Anak Buah Anies Pamer Gedung Panjang yang Jadi Salah Satu Keunikan Wajah Baru TIM

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 29 September 2021 - 12:00 WIB

Gedung Panjang Jadi Salah Satu Keunikan Wajah Baru TIM/beritajakarta.id
Gedung Panjang Jadi Salah Satu Keunikan Wajah Baru TIM/beritajakarta.id

INDUSTRY.co.id, Jakarta-PT Jakarta Propertindo (Perseroda) berkomitmen untuk menghadirkan wajah baru Taman Ismail Marzuki (TIM). Komitmen ini sejalan dengan upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadikan TIM sebagai pusat wisata edukasi kesenian dan kebudayaan terbaik di belahan bumi selatan.

TIM akan menjadi Urban Art Center dan Creative Hub di Jakarta dan Indonesia dengan berbagai keunggulan dan mengusung konsep mixed-use building.
Arsitek Taman Ismail Marzuki, Andra Matin mengatakan, salah satu bangunan baru dengan desain unik di TIM adalah Perpustakaan dan Wisma Seni, atau dikenal sebagai Gedung Panjang.

"Bangunan terinspirasi dari lagu ciptaan Ismail Marzuki berjudul Rayuan Pulau Kelapa karena liriknya yang syarat akan simbol dan menunjukkan kecintaan terhadap negara," ujarnya, Rabu (29/9), seperti dikutip Industry.co.id.

Andra menjelaskan, adanya bangunan ini memang cocoknya hanya di TIM. Inspirasinya tersebut ditransfer ke dalam bentuk tinggi rendah not balok.

"Liriknya benar-benar terasa bahwa kita harus mencintai negara kita. Tiga not digabung jadi satu fasad. Fasadnya disusun secara acak," terangnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Jakpro (Perseroda), Nadia Diposanjoyo menambahkan, peran TIM adalah sebagai Urban Art Center dan Creative Hub, masyarakat diajak untuk berkolaborasi menjaga dan melestarikan budaya Indonesia. Terlebih, Indonesia memiliki budaya yang beragam dan komplek.

Jika dikemas dengan konteks kekinian tanpa menghilangkan substansi, TIM dapat menjadi panggung Indonesia untuk memperkenalkan budaya serta kesenian masyarakat Indonesia yang kaya dan unik.

"TIM juga bisa menjadi tempat untuk kita melestarikan sekaligus mengampanyekan kebudayaan dan kesenian Indonesia sesuai dengan zamannya," tandasnya.

Sebagai deskripsi, Gedung Panjang TIM ini masuk tahap satu revitalisasi TIM. Bangunan Gedung Panjang terlihat memanjang di lahan yang dulu menjadi pusat kuliner TIM. Bagian gedung 14 lantai itu terlihat berundak-undak dari kejauhan, tidak rata seperti bangunan tinggi konvensional.

Terdapat pula elemen motif tumpal dari batik Betawi pada bangunan. Selain sebagai estetika, hal itu juga bertujuan untuk mereduksi sinar matahari ke area perpustakaan sehingga menjadi lebih sejuk.

Fasilitas di Gedung Panjang terdiri dari Galeri Seni, Perpustakaan Umum, Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Kantor Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Ruang Diskusi Komite Seni dan Wisma Seni.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…