Pemerintah Jamin Stok Bahan Pokok Aman

Oleh : Irvan AF | Senin, 29 Mei 2017 - 13:32 WIB

Bahan Pangan Pokok (Ist)
Bahan Pangan Pokok (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah memastikan stok bahan pokok selama bulan puasa 2017 tersedia di pasar dengan harga yang stabil jika dibandingkan dengan harga pada tahun sebelumnya.

"Kami melakukan pengendalian harga dengan cara menetapkan harga eceran tertinggi (HET) untuk komoditas di ritel modern," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Minggu (28/5/2017).

Karyanto Suprih mengatakan hal itu usai menjadi pembicara dalam diskusi media Forum Merdeka Barat 9 bertema Ketersediaan dan Distribusi Pangan Saat Ramadan.

Ia lantas menyebutkan sejumlah HET komoditas di ritel modern, seperti gula pasir Rp12.500,00 per kilogram, minyak goreng dalam kemasan sederhana Rp11 ribu/liter, dan daging beku maksimum Rp80 ribu/kg.

Menurut Karyanto, pemerintah terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Bulog untuk menjaga ketersediaan bahan pangan dan kestabilan harga di pasar.

Kendati terdapat kenaikan harga pada beberapa komoditas, menurut dia, tingkatnya tidak setinggi pada tahun 2016.

Ia mencontohkan harga gula pasir di tingkat pedagang grosir saat ini tidak setinggi pada tahun lalu.

"Kalau per kiloan harganya Rp11.900,00. Memang kami akui di pasar masih ada gula yang harganya Rp13 ribu/kg. Akan tetapi, 'kan tidak naik dibanding dahulu karena dia takut tidak laku jadi cair karena di pasar ritel modern 'kan Rp12.500,00 (harganya)," jelas Karyanto.

Untuk komoditas daging beku, Karyanto menjelaskan harganya berada pada kisaran Rp80 ribu s.d. Rp83 ribu/kg.

"Kalau sampai daging beku melebihi itu (harganya), kami 'dropping' lagi dari Bulog," kata Sekjen Kemendag.

Hingga April 2017, pemerintah memiliki sejumlah cadangan bahan pokok dalam penguasaan, yaitu komoditas bawang merah sebanyak 2.000 ton, bawang putih 1.000 ton, minyak goreng 1,5 juta ton, daging beku 86.620 ton, dan gula pasir 460.000 ton.

Pemerintah terus melakukan pemantauan harga dan stok bahan pokok di sejumlah pasar, yaitu 173 pasar rakyat oleh BPS, 165 pasar rakyat dan 10 pasar induk dengan perdagangan utama bawang merah oleh Kementerian Perdagangan. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pariwisata Bali (Foto Dok Instagram)

Minggu, 16 Juni 2019 - 21:00 WIB

Ready, Set, Summer!

Menjelang liburan musim panas, Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, mengungkapkan bahwa Tokyo, London dan Las Vegas masih terus merajai sebagai…

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 20:00 WIB

Bantuan Kemensos untuk Sultra Terus Bergulir

Pengiriman dan penyaluran bantuan sosial dari Kementerian Sosial terus bergulir bagi korban bencana banjir di sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tenggara.

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 17:34 WIB

BNI Dukung Peningkatan Ekspor Seafood ke Amerika Serikat

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui Kantor Cabang Luar Negeri New York, Amerika Serikat memberikan dukungan fasilitas pembiayaan kepada Crystal Cove Seafood Corp. (Crystal Cove),…

Mendikbud, Muhadjir Effendy

Minggu, 16 Juni 2019 - 16:46 WIB

Rawan Jual Beli Kursi, Mendikbud Lakukan Penataan Sejumlah Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pemetaan sejumlah sekolah yang dinilai rawan terhadap praktik jual beli kursi dalam Penerimaan Peserta Didik (PPDB).

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…