Karir Menkes Jadi Role Model, Jokowi: Budi Gunadi Sadikin adalah Sebuah Contoh Pengembangan Talenta

Oleh : Candra Mata | Selasa, 14 September 2021 - 19:35 WIB

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di  Universitas Sebelas Maret, Kota Surakarta meminta agar kampus atau univesitas berul-betul dapat memfasilitasi para mahasiswa untuk mengembangkan talenta yang dimiliki meskipun belum tentu sesuai dengan pilihan program studi, jurusan, maupun fakultas yang dipilihnya.

"Karena kita ingat, pilihan studi jurusan, dan fakultas tidak selalu berdasarkan pada talenta. Dan ketidakcocokan itu kadang-kadang terasa saat kuliah," katanya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangan di akun Instagramnya pada Selasa malam (14/9/2021). 

Jokowi-pun memberikan sebuah contoh atau role model (contoh bagus) dari pengembangan talenta yang tak sesuai latar belakang akademisinya.

"Menteri Kesehatan kita, Budi Gunadi Sadikin, adalah sebuah contoh tentang seseorang yang berkarir jauh dari ilmu yang didapatkannya pada masa kuliah," ujarnya.

"Ia seorang Insinyur Teknik Fisika Nuklir yang menjadi bankir. Karirnya melesat sampai tangga paling puncak sebagai Direktur Utama Bank Mandiri. Dan sekarang, Pak Budi melompat lagi menjadi Menteri Kesehatan," sambung Jokowi.

Menurutnya, perjalanan Menkes Budi Gunadi Sadikin ini menyiratkan pesan kepada dunia pendidikan tinggi agar memfasilitasi para mahasiswa untuk mengembangkan talentanya dan mengubah pola-pola lama agar dapat mengatasi perubahan dunia. 

"Seorang mahasiswa tidak perlu pindah program studi, jurusan, dan fakultas. Tapi beri mereka kesempatan untuk mengambil kuliah sesuai talentanya. Perbanyak mata kuliah pilihan, di dalam maupun di luar kampus," jelas Jokowi.

Untuk itu, Ia berharap agar para mahasiswa diberikan kemerdekaan untuk belajar. 

"Belajar kepada siapa saja, kepada praktisi atau industri, karena sebagian besar nanti akan menjadi praktisi," katanya.

"Itulah esensi Merdeka Belajar, dimana mahasiswa merdeka untuk belajar. Dan kampus juga memperoleh kemerdekaan untuk berinovasi," pungkas Jokowi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Selama 33 tahun Lintasarta hadir di Indonesia, 10 tahun terakhir ini Lintasarta Cloud telah melayani berbagai jenis industri di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan penyimpanan data yang reliable, secure, dan scalable.

Senin, 20 September 2021 - 22:53 WIB

Penguatan Strategi Berbasis Digital demi Ketangguhan Bisnis di Masa Depan

JAKARTA- Di era digitalisasi ini, seluruh masyarakat menjadi lebih terhubung dan memiliki ketergantungan yang lebih besar terhadap berbagai sarana digital yang tersedia.

Menteri BUMN Erick Thohir di Ponpes Banyuwangi Jatim

Senin, 20 September 2021 - 22:11 WIB

Kunjungi Ponpes Mabadi'ul Ihsan di Banyuwangi, Menteri BUMN Erick Thohir: Saya Senang Sekali...

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan rasa senangnya dapat berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Mabadi'ul Ihsan di Karangdoro Banyuwangi, JawaTimur.  Tak hanya…

Ilustrasi Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)

Senin, 20 September 2021 - 21:35 WIB

KemenkopUKM Klaim Realisasi BPUM Sentuh 12 Juta UMKM di 2020, Total Anggaran Capai Rp28,8 Triliun

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) menyebut bahwa program Banpres Produktif Pelaku Usaha Mikro (BPUM) pada tahun anggaran 2020 telah tersalur kepada 12 juta pelaku usaha mikro dengan…

Ilustrasi Mall

Senin, 20 September 2021 - 20:35 WIB

Bapak Ibu Tolong Catat! PPKM Resmi Diperpanjang, Anak Usia Dibawah 12 Tahun Diizinkan Masuk Mal

Menko Luhut mengatakan, dalam masa perpanjangan kali ini, pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan mal dan pusat perbelanjaan untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun.

Menko Marves Luhut B. Pandjaitan

Senin, 20 September 2021 - 19:15 WIB

Alhamdulillah Menko Luhut Sampaikan Kabar Baik! Kini Tak Ada Satu pun Kabupaten/Kota Level 4 di Jawa-Bali

Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, di Jawa Bali kini tidak ada daerah yang memasuki level 4. Ini merupakan kabar baik.