Wow, Bank Dunia Puji Pencapaian Vaksinasi RI, Menko Airlangga: Berkat Kerja Sama Semua Pihak

Oleh : Kormen Barus | Senin, 20 September 2021 - 15:39 WIB

Ilustrasi vaksin (ist)
Ilustrasi vaksin (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Menurut Bank Dunia, pencapaian 100 juta vaksin menjadi tonggak penting bagi Indonesia. Sebab Indonesia memiliki 270 juta penduduk dan geografi kepulauan yang menantang.

Sejak 31 Agustus 2021, Indonesia menjadi salah satu dari tujuh negara yang telah mencapai prestasi vaksinasi 100 juta dosis tersebut. Kekuatan kemitraan yang bekerja sama untuk tujuan bersama ini menjadi sorotan Bank Dunia.

Bahkan Bank Dunia menyebut 100 juta dosis merupakan tonggak penting dan tidak dapat dicapai tanpa kerja keras yang luar biasa oleh tim dan komunitas di seluruh Indonesia. Apalagi Indonesia menjadi salah satu negara pertama di dunia yang mengumumkan vaksinasi Covid-19 gratis untuk penduduk dewasanya.

"Pemerintah Indonesia layak mendapat pengakuan ini," sebut Bank Dunia dalam rilisnya, seperti yang dikutip industry.co.id.
Sementara itu, Menko Airlangga dalam keterangan resminya, Jakarta, Senin (20/9), mengatakan, sejak Agustus 2021, realisasi vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah mencapai 100 juta orang. Percepatan target vaksinasi ini dilakukan setelah pemerintah melibatkan TNI-Polri untuk membantu mempercepat proses imunisasi vaksin Covid-19.

"Pencapaian vaksinasi yang baik ini juga dimungkinkan karena kerja sama berbagai pihak, terutama kesadaran masyarakat yang tinggi," kata Menko Airlangga.
Seperti yang dikutip industry.co.id, saat ini total vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah mencapai lebih dari 100 juta dosis. Capaian tersebut merupakan kombinasi total vaksinasi dosis pertama, vaksinasi dosis kedua dan booster vaksin.

Berdasarkan data per 19 September, total capaian vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 79,5 juta dosis dan vaksinasi dosis kedua mencapai 45,1 juta dosis. Sedangkan vaksinasi untuk dosis ketiga khusus untuk tenaga kesehatan sebanyak 855.804 dosis.
Selain mempercepat vaksinasi, Pemerintah juga menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel di berbagai daerah. Selain itu, pemerintah menekankan disiplin protokol kesehatan yang ketat dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 di tempat umum.

"Dalam penanganan Covid-19, Indonesia juga menekankan disiplin protokol Kesehatan (prokes) yang ketat, terutama dalam menggunakan masker. Juga menerapkan aplikasi PeduliLindungi untuk masuk dalam kegiatan beresiko, seperti di fasilitas umum, mall , atau kegiatan ibadah," kata Menko Airlangga.
Program vaksinasi di Indonesia juga diperluas untuk mencakup kelompok usia 12-17 tahun dan saat ini memberikan lebih dari 1,2 juta dosis per hari. Jumlah ini hampir meningkat 10 kali lipat sejak pertengahan Mei 2021.

Tindakan tepat waktu dan tegas dari Indonesia ini karena KPC PEN menyadari pentingnya vaksinasi tepat waktu untuk mengurangi dampak pandemi dan bekerja cepat untuk mendapatkan vaksin yang cukup bagi penduduknya segera setelah tersedia. Pada saat kekurangan vaksin global telah menjadi masalah utama bagi negara-negara lain, Indonesia justru telah mampu mengamankan pasokan yang stabil dan secara signifikan meningkatkan program vaksinasinya.

Pencapaian 100 juta dosis ini sangat layak diakui karena menjangkau populasi yang besar dan tersebar di berbagai pelosok daerah. Selain memuji kesuksesan vaksinasi di Indonesia, Bank Dunia juga yakin Indonesia akan mampu mengatasi tantangan pandemi ini dengan sukses.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…