Banyak Pengagguran Akibat Covid, DPR Desak Kementerian Desa Optimalkan Padat Karya Serap Tenaga Kerja

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 23 September 2021 - 18:00 WIB

Padat Karya Tunai Irigasi Kementerian PUPR
Padat Karya Tunai Irigasi Kementerian PUPR

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras mendorong Kementerian Desa, Pembangunan Daerah dan Desa Tertinggal (PDTT) dapat terus membuka lapangan pekerjaan baru. Terutama, untuk mengakomodir segenap masyarakat yang terpaksa menjadi pengangguran akibat terdampak pandemi Covid-19 agar dapat diserap kembali dalam program padat karya secara khusus di Provinsi Sulawesi Selatan.

Demikian disampaikan Andi Iwan usai memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI dengan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PMDDTT) Luthfiyah Nurlela, Sekretaris BSPDM-PMDDTT Jajang Abdullah dan Kepala Balai Pelatihan PMDDTT di Balai Pelatihan dan PMDDTT Makassar, Sulsel, Rabu (22/9/2021), seperti dikutip industry.co.id.

"Pada prinsipnya, Komisi V DPR RI dalam menyikapi masih berlangsungnya situasi pandemi Covid-19 saat-saat ini tentu kami berharap pemerintah khususnya melalui Kementerian Desa dan PDTT dapat terus membuka lapangan pekerjaan baru. Terutama, untuk mengakomodir masyarakat yang terpaksa menjadi pengangguran akibat dampak pandemi Covid-19 supaya dapat diserap kembali dalam padat karya," ujar Andi Iwan.

Politisi Partai Gerindra tersebut mengusulkan agar dalam program-program padat karya dapat diisi oleh tenaga-tenaga kerja yang belum terakomodir di program-program lainnya. Maka, para pendamping desa yang sudah ada tidak lagi menjadi pendamping-pendamping kegiatan di program-program padat karya lainnya. Sehingga dengan demikian, lapangan kerja dapat terbagi secara merata kepada masyarakat bawah.

Andi Iwan juga menyoroti Sumber Daya Manusia (SDM) di Balai Pelatihan dan PDTT yang tercatat hanya sejumlah 60 personel, namun mencakup wilayah yang begitu besar. "Terkait hal itu, kami mendorong Balai Pelatihan Makassar mendapatkan tambahan SDM dan fasilitas. Di samping itu, Komisi V mendorong balai kecil ini menjadi balai besar. Serta, menambah balai lain di daerah lain agar beban kerja Balai Pelatihan dapat diringankan," tandas Andi Iwan.

Selain itu, legislator dapil Sulsel II ini meminta Kemendes-PDTT untuk meningkatkan program potensi desa wisata khususnya yang ada di Sulsel. Namun, ungkapnya, program itu harus disinergikan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengingat kementerian tersebut memiliki program yang serupa. Sehingga, ia mengimbau harus ada koordinasi yang prima antar Kemendes-PDTT dengan Kemenparekraf.

"Komisi V DPR mendorong berbagai potensi di desa-desa yang mungkin belum tersentuh oleh Kemenparekraf dapat dioptimalkan dalam program Kementerian Desa PDTT. Termasuk, mendorong desa-desa dapat meningkatkan kreativitas dengan memiliki produk-produk andalan di desa masing-masing yang dapat menjadi PAD (Pendapatan Asli Daerah) desa. Sehingga perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa dapat terus semakin meningkat lagi kedepannya," pungkas Andi Iwan.

Turut hadir dalam kunjungan kerja spesifik Komisi V DPR RI tersebut yakni Bob Andika Mamana Sitepu, Sadarestuwati dan Sarce Bandaso Tandiasik dari PDI-Perjuangan, Hamka B. Kady dan Muhammad Fauzi dari Partai Golkar), Ruslan M. Daud dan Sofyan Ali dari Partai Kebangkitan Bangsa. Lalu Irwan dan Willem Wandik dari Partai Demokrat, Syahrul Aidi Maazat dari PKS dan Muhammad Aras dari PPP.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…