Wow Keren! ABB Indonesia Sukses Raih Penghargaan Best Companies to Work for In Asia 2021

Oleh : Ridwan | Senin, 20 September 2021 - 15:45 WIB

Country Managing Director ABB Indonesia Michael Hose
Country Managing Director ABB Indonesia Michael Hose

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perusahaan teknologi terkemuka dunia ABB meraih penghargaan “Best Companies to Work for in Asia” 2021 untuk kategori industri enjiniring dari publikasi regional HR Asia.

Pencapaian ini merupakan indikator nyata dari upaya ABB untuk senantiasa mengedepankan kesejahteraan karyawan, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Seremoni pemberian anugerah dilakukan secara virtual pada 7 September 2021 dan disaksikan oleh ribuan praktisi sumber daya manusia di seluruh Asia.

Penghargaan ini diberikan kepada ABB dan 45 perusahaan lain di Indonesia yang dianggap berhasil menerapkan employee engagement kelas dunia dan menciptakan tempat kerja berkualitas tinggi.

Michael Hose, Country Managing Director ABB Indonesia, mengatakan, kami tentunya sangat bangga karena bisa meraih penghargaan ini. Penghargaan tersebut menunjukkan keberhasilan ABB Indonesia melalui tantangan selama pandemi.

"Kami menggunakan tiap kesempatan untuk menjadi lebih baik dan lebih kreatif dalam upaya membangun dan menjaga hubungan dengan para karyawan. Kami akan selalu melakukan yang terbaik untuk mendukung dan mengembangkan talenta para karyawan agar kami dapat terus tumbuh dan mewujudkan cita-cita bersama," katanya melalui keterangan tertulisnya di Jakarta (20/9).

Dalam menghadapi tantangan tak terduga akibat situasi pandemi, ABB Indonesia mengedepankan kesehatan dan keselamatan karyawan dengan memberikan fleksibilitas untuk bekerja dari rumah agar produktivitas tetap terjaga.

Dukungan konseling profesional tersedia melalui Program Pendampingan Karyawan agar para karyawan dan keluarganya memiliki akses ke para ahli yang terlatih.

ABB Indonesia membuka ruang agar semua dapat merasa nyaman saat membicarakan kondisi emosional dan kesehatan jiwa mereka. Protokol kesehatan ketat diberlakukan di fasilitas manufakturing perusahaan, sejalan dengan peraturan pemerintah Indonesia.

ABB adalah tempat yang tepat bagi mereka yang ingin mencapai keberhasilan, menghadirkan solusi untuk menjawab tantangan energi dunia, mentransformasi industri, dan menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam pekerjaan mereka melalui dukungan teknologi.

ABB mengusung nilai-nilai kemanusiaan dan etika agar dapat berkontribusi untuk memperbaiki kehidupan masyarakat di Indonesia dan di seluruh dunia.

Penghargaan “Best Companies to Work for in Asia” sekaligus survei employee engagement yang telah diselenggarakan HR Asia, publikasi dengan fokus pengembangan sumber daya manusia paling ternama di Asia, sejak 2015 ini memiliki cakupan yang terbesar di kawasan. Pada 2021, survei dilakukan di 12 wilayah yaitu Tiongkok, Kamboja, Hong Kong, Indonesia, India, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. 

”HR Asia bangga bisa menemukan perusahaan-perusahaan terbaik untuk bekerja di Asia dan memuji upaya luar biasa dari perusahaan-perusahaan tersebut untuk tetap memprioritaskan keterikatan karyawan dan lingkungan kerja yang berkualitas. Di tengah pemulihan bertahap dari pandemi di Indonesia, fokus pada keterikatan dengan karyawan menjadi salah satu aspek penting yang harus dilakukan untuk mempertahankan bisnis. Sudah seharusnya para pemimpin perusahaan menunjukan empati dan kepedulian kepada karyawan mereka selama pandemi ini,” kata William Ng, pemimpin redaksi Business Media International, penerbit HR Asia.

Di Indonesia, survei bertajuk “Total Engagement Assessment Model” (TEAM) ini melibatkan 15.820 responden dari 250 perusahaan. Survei dilakukan untuk mendapat masukan menyeluruh mengenai kebutuhan dan ekspektasi serta tingkat keterikatan (engagement level) karyawan dengan perusahaan.

Survei tersebut menemukan sejumlah insight kunci terkait hal yang dapat membuat karyawan bahagia di perusahaan serta harapan mereka terhadap perusahaan.

Tingginya tingkat kebahagiaan karyawan terlihat dari kebersediaan responden untuk memberi bantuan bagi rekan kerja di perusahaan, yakni sebesar 81,6 persen. Hal tersebut menunjukkan hadirnya budaya kerja dan kerja sama tim yang sehat di dalam perusahaan.

Sebanyak 80,6 persen responden mengaku percaya diri bahwa mereka telah memberikan kontribusi berharga untuk mencapai tujuan dan target perusahaan. Hal ini menunjukkan kepercayaan dari pihak perusahaan akan kekuatan dan kemampuan para karyawannya.

Lebih lanjut lagi, 80,6% responden menyatakan bahwa pekerjaan mereka berkontribusi besar pada produktivitas perusahaan, menandakan bahwa mereka mendapat dukungan yang baik saat bekerja dan adanya kesempatan bertumbuh.

“Kami merasa bahagia karena para karyawan yang telah berpartisipasi dalam survei ini menyatakan bahwa mereka senang dan puas bekerja di ABB Indonesia dan bahkan mengatakan akan merekomendasikan perusahaan sebagai tempat bekerja yang luar biasa. Hal ini menghadirkan motivasi sekaligus tantangan bagi kami untuk terus mempertahankan mempertahankan hubungan baik yang kami miliki dengan para karyawan,” ujar ABB Indonesia Country Managing Director, Michael Hose.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:52 WIB

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Pejabat Bank BTN Cabang Denpasar Wahjudi Djoko Poerwanto memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa bumi Bali di Karangasem dan Bangli melalui BPBD Provinsi Bali di, Denpasar, Minggu…

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:48 WIB

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Pasuruan-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar akad kredit massal sebanyak 3.000 unit di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Habitat Dunia yang diperingati…

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 19:10 WIB

OJK Siapkan Delapan Arah Kebijakan Strategis Tahun 2022

Manado-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan delapan kebijakan strategis di tahun 2022 untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia dengan terus mengoptimalkan manfaat sektor jasa keuangan…

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Begini Cara Mengajarkan Keamanan Berinternet pada Anak

Sebelum mengedukasi anak mengenai keamanan berinternet, Idayanti Sudiro seorang Certified Life and Wellness Coach menyampaikan, terdapat hal yang harus dipahami oleh orang tua, yaitu menyadari…

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:15 WIB

Melihat Sisi Positif dari Bermain Media Sosial

Seiring perkembangan zaman, kehadiran media sosial semakin beragam. Media sosial merupakan sebuah media yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan…