Perancang Busana Nina Nugroho Optimalkan Sektor Industri Fashion Nasional

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 18 September 2021 - 12:00 WIB

Perancang Busana Nina Nugroho (Foto Ist)
Perancang Busana Nina Nugroho (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Di tengah kesulitan pasti ada jalan untuk tetap berkreasi dan berkarya. Hal itu dilakukan perancang busana muslim kenamaan Nina Nugroho.  Nina menggagas event yang lazim dilakukan ditengah wabah Pandemi Covid 19, yakni menggelar Professionals Women’s Week (PWW) ajang ini  untuk mendukung para wanita profesional di seluruh Indonesia menikmati kehidupan terbaiknya dengan mengoptimalkan kontribusi multi-perannya di kantor dan di rumah.

PWW sendiri digelar secara Hybrid (Online dan offline) dari tanggal 20-24 September 2021 dan dalam skema PPKM dan protokol Kesehatan yang ketat. Kami menyajikan acara ini dalam format yang bersahabat dengan teman tuli dan sahabat disabilitas.

"Kami percaya, wanita Indonesia adalah individu yang berdaya dalam apapun peran yang dimainkannya. PWW adalah sebuah perayaan atas keberdayaan itu. Keberdayaan yang menjadi pondasi utama negeri ini, masa kini dan masa yang akan datang. " ujar Nina Nugroho ketika membuka acara Jumpa Pers secara virtual Jumat (27/9/2021)

Dewan Kehormatan Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia ini mengatakan, kalau tema PWW tahun ini adalah #akuberdaya, sebuah tema sentral yang menjadi jiwa dari semua produk dan aktivitas NINA NUGROHO.

Hastag #akuberdaya memiliki makna bahwa wanita pada dasarnya sudah memiliki daya dalam dirinya. Secara alami, wanita mampu memikul rasa sakit melahirkan dengan nyawa sebagai taruhannya. Wanita memiliki kemampuan multi-tasking serta keluasan hati yang tak ada ujungnya. Wanita adalah tonggak keluarga. Maka kami tidak menggunakan istilah ‘pemberdayaan’, melainkan ‘keberdayaan’. Wanita bukannya perlu diberdayakan, melainkan dilejitkan keberdayaannya. Itulah misi kami. Melalui gelaran PWW ini, mari bersama-sama kita luncurkan gerakan #akuberdaya.

PWW diselenggarakan dalam lima hari. Empat hari berturut-turut berupa event Charity Sale, Talk Show dan Sharing Online yang menghadirkan 12 (dua belas) pembicara nasional dan tokoh profesional, kemudian ditutup pada hari kelima dengan event offline Gala Luncheon, fashion show dan diskusi panel yang akan dihadiri oleh 50 (lima puluh) tokoh perempuan. Event ini akan diikuti oleh ribuan wanita Indonesia.

CHARITY SALE

Event Charity Sale ini akan berlangsung pada tanggal 6 – 21 September 2021, menghadirkan Catwalk Collections dan product Collections Brand NINA NUGROHO. Untuk Catwalk Collections, Lebih dari 30 (tiga puluh) busana yang telah melenggang di berbagai pagelaran busana dunia, seperti Turino Fashion Week, Hongkong Fashion Week, ASC New York Fashion Week dan pergelaran fashion bergengsi tanah air seperti Indonesia Fashion Week, Muslim Fashion Festival dan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) Bank Indonesia di donasikan oleh Brand NINA NUGROHO untuk dapat dibeli oleh para donatur. Dan 80 (delapan puluh) koleksi produk dalam berbagai kategori yang dapat menjadi pilihan para donatur.

Penjualan dari setiap busana Catwalk Collections dan Product Collections akan ditujukan kepada Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur-an di Klaten Jawa Tengah, untuk membiayai para santri penghafal Al-Qur`an sampai dengan hafal 30 juz AL-qur’an.

TALKSHOW

Merupakan rangkaian acara dari Professional Women`s Week 2021 yang dilaksanakan secara online pada hari Senin 20 September 2021 sampai dengan Kamis 23 September 2021. Setiap hari nya terdapat 2 sesi talkshow yang menghadirkan narasumber luar biasa. Mengangkat tema besar meningkatkan keberdayaan wanita Indonesia sekaligus memberikan jawaban tantangan multiperan wanita dalam kondisi pandemik Covid-19.

Terdapat 12 (dua belas) pembicara yang menjadi narasumber dalam talkshow yang akan berbicara tentang 4 (Empat) sub-tema yaitu, karier, keluarga, sosial, kecantikan dan fashion.

FASHION SHOW

Fashion Show dilaksanakan secara virtual di tanggal 20-23 September 2021 dan secara live di tanggal 24 September 2021. Terdiri dari 5 (lima) koleksi Fashion Show Internasional dan Nasional NINA NUGROHO sebagai Modest Fashion Brand for Professional.

GERAKAN #AKUBERDAYA

Di event puncak tanggal 24 September 2021 juga akan dilaunching Gerakan #akuberdaya, melalui deklarasi #akuberdaya yang akan diikuti oleh 1.000 (seribu) perempuan Indonesia yang akan hadir secara virtual. Gerakan #akuberdaya ini merupakan awal dari dimulainya program satu tahun Gerakan #akuberdaya yang akan di mulai tepat setelah rangkaian acara Professional Women`s Week 2021 ini berakhir. Tujuan dari Gerakan #akuberdaya ini adalah untuk meningkatkan keberdayaan satu juta wanita Indonesia dalam waktu satu tahun.

Gerakan #akuberdaya adalah program kolaborasi yang akan dilaksanakan melalui platform pelatihan online dan offline, kegiatan online di sosial media (IG, Youtube dan Website), dan berbagai kegiatan lain yang akan dilakukan sepanjang tahun 2021.

Kegiatan satu tahun Gerakan #akuberdaya, mendapatkan support tidak terhingga dari berbagai asosiasi, organisasi dan komunitas. Contoh nya, Tempa Trainers Guilds (TTG) sebuah asosiasi trainer nasional akan menurunkan para trainer nya di setiap minggu nya dalam program pelatihan online kepada wanita Indonesia. 

Seluruh rangkaian kegiatan Professional Women`s Week mendapat dukungan dari berbagai pihak, terutama Evapora (Digital Event Organizer) yang mendukung secara penuh kegiatan online PWW. CIAS, memfasilitasi kegiatan online PWW, The Langham Hotel Jakarta, mensupport acara offline PWW, Wardah dan PT.Inovasi Handal Sinergi (Inhasi).Media Partner CNN Indonesia, Women`s Obsession dan High End Magazine. YKPI (Yayasan Kanker Payudara Indonesia), IBEKA (Inisiatif Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan), Youth Lab Indonesia, FPPI (Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia), IAI (Ikatan Apoteker Indonesia), Kowani (kongres Wanita Indonesia), Forwan (Forum Wartawan Hiburan) dan IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…