Uni-Charm Indonesia Raih Sertifikat PEFC-CoC

Oleh : Ridwan | Rabu, 22 September 2021 - 15:00 WIB

PT Uni-Charm Indonesia raih Sertifikat PEFC-CoC
PT Uni-Charm Indonesia raih Sertifikat PEFC-CoC

INDUSTRY.co.id - Karawang – PT Uni-Charm Indonesia Tbk berhasil mendapatkan sertifikasi Chain of Custody (CoC) - Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) untuk produk ekspor popok bayi di 2 pabrik pada tahun 2020 lalu, serta perpanjangan

penggunaan label “sertifikasi PEFC” pada produk domestik popok bayi, pembalut wanita dan popok dewasa di 3 factory di tahun 2021.

PT Uni-Charm Indonesia Tbk sebagai perusahaan produsen produk dengan daya serap seperti popok bayi, pembalut wanita dan popok dewasa menjadi produsen produk dengan daya serap pertama di Indonesia yang menerapkan sistem manajemen CoC terhadap bahan material utama yang didapatkan dari hasil hutan seperti pulp dan tissue.

PEFC sendiri adalah sistem sertifikasi hutan terbesar di Dunia yang membentuk sebuah aliansi sistem sertifikasi hutan nasional di berbagai Negara.

Sertifikasi PEFC hanya dapat diberikan melalui CoC yang mengakui bahwa hasil hutan yang didapatkan dari hutan yang tersertifikasi diolah dan diedarkan secara benar.

Label PEFC menjadi bukti terhadap konsumen bahwa produk maupun kemasan yang dibeli dibuat dari bahan material yang didapatkan secara bertanggung jawab.

Dalam berkontribusi terhadap perwujudan “masyarakat simbiosis”, Unicharm Group telah melakukan berbagai upaya penyelesaian terhadap permasalahan lingkungan dan sosial.

Untuk merealisasikan target ESG jangka panjang dan menengah Unicharm yang berkontribusi pada SDGs yaitu Kyo-sei Life Vision 2030 - For a Diverse, Inclusive, and Sustainable World,
pengembangan produk pun dilakukan dengan mempertimbangkan lingkungan.

Adanya perubahan lingkungan secara global dan regulasi eksternal tentang pemanfaatan hutan secara berkelanjutan, membuat kesadaran terhadap pentingnya produk yang sustainable pun semakin tinggi, dan konsumen pun semakin membutuhkan produk yang bahan dasarnya didapatkan dengan mempertimbangkan pelestarian alam, lingkungan dan sumber daya.

Selain itu, belakangan ini kebutuhan konsumen dan mitra bisnis terhadap produk yang ramah terhadap lingkungan pun semakin meningkat. Melihat latar belakang kondisi tersebut,
PT Uni-Charm Indonesia Tbk merasa perlu memenuhi kebutuhan konsumen di seluruh dunia.

Saat ini produk yang dijual di luar negeri sudah mencantumkan “label PEFC” pada kemasan, hal ini juga akan diberlakukan untuk produk yang dijual di dalam negeri maupun produk lainnya (saat ini telah berhasil melakukan perpanjangan sertifikat PEFC CoC pada 9 Maret 2021 dengan nomor sertifikat ID 20/05215).

Sertifikat PEFC CoC ini berlaku selama 5 tahun (9 Maret 2021 – 26 Januari 2025) dan dapat diperpanjang.

Presiden Direktur PT UniCharm Indonesia Tbk, Yuji Ishii menjelaskan bahwa sebagai salah satu bentuk tanggung jawab terhadap kelestarian hutan dan kesejahteraan sosial dan ekonomi, pihaknya berusaha untuk menciptakan lingkungan yang layak untuk generasi di masa depan melalui penggunaan hasil kayu yang didapatkan secara transparan dan legal (Good Wood), dan pemanfaatan hasil hutan melalui cara yang sustainable.

Ditambahkan Yuji, keberhasilan mendapatkan sertifikat PEFC CoC menunjukkan bahwa PT Uni-Charm Indonesia Tbk menggunakan material yang sudah disertifikasi.

"Jadi melalui produk yang dibuat dari material yang sudah diakui, diharapkan konsumen dapat turut berkontribusi di dalam peranannya untuk mendukung pelestarian hutan secara berkelanjutan,” katanya.

Selain itu langkah sertifikasi ini juga sesuai dengan nilai “menunjukkan pelestarian keberagaman hayati dan pemanfaatan hutan secara berkelanjutan” yang terkandung di dalam corporate slogan PT Uni-Charm Indonesia Tbk, yakni Ethical Living for SDGs.

PT Uni-Charm Indonesia Tbk akan terus berusaha untuk berkontribusi terhadap perwujudan target SDGs melalui produk dan pelayanan.

“Untuk kedepannya, kami akan terus berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dan penyelesaian masalah sosial melalui perluasan kegiatan bisnis perusahaan,” tutup Yuji Ishii.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 18:00 WIB

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Lakukan Mutasi dan Promosi Jabatan 108 PATI

Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI ke depan yang semakin kompleks dan dinamis, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,…

Test PCR (Foto Ist)

Selasa, 26 Oktober 2021 - 17:55 WIB

Ngeri! Sosok Ini Blak-blakan Bongkar Permainan Mafia PCR...

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Anak Bangsa (LKAB) Rudi S. Kamri mengkritisi polemik tes PCR sebagai syarat naik pesawat. Menurut Rudi, pemerintah perlu mengkaji ulang aturan yang memberatkan…

 Mal Living World

Selasa, 26 Oktober 2021 - 17:16 WIB

Kawan Lama Group Segera Rampungkan Proyek Mal Living World Senilai Rp800 Miliar di Denpasar - Bali

Dibangun dengan menerapkan konsep new gate to new lifestyle, Living World Bali hadir untuk menjawab kebutuhan gaya hidup masyarakat Bali yang berada di area Denpasar, Kuta, Ubud dan sekitarnya.