Menteri BUMN Erick Thohir Minta Pengusaha Lokal Bali Bersiap Diri Pasca Pandemi

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 September 2021 - 12:30 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Bagi kalangan industri kreatif, masa pandemi COVID-19 harus menjadi momentum untuk bersiap diri dan tetap produktif. Hal itu bertujuan agar paska pandemi, ketika kehidupan dan denyut perekonomian kembali normal, para UMKM, inovator, enterprenuer, dan start up sudah berada selangkah di depan untuk mengembangkan bisnis.

Dorongan semangat tersebut disampaikan Menteri BUMN, Erick Thohir ketika bertemu dengan sejumlah pengusaha lokal Bali yang bergerak di sektor UMKM, inovasi produk, ekonomi kreatif, teknologi digital, dan start up, Minggu (19/9/20221) yang ada di tiga kota Pulau Dewata, Jembrana, Denpasar, dan Benoa. Termasuk pula ke STMIK Primakara di Denpasar, yang khusus mendidik para pengelola usaha rintisan yang mendapat dukungan dari Bank Mandiri dan PT Telkom.

"Satu hal yang saya apresiasi dari temen-teman di Bali ini, bahwa pandemi COVID-19, di satu sisi memang melemahkan pariwisata yang menjadi andalan Bali. Tapi di sisi lain, saya melihat selama pandemi muncul kreatifitas dan inovasi yang menandakan mereka bersiap diri. Ada semangat dan sikap optimisme tinggi bahwa yang jatuh, bisa bangkit lagi," ujar Menteri Erick Thohir.

Oleh karenanya, sesuai dengan tupoksi Kementerian BUMN terhadap para UMKM atau enterprenuer baru, fokus dukungan yang bisa diberikan meliputi pendanaan, akses pasar, dan logistik. Terdapat beberapa BUMN yang bisa mendukung kemajuan industri ekonomi kreatif dan juga UMKM sehingga selain memberi bantuan, juga pendampingan agar bisnis sektor yang menggerakkan ekonomi di tingkat terbawah itu bisa berputar.

"Kita benahi infrastruktur, seperti pembangunan jalon tol karena ongkos logistik di Indonesia mahal. Bisa 26%, sementara negara Asia Tenggara lainnya dibawah 15 %. Jika logistik mahal, maka nilai kompetitifnya mahal. Soal pendanaan, BUMN punya holding ultra mikro yang terdiri dari BRI, Pegadaian, dan Penanaman Modal Madani yang bisa memfasilitasi pinjaman Rp 1 hingga 4 juta dengan bunga murah," lanjutnya.

Sementara akses pasar, Kementerian BUMN mempunyai platform PaDi (Pasar Digital) UMKM. Dengan didasari atas prinsip bahwa sebuah usaha tidak bisa berdiri sendiri, PaDi UMKM yang kini menampung hampir 10 ribu UMKM menjadi marketplace yang bisa diakses BUMN untuk memenuhi kebutuhannya melalui UMKM.

"Dengan akses PaDi UMKM ini semua pihak bergotong royong antara BUMN, swasta, UMKM, dan sektor bisnis lainnya agar semua yang terlibat diuntungkan. Bersama PaDI, para UMKM itu langsung terintegrasi dengan OSS (One Stop Service) Kementerian Investasi dan kemudahan mendapat sertifikasi dari Kementerian Perindustrian," lanjut Erick Thohir.

Keberadaan PaDi sudah dirasakan, salah satunya oleh Penenunan Astiti, asal Desa Geigei, Klungkung yang mendapat pendampingan dari Telkom untuk digital marketing. Usaha kain endek dan songket yang dikelola Nyoman Sudasa, 73 tahun, merasakan manfaat dari PaDi UMKM yang dalam sebulan terakhir menyumbang transaksi online senilai Rp 13 juta.

"Saya juga sudah proyeksikan, jika pengembangan pelabuhan Benoa oleh Pelindo III selesai, maka saya akan mengalokasikan 100 persen arena komersial di pelabuhan Benoa untuk menampung produkdan hasil karya para pengusaha lokal untuk mempromosikan dan menjual produk mereka," jelas Menteri BUMN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…