Ini Strategi BCA Tingkatkan Penggunaan QRIS

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 25 September 2021 - 08:40 WIB

The Iconomics Gelar webinar tentang QRIS
The Iconomics Gelar webinar tentang QRIS

INDUSTRY.co.id-Jakarta-PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyebutkan sebanyak 500 ribu merchant telah menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) BCA. Merchant tersebut yang berhubungan dengan usaha Food and Beverage (F&B), grosir, health care dan juga tempat ibadah.

"Pertumbuhan transaksi dengan QRIS ini luar biasa cepat. Dibandingkan akhir 2020 lalu, pertumbuhannya mencapai 100%," kata Santoso Liem, Transaction Banking Director BCA dalam webinar yang digelar The Iconomics bertajuk Implementasi Transaksi Pembayaran Digital bagi UMKM, Jumat (24/9).

Ia katakan kunci suskes dari implementasi QRIS ini juga adalah edukasi yang terus-menerus kepada masyarakat atau nasabah agar mencoba menggunakannya. BCA sendiri, tambahnya, selalu menggunakan berbagai momentum untuk melakukan edukasi dan juga mempromosikan tentang QRIS sebagai salah satu cara untuk pembayaran.

“Kita aktif sekali lakukan edukasi supaya customer berani mencoba, ternyata transaksi dengan QRIS itu gampang, mudah, murah dan handal,” ujarnya.

Apalagi transaksi digital dengan menggunakan QR code secara global mencapai US$ 2,1 triliun pada 2020.

Menurut Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi, dari total transaksi global itu, penyumbang terbesarnya dari Asia Timur dan Tiongkok. Sementara itu, transaksi keuangan QR code diprediksi akan terus meningkat mencapai US$ 2,7 triliun pada 2025.

“Indonesia dengan adanya pandemi Covid-19 justru mendorong adopsi dan penguatan ekosistem keuangan digital di Tanah Air. Valuasi transaksi keuangan elektronik Indonesia sepanjang Agustus 2021 mencapai Rp 24,8 triliun. Jumlah tersebut naik sebesar 43,7% secara tahunan (yoy),” kata Dedy.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…

Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:11 WIB

Fasilitasi Bisnis Industri Petrokimia, Bank OCBC NISP dan Chandra Asri Teken Fasilitas Pinjaman 10 Tahun Sebesar US$100 Juta

Pembiayaan yang diberikan oleh Bank OCBC NISP adalah bagian dari komitmen Bank untuk mendukung Chandra Asri agar dapat secara berkesinambungan mengembangkan bisnisnya.