Aplikasi Kolaborasi Lark untuk WFH Hadirkan Fitur-Fitur Baru

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 September 2021 - 11:21 WIB

Ilustrasi Work From Home (WFH) (Ist)
Ilustrasi Work From Home (WFH) (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Banyaknya perusahaan yang terjebak dalam dilema BTO (back to office) atau WFH (work from home) saat ini, membuat penggunaan aplikasi kolaborasi kerja semakin meningkat. Mulai dari perusahaan rintisan atau start-up berskala kecil hingga perusahaan divisi besar, para karyawan harus siap bekerja dari mana saja.

Meskipun banyak perusahaan telah berkomitmen untuk menggunakan produk-produk yang selama ini sudah dikenal dan sering dipakai, Lark menawarkan pendekatan yang berbeda dan mudah dipakai oleh pengguna. Lark menunjukkan arti aplikasi kerja kolaborasi sebenarnya bagi para pengguna yang duduk bekerja di meja kerja di kantor atau di meja makan di rumah.

Lark, yang diperkenalkan di Indonesia tahun lalu, terus dilengkapi dengan fitur-fitur baru untuk meningkatkan produktivitas kerja, sehingga memungkinkan para pimpinan tim untuk mengelola proyek - baik kecil maupun besar - dari laptop mereka, tanpa perlu adanya infrastruktur atau perangkat lunak tambahan. Aplikasi ini telah diadopsi dan digunakan oleh berbagai organisasi dan industri, mulai dari Danamart (keuangan), Yummy Corp (e-commerce), Amoeba Digital Telkom Indonesia dan Prasetia Dwidharma (keduanya perusahaan IT/Telko), hingga Diamond Group (grosir dan distribusi), Naisu (agensi) dan Klikdokter (layanan kesehatan) serta masih banyak lagi lainnya.

"Tim Lark melihat bagaimana perusahaan sebagai organisasi, dan para profesional, eksekutif serta manajer sebagai individu masih banyak yang ragu tentang BTO dan WFH saat mereka merencanakan atau mengantisipasi model kerja yang akan diterapkan. Kami telah mengembangkan Lark yang secara fleksibel menghadirkan kemampuan kerja kolaborasi yang mulus tanpa hambatan ke tingkat yang lebih canggih lagi,” kata Joey Lim, VP Lark Commercial Asia, Selasa (12/9/2021)

Lark menggunakan antarmuka intuitif yang telah lazim digunakan oleh banyak manajer proyek dan anggota timnya. Berikut adalah beberapa peningkatan fitur terbaru:

Bitable – Sekarang, fungsi manajemen dan penjadwalan proyek menggunakan antarmuka 'klik' dan 'seret (drag)' untuk membuat dan mengontrol multi proyek; menentukan prioritas dan tenggat waktu; menetapkan anggota tim; melampirkan dokumen dan file; dan dengan mudah memilih dan berganti tampilan seperti tampilan Grid, Kanban, Gantt atau Galeri sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Task - Menyatukan semua tugas pada satu panel tugas sehingga memudahkan untuk membuat, menambah, dan mengelola tugas individu atau tim, baik berdasarkan masing-masing anggota tim maupun tenggat waktunya; dengan begitu banyaknya komunikasi tim yang dilakukan di grup chat, fitur baru ini dapat melakukan fungsi membuat tugas dari diskusi obrolan; dengan satu klik saja, teks obrolan langsung diubah menjadi tugas (lengkap dengan alarm peringatan jika diperlukan).

Feed Filter - Hindari scrolling melalui rangkaian pesan atau chat message serta notifikasi yang panjang di tab Feed dengan memanfaatkan opsi filter yang dapat disesuaikan, sehingga pengguna dapat melihat pesan masuk berdasarkan filter yang diinginkan seperti 'pesan langsung (direct message)' dan 'menyebut Anda dalam grup chat'.

Transpose (LARK Sheet) – Untuk lembar kerja atau spreadsheet, layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengubah atau menukar data dalam lembar kerja tersebut dari kolom ke baris, dan sebaliknya, tanpa perlu mengetik ulang data; pengguna dapat dengan mudah melihat tampilan mana yang menyajikan data dengan lebih baik.

Breakout Rooms - Pengguna Lark Enterprise kini dapat menyelenggarakan diskusi kelompok kecil yang terfokus tanpa mengganggu satu sama lain dalam satu sesi rapat dengan menggunakan fitur breakout rooms. Penyelenggara rapat dapat dengan mudah mengatur jumlah ruang kelompok kerja, memberi nama ruang, dan menetapkan peserta untuk setiap ruang.

Untuk meningkatkan penggunaan chat yang lebih hidup, Lark telah menambahkan sejumlah emoji baru, termasuk ikon dasar "Yes" dan "No" yang memungkinkan pengguna untuk bertanya atau membalas pesan dengan jelas.

Survei terbaru McKinsey terhadap 100 eksekutif lintas industri dan wilayah geografis menegaskan bahwa produktivitas dan kepuasan pelanggan telah meningkat selama pandemi. Tetapi ketika pandemi mereda, para eksekutif mengatakan bahwa model kerja hibrida — di mana karyawan bekerja dari jarak jauh dan juga di kantor — akan menjadi sangat umum. Mayoritas eksekutif memperhitungkan bahwa karyawan (yang tidak perlu secara fisik melakukan pekerjaannya di tempat kerja) akan berada di tempat kerja antara 21 dan 80 persen dari seluruh waktu kerjanya, atau satu hingga empat hari per minggu.

Menanggapi hal ini, Joey Lim, VP Lark Commercial Asia mengatakan, “Mengingat tingginya prediksi untuk kondisi kerja hibrida, tim Teknologi Informasi dan Human Resources perusahaan, serta tim proyek atau tim kerja, semuanya akan membutuhkan aplikasi kolaborasi Lark yang fleksibel dan tangguh untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja.”

Diciptakan untuk memberikan berbagai fungsi serbaguna, Lark menawarkan rangkaian aplikasi dan fungsi kerja penting berbasis cloud, yang memungkinkan orang untuk bekerja bersama. Untuk informasi lebih lanjut tentang Lark, kunjungi Situs Web kami dan coba Lark secara gratis! Ikuti media sosial kami di Facebook, dan LinkedIn dan periksa video Lark di saluran YouTube.

Tentang Lark

Lark adalah rangkaian fungsi kolaborasi kerja generasi terkini yang memungkinkan orang untuk bekerja bersama-sama dengan baik. Rangkaian fungsi ini terutama terdiri dari Lark Mail, Lark Messenger, Lark Docs, Lark Calendar, Lark Video Conferencing, serta Lark Workplace yang mengintegrasikan aplikasi pihak ketiga. Semua fungsi terintegrasi secara menyeluruh dalam satu aplikasi, yang tersedia di Mac, PC, iOS, dan Android. Lark berkantor pusat di Singapura dan melayani klien di seluruh dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…