthof, CEO wanita pertama dari perusahaan pisau keluarganya Wüsthof mengatakan menaruh pisau di bak cuci piring sangatlah berbahaya. 

"Jangan menaruh pisau di dalam bak cuci piring bersamaan dengan piring, panci atau wajan untuk mencegah kerusakan pisau. Ini juga sangat berbahaya karena tumpukan piring atau panci di bak yang berisi air penuh membuat pisau tidak terlihat. Ini sangat berbahaya dan dapat melukai tangan," katanya.

Ia pun menjelaskan cara terbaik untuk mencuci atau membilas pisau kotor. "Pisau seharusnya tidak pernah dibiarkan berendam di air, karena akan menyebabkan karat pada pisau. Jadi, semua pisau kotor lebih baik dicuci, dibilas dan segera dikeringkan," jelasnya. 

Cara mengeringkan pisau

Menurut Ovadia cara terbaik mengeringkan pisau yang habis dicuci adalah dengan handuk katun daripada membiarkannya kering sendiri. 

"Mengelap pisau hingga kering dan segera kembalikan ke tempat penyimpanan. Sebab, jika membiarkan pisau mengering di udara membuat air lebih lama berada di pisau dan membuka peluang pisau rusak saat ditinggalkan, yang dapat menyebabkan karat atau noda. Serta, memakai sarung tangan karet sangat tidak direkomendasikan untuk mencuci pisau," ungkap Ovadia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bupati Indramayu, Jawa Barat, Hj. Nina Agustina

Minggu, 05 Desember 2021 - 09:04 WIB

Bupati Indramayu Nina dan Sembilan Lainnya Nominasi Anugerah Kebudayaan PWI-HPN 2022

Sepuluh bupati/wali kota dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi hingga Pulau Nusa Tengggara Barat, terpilih menjadi nomine Anugerah Kebudayaan (AK) PWI pada Hari Pers…

Ilustrasi sektor kesehatan

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:00 WIB

Pemerintah Teken Tiga LOI Sektor Kesehatan Capai Rp 10 Miliar

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalukan penandatanganan tiga Letter of Intent (LOI) dengan 3 perusahaan alat kesehatan.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Tinjau Museum Korps Marinir TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono meninjau Museum Korps Marinir (MKM) TNI AL yang berlokasi di Kesatrian Marinir Moekijat Pasmar 2 Jalan. A.Yani No. 1A Gedangan,…

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:45 WIB

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menggelar kegiatan bersepeda dalam rangka olahraga bersama jajaran Pejabat Utama Pasmar 1, Jumat (03/12/2021).

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:30 WIB

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Tim Triathlon Pasmar 1 tampil membanggakan pada Belitung Sprint Triathlon 2021 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Tinggi Lorin Hotel and Resort, Belitung, Sabtu (04/12/2021).