Bandara Internasional Miami Pekerjakan Anjing Pelacak untuk Deteksi Covid-19

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 23 September 2021 - 11:30 WIB

Anjing Pendeteksi Covid-19 di Bandara Internasional Miami (MIA), Amerika Serikat
Anjing Pendeteksi Covid-19 di Bandara Internasional Miami (MIA), Amerika Serikat

INDUSTRY.co.id - Miami menjadi kota pertama di Amerika Serikat yang menggunakan anjing pelacak untuk mendeteksi Covid-19 di Bandara Internasional Miami (MIA). Otoritas bandara akan mengerahkan sepasang anjing terlatih sebagai bagian dari program percontohan selama sebulan. Kedua anjing ini akan menjadi bernama Cobra dari Belgia dan One Betta dari Belanda.

Dilansir dari laman Times of India, anjing pelacak tersebut dilatih secara khusus oleh Global Forensic and Justice Center (GFJC) di Florida International University (FIU). 

Anjing-anjing tersebut dilatih untuk mengendus senyawa organik yang diekskresikan oleh napas dan keringat seseorang, sehingga menciptakan bau yang dapat dideteksi anjing dan jika anjing mendeteksi bau virus pada penumpang, ia akan diarahkan untuk mendapatkan tes Covid-19 yang cepat. Otoritas bandara mengatakan bahwa kedua anjing ini akan dikerahkan di pos pemeriksaan keamanan karyawan.

Dr. Kenneth G. Furton, provost FIU dan seorang profesor kimia dan biokimia, mengatakan, ini merupakan penelitian selama beberapa dekade. Dengan cara ini, untuk memberikan lapisan perlindungan tambahan kepada karyawan bandara di Bandara Internasional Miami

"Anjing-anjing ini adalah alat berharga lain yang dapat kita manfaatkan untuk membantu kita hidup dengan pandemi yang sedang berlangsung ini," jelasnya.

Rupanya, Miami bukan bandara pertama di dunia yang menggunakan anjing untuk mengendus virus Covid-19. Tahun lalu, Bandara Internasional Dubai juga mengerahkan anjing untuk menguji penumpang. Kemudian, Bandara Helsinki juga menggunakan anjing untuk mendeteksi Covid-19.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:29 WIB

Presiden Jokowi Bertolak ke Moskow Adakan Pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin

Setelah menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis, 30 Juni 2022…

Vaksinasi terhadap Sapi

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:24 WIB

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menteri Pertanian atas alokasi vaksin PMK kepada Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.