Bikin Bangga Indonesia! Ini Alasan Joe Biden Tunjuk Jokowi jadi Pembicara Inti Global Covid-19 Summit di PBB

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 September 2021 - 16:10 WIB

Presiden Jokowi bersama Presiden AS Joe Biden
Presiden Jokowi bersama Presiden AS Joe Biden

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) disebut dipilih secara pribadi oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, untuk hadiri Global Covid-19 Summit di tengah-tengah pertemuan PBB, Rabu (22/9) malam.

“Jokowi menjadi salah satu dari empat pimpinan dunia yang dipilih secara pribadi oleh presiden Amerika Joe Biden untuk memberikan masukan bagaimana kita bisa segera mengatasi pandemi Covid-19 ini,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam keterangannya, dikutip Kamis (23/9).

Bersama dengan Jokowi di kesempatan tersebut, terdapat pula Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.

Sisanya adalah Sekjen PBB Antonio Guterres, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Dirjen WTO Ngozi Okonjo-Iweala hingga Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen.

Dalam pertemuan itu, Biden mengatakan ada tiga hal yang setidaknya harus dilakukan pemimpin dunia sekarang. Mulai dari komitmen bersama soal vaksinasi seluruh umat manusia, penyelamatan warga bumi dari dari kematian akibat Covid-19, hingga persiapan arsitektur global untuk ketahanan kesehatan dunia.

Ini termasuk kesiapan pengujian, pelacakan, hingga menambahkan alat kesehatan dan obat untuk menangani Covid-19. Termasuk bagaimana pembiayaan kesehatan dunia bisa ditata lebih baik.

Sementara itu, Jokowi sendiri menegaskan sistem kesehatan dunia saat ini tak bisa bersifat lokal. Satu negara akan terhubung dengan negara lain.

Indonesia merasa perlu arsitektur sistem kesehatan global ditata dengan baik. Ini sama halnya dengan keuangan dunia yang kini sudah tertata sangat baik.

Jokowi juga meminta dibangunnya mekanisme global untuk sumber daya kesehatan, yang bisa diakses seluruh negara berkembang. Ini penting jika terjadi masalah kesehatan.

“Menyusun standar protokol kesehatan yang sama,” kata Menkes lagi menyampaikan ucapan Presiden.

Mengutip Worldometers Kamis pagi, ada 230.823.466 warga bumi terinfeksi Covid-19 sejak wabah mulai menyebar di akhir 2019. Kematian dunia telah tercatat sebanyak 4.731.378.

Indonesia sendiri mencatat total 4.198.678 kasus Covid-19 sejak pandemi masuk dengan 140.954 kematian. Saat ini, berbeda dengan sejumlah negara, tren kasus Covid-19 RI melandai di mana kemarin tercatat hanya ada 2.720 kasus baru.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.