Menyisihkan Bukan Menyisakan, Cara Pintar Atur Duit Zaman Now

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 September 2021 - 11:21 WIB

Indonesia Financial Group IFG
Indonesia Financial Group IFG

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dalam rangka mendukung edukasi kepada masyarakat mengenai pengelolaan keuangan dan asuransi, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) berkolaborasi dengan PT Solusi Finansialku Indonesia (Finansialku.com) melaksanakan kegiatan Instagram Live (IG Live) dengan mengambil tema “Money Hacks : Cara Pintar Atur Duit Zaman Now!”.

Kegiatan IG Live ini dibuka oleh moderator Chelma Destria selaku Kepala Departemen Corporate Communication IFG Life dan menghadirkan Rista Zwestika yang merupakan Co-Head Advisory di Finansialku.com dan sebagai moderator. Diawali dengan perkenalan, kemudian IG Live ini dilanjutkan dengan pembahasan bagaimana tips dan trik dalam merencanakan keuangan yang baik.

“Dalam perencanaan keuangan tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah karena kita perlu menyesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing. Hal tersebut didasari atas tingkat penghasilan, tingkat tanggungan, tingkat tujuan keuangan, dan tingkat pemahaman keuangan orang akan berbeda. Pada dasarnya, dalam mengatur keuangan perlu menguatkan pondasinya terlebih dahulu sebelum akhirnya menentukan tujuan keuangannya”, tutur Rista.

Riska menambahkan bahwa mengatur keuangan merupakan seni yang memberikan kebebasan dalam mengatur uang. Dalam merencanakan keuangan perlu kecermatan dalam menentukan skala prioritas yang menjadi kebutuhan utama, selain itu perlu juga disiapkan dana darurat untuk mitigasi risiko dalam bentuk asuransi secara pribadi.

Rista pun menuturkan bahwa “orang-orang yang bisa bertahan dan beradaptasi bukanlah orang-orang yang memiliki banyak uang, namun orang yang melakukan perencanaan agar saat terjadi risiko dalam kehidupan, kita tidak merepotkan dan menyusahkan orang lain”. Hal ini juga sesuai dengan piramida proteksi yang perlu disiapkan, dimana pada posisi terbawah itu adalah seberapa besar pendapatan yang dihasilkan kita tetap harus memitigasi risiko, dan di level terendah adalah asuransi kesehatan. Pentingnya asuransi kesehatan ini adalah karena dalam bekerja kita memiliki banyak risiko yang juga perlu di mitigasi.

Pada akhir acara IG Live ini, Chelma menyimpulkan bahwa “dalam mengelola keuangan, hal yang paling utama harus disiapkan adalah pondasinya. Dan hal penting lainnya adalah saat menerima penghasilan seberapapun itu, kuncinya adalah menyisihkan bukan menyisakan, karena saat kita sudah bisa membuat perencanaan keuangan dan sudah bisa menyisihkannya untuk tujuan-tujuan keuangan kita tersebut, maka kitalah yang dapat mengatur uang bukan uang yang mengatur kita. Tidak hanya itu, dana darurat dan juga mitigasi risiko pun menjadi prioritas utama dalam membuat perencanaan keuangan karena risiko bisa terjadi kapan saja dan hanya kita yang tahu hal-hal apa saja yang ingin kita lindungi untuk masa depan kita dan keluarga”.

Sekilas tentang IFG Life:

PT Asuransi Jiwa IFG atau IFG Life merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perasuransian khususnya asuransi jiwa. IFG Life merupakan anak usaha dari Indonesia Financial Group (IFG) sebagai holding BUMN Perasuransian dan Penjaminan. Kehadiran IFG Life sebagai bagian dari peta jalan (roadmap) grup untuk memiliki bisnis di sektor asuransi jiwa, kesehatan, dan pengelolaan dana pensiun.

IFG Life berdiri tanggal 22 Oktober 2021 dan telah mengantongi izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 07 April 2021 melalui Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor KEP- 19/D.05/2021 tentang Pemberian Izin Usaha di Bidang Asuransi Jiwa Kepada PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…