Batam dan Bintan, Akan Jadi Target Uji Coba Pembukaan Destinasi untuk Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 28 September 2021 - 09:00 WIB

Kawasan Pariwisata Lagoi di Bintan (Foto:pergidulu.com)
Kawasan Pariwisata Lagoi di Bintan (Foto:pergidulu.com)

INDUSTRY.co.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan selain Bali, Batam dan Bintan juga akan dipersiapkan dalam uji coba pembukaan destinasi wisata. Untuk kesiapan destinasi tersebut akan dipastikan agar nantinya wisatawan merasa aman dan nyaman. 

"Destinasi selain Bali tentunya urutan berikutnya adalah Batam, Bintan, dan 18 destinasi wisata prioritas lainnya yang akan terus kami pantau," ungkapnya saat Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (27/9/2021). 

Sementara, untuk destinasi wisata yang akan difokuskan persiapannya adalah seperti Kawasan Pariwisata Lagoi di Bintan dan Kawasan Pariwisata Nongsa Sensation di Batam.

"End to end CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) di Batam Bintan terus kami persiapkan," jelas Sandiaga.

Lebih lanjut, Menparekraf menjelaskan terkait respons dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) soal sertifikasi CHSE, dirinya telah menugaskan staf ahli di jajarannya untuk berkomunikasi dan berdiskusi lebih jauh tentang aspirasi yang disampaikan. 

"PHRI merupakan mitra utama Kemenparekraf, sehingga penting ada kesepahaman tentang standardisasi protokol kesehatan yang terangkum dalam CHSE yang akan diintegrasikan ke dalam aplikasi PeduliLindungi sebagai gold standard. Karenanya secara bersama-sama harus dapat dipatuhi dan dijalankan secara ketat dan disiplin di destinasi dan juga sentra-sentra ekonomi kreatif," tuturnya.

Sebelumnya, Sandiaga juga mengungkapkan bahwa Bali akan melakukan uji coba pembukaan untuk wisatawan mancanegara pada Oktober 2021. Adapun tiga lokasi yang sudah disiapkan sebagai pilot project uji coba pembukaan kembali tersebut, yaitu Sanur, Ubud, dan Nusa Dua. 

"Namun tentunya kita ingin seluruh destinasi wisata di Bali masuk dalam kategori zona hijau. Saat ini industri tengah menyiapkan paket-paket wisata adaptasi yang berkaitan dengan perluasan green zone," tukas Sandiaga Uno.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”