Pidato Jokowi di Sidang Majelis PBB Banjir Pujian, Publik: Luar Biasa! Layak Jadi Sekjen PBB....

Oleh : Candra Mata | Kamis, 23 September 2021 - 14:40 WIB

Presiden Jokowi Pidato di Sidang Majelis PBB
Presiden Jokowi Pidato di Sidang Majelis PBB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini tampil memukau saat menyampaikan 4 pesan utama dalam sidang Majelis Umum PBB terkait sejumlah isu seperti pandemi Covid-19 hingga perekonomian.

"Dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pagi ini, saya menyampaikan pidato secara virtual di depan Sidang Majelis Umum ke-76 Perserikatan Bangsa-Bangsa. Ada sejumlah isu yang saya ketengahkan, dari soal penanganan pandemi, pemulihan perekonomian global, ketahanan iklim, hingga perdamaian dalam keberagaman," kata Jokowi dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keteranganya di akun Facebook miliknya pada Kamis (23/9/3021).

Dalam pidatonya yang berbahasa Indonesia, Jokowi menyampaikan bahwa pertama, semua pihak harus memberikan harapan bahwa pandemi Covid-19 akan bisa tertangani dengan cepat, adil, dan merata. 

Pasalnya, Ia menilai, kemampuan dan kecepatan antarnegara menangani pandemi Covid-19, termasuk vaksinasi, sangat timpang. 

"Padahal dalam penanganan pandemi "no one is safe until everyone is"," ucap Jokowi.

Kedua, sambung Jokowi, pemulihan perekonomian global hanya bisa berlangsung jika pandemi terkendali, dan antarnegara bisa bekerja sama dan saling membantu untuk pemulihan ekonomi. 

Indonesia dan negara berkembang lainnya, kata Jokowi telah membuka pintu seluas-luasnya untuk investasi yang berkualitas. 

Kemudian ketiga, Ia menyamoaikan soal komitmen Indonesia terhadap ketahanan iklim, pembangunan yang rendah karbon, serta teknologi hijau sudah jelas dan tegas. 

Tetapi, proses transformasi energi dan teknologi tersebut harus memfasilitasi negara berkembang untuk ikut dalam pengembangan industri dan menjadi produsen teknologi. 

"Keempat, saya menyerukan agar dunia tetap serius melawan intoleransi, konflik, terorisme dan perang," ujarnya.

Dimana perdamaian dalam keberagaman, jaminan hak perempuan dan kelompok minoritas harus ditegakkan. 

"Potensi praktik kekerasan dan marjinalisasi perempuan di Afganistan, kemerdekaan Palestina, serta krisis politik di Myanmar, harus menjadi agenda semua negara," tutup keterangan pidato Jokowi dalam bahasa Indonesia.

Untuk diketahui, hingga berita ini dibuat, unggahan Jokowi tersebut telah disukai oleh ribuan masyarakat dan menuai banjir apresiasi.

"MantaBBBBBBBBB PRESIDENKU....," tulis Henry Wira.

"Luar biasa @Presiden JOKOWI," ucap Agust W.

"Smart..cerdas..Semua agenda nya mantabz...untuk Indonesia dan dunia..God Bless Pak Jokowi..!! GOD Bless Indonesia...!!GOD Bless all the World," sebut Lucia.

"Habis ini dilirik jadi Sekjen PBB," tulis Daniel.

"Pak Jokowi layak kita promosikan jd Sekjen PBB stlh sls masa jabatan th 2024," ujar Delta Purba.

"Aku tdk banyak komen.. Aku bgga dgn presiden ku jokowidodo.. Siang mlm bekerja untk rakyat dan negara.. Doaku smg Allah SWT senantiasa slalu menjaga Bpk kita jokowidodo dgn kasih syg nya.," papar Elfia Dewi.

"Terbaik pak meskipon sidang International tetap memakai bahasa nasional Indonesia, skrg pmimpin negara kebanyakan bahasa negaranya gak dipakai lg. sidang International sbgini Di dlm negaranya pun jrang dipkai, good luck pak president," imbuh Lian Faruz.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…