Rangkul Tiga Mahasiswa dari Komunitas SAD, Ini Pesan Menteri Nadiem

Oleh : Herry Barus | Kamis, 23 September 2021 - 07:00 WIB

Menteri Pendidikan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim

INDUSTRY.co.id - Jambi -- Kegembiraan terpancar pada ketiga anak muda dari komunitas Suku Anak Dalam (SAD). Ketiganya mendapat kesempatan berfoto bersama, dirangkul secara hangat serta berbincang langsung dengan Menteri Pendidikan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim di Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, pada Selasa (21/9) malam.

Dalam kesempatan itu Nadiem mengapresiasi Bejujung, Besiar, dan Fauzan, yang telah menempuh pendidikan tinggi. Bejujung dan Besiar saat ini menimba pendidikan di program Diploma 3 Universitas Jambi, sedangkan Fauzan berkuliah program Diploma 4 di Polbangtan Bogor. Ketiga warga SAD ini berkuliah setelah mendapat bantuan beasiswa penuh dari pihak swasta, PT Sari Aditya Loka (SAL).

"Saya bangga dan senang melihat mereka, saya menyarankan anak-anak yang kuliah di UNJA yang mendapat beasiswa dari PT SAL ini bisa terus sampai S1," kata Nadiem saat berbincang dengan perwakilan warga SAD.

Nadiem juga memberikan pesan kepada Tumenggung Nggrip dan Njalo — dua tokoh warga dari SAD di Air Hitam yang anaknya diberikan beasiswa oleh PT SAL. “Selamat ya, Pak,” kata Mendikbud Ristek sambil mengingatkan bahwa tugas sebagai mahasiswa itu agak berat karena harus bisa bercerita dan menginspirasi generasi berikutnya.

Pada kesempatan berkunjung ke wilayah Air Hitam itu, Babinsa sekaligus pendamping SAD Air Hitam, Husni Thamrin, merespons kehadiran pejabat tinggi negara ke wilayahnya. Husni yang menjadi pendamping bagi ketiga mahasiswa tersebut menjelaskan bahwa program pendidikan ini merupakan bagian program kerja dari Forum Kemitraan yang melibatkan sejumlah stakeholders, mulai dari pemeritah pusat, pemda, pihak swasta, LSM, akademisi, tokoh masyrakat hingga tokoh SAD.

"Kehadiran Pak Menteri ini tentunya akan semakin memperkuat forum kemitraan terhadap warga SAD," ujarnya.

Bejujung juga merasa sangat bangga bisa berinteraksi secara akrab dengan menteri. Rangkulan yang dilakukan menteri kepada ketiga warga SAD ini, kata dia, telah memberikan motivasi untuk belajar lebih bersungguh sungguh lagi.

"Harapannya semoga pendidikan di negeri ini khususnya di Suku Anak Dalam (SAD) semakin berkembang. Tanggapan pak menteri telah membuat kami sangat bangga dan senang. Iya pak menteri juga menyarankan kami supaya lanjut sampai S1," kata Bejujung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.