Haiku 'Tangga ke Surga' di Hawaii akan dibongkar dan ditutup Selamanya untuk Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 20 September 2021 - 11:30 WIB

Haiku, Tangga Menuju Surga di Hawaii (Foto: Instagram/@james2120)
Haiku, Tangga Menuju Surga di Hawaii (Foto: Instagram/@james2120)

INDUSTRY.co.id - Salah satu destinasi paling ikonik di dunia, Hawaii mengumumkan akan membongkar dan menutup selamanya tangga Haiku atau yang dikenal sebagai "Tangga ke Surga". Alasan ditutupnya fasilitas tersebut dikaranakan banyaknya pelanggaran ilegal dan cedera di lokasi tersebut yang telah menyebabkan penggantian biaya yang besar.

Dilansir dari laman Travel and Leisure, Senin (20/9/2021), tangga yang dibangun oleh Angkatan Laut AS pada 1940-an, sekarang dikenal karena memiliki pemandangan terbaik di Hawaii. Tangga ini juga sebelumnya pernah ditutu untuk umum selama lebih dari 30 tahun.

Tangga yang memiliki 3.922 anak tangganya yang mengarah sebuah gunung di Kaneohe, di sisi timur Oahu. Meskipun tangga tidak terbuka untuk pengunjung, itu tidak menghentikan orang berkeliaran ke jalan setapak tersebut, bahkan sering melompat pagar perumahan dan berkeliaran di halaman belakang untuk mendapatkan akses.

Dalam pertemuan Dewan Kota Honolulu baru-baru ini, dewan menegaskan memilih untuk membongkar tangga, karena melonjaknya biaya keamanan.

"Kami menyadari minat tangga terhadap kelompok masyarakat tertentu, namun masalah seperti pelanggaran, cedera pribadi, spesies invasif dan keselamatan publik secara keseluruhan tidak dapat diabaikan," kata Walikota Honolulu Rick Blangiardi kepada KHON2 Hawaii. 

"Pada dasarnya, tidak pantas memiliki objek wisata dengan minat tinggi yang masuk melalui lingkungan perumahan ini, yang tidak memiliki kapasitas untuk menyediakan fasilitas atau parkir yang sesuai. Oleh karena itu, pemerintahan saya selaras dengan resolusi Dewan Kota untuk membongkar dan menutup tangga dan kami bermaksud untuk bergerak maju dengan rencana yang diperlukan," tambahnya.

Menurut laporan KHON2, awal tahun ini, seorang pria berusia 24 tahun harus dievakuasi keluar dari daerah itu setelah lututnya terluka saat menaiki tangga.

Maka dari itu, saat ini pemerintah setempat sudah memberlakukan denda sebesar 1.000 dolar Amerika atau sekitar Rp 14 juta bagi wisatawan yang tertangkap dan masuk ke kawasan tangga tanpa izin. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Integrasi Jembatan Kaca

Senin, 27 Juni 2022 - 06:33 WIB

Tingkatkan Daya Tarik Pariwisata KSPN Bromo, Kementerian PUPR Bangun Jembatan Kaca Seruni Point

Sektor pariwisata dipercaya menjadi salah satu lokomotif penggerak perekonomian nasional. Hal ini terbukti berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di mana pada 2021 terjadi peningkatan…

Ir. H. Said Iqbal, ME Presiden Partai Buruh

Senin, 27 Juni 2022 - 06:30 WIB

Hari Ini Partai Buruh Daftarkan Uji Formil dan Materiil UU P3 ke Mahkamah Konstitusi

Uji formil dan materiil terhadap UU P3 akan didaftarkan ke Mahkamah Konstitusi pada hari Senin, tanggal 27 Juni 2022 jam 14.00 WIB. Demikian disampaikan Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Presiden Jokowi

Senin, 27 Juni 2022 - 06:17 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Munich Jerman

Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 13 jam, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan…

Ilustrasi galon guna ulang

Senin, 27 Juni 2022 - 06:01 WIB

Komisioner KPPU: Secara Pribadi Saya Tidak Setuju Ada Pelabelan BPA

Komisioner┬áKomisi Pengawas Persaingan usaha (KPPU), Chandra Setiawan, mengatakan secara pribadi tidak setuju ada pelabelan Bisfenol A (BPA) terhadap kemasan galon guna ulang. Alasannya menurut…

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Senin, 27 Juni 2022 - 06:00 WIB

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Atlet Taekwondo Yonif 1 Marinir yang berhasil meraih medali yaitu Prada Marinir Rama Julio Litik yang bertanding di kelas Under 58 kilogram berhasil merebut medali Emas, Prada Marinir Bagus…