Tembus 14 Juta Pengguna, Ini Rencana Ekspansi Platform Lock Screen Glance di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 September 2021 - 09:57 WIB

Piyush Shah President & COO Glance
Piyush Shah President & COO Glance

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Glance merupakan salah satu platform content berbasis lock screen terbesar di Asia Tenggara. Saat ini Glance memiliki 165 juta pengguna aktif yang tersebar di Indonesia, India, Thailand, Filipina dan Malaysia. Khusus di Indonesia, per September 2021, tercatat pengguna aktif Glance sebesar 12 – 14 juta.

Didukung oleh teknologi Artificial Intelligence dan Machine Learning, Glance akan menampilkan konten lokal yang sedang trending dan dipersonalisasi dalam bentuk gambar yang dinamis dan menarik pada lock screen ponsel. Di ponsel Glance tersedia dalam fitur pre-loaded dan hadir dalam berbagai bahasa seperti Bahasa Indonesia, Inggris, Thailand, Tamil dan Hindi.

Bagaimana rencana Glance menguasai pasar Asia Tenggara? Ekspansi apa yang akan dilakukan Glance untuk pasar Indonesia? Piyush Shah President & COO Glance yang juga merupakan Co-Founder InMobi Group memaparkan bagaimana strategi Glance untuk menguasai pasar Asia Tenggara.

Mengapa Glance menyasar pasar Asia Tenggara?

Asia Tenggara merupakan pasar utama bagi Glance, sejak kami hadir pada kuartal pertama tahun 2020, kami telah memiliki pengguna aktif sebesar 25 juta yang tersebar di Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand.

 

Fokus dan tujuan utama Glance di Asia Tenggara adalah untuk terus meningkatkan basis pengguna, sekaligus memperkenalkan perkembangan produk dan fitur yang menarik. untuk itu kami akan terus mengembangkan teknologi, produk dan fitur-fitur kami.

Sebagai contoh, saat ini kami sudah hadir di Indonesia dan Thailand dengan Bahasa lokal sehingga memudahkan bagi pengguna untuk mengkases informasi dari lock screen Glance. Kedepan saat kami memperluas pasar kami di Kawasan ini, kami juga akan hadir dan memperkenalkan konten dengan Bahasa lokal masing-masing negara seperti Filipina, Melayu, Vietnam, Nepal, Sinhala, dan lain sebagainya.

Untuk menguasai pasar Asia Tenggara, apakah Glance mempunyai rencana peluncuran produk baru?

Kami berharap untuk bisa segera menghadirkan fitur baru kami di kawasan Asia Tenggara. Saat ini Glance telah berhasil menguji berbagai fitur baru, kamu juga telah melakukan pembaharuan terhadap produk-produk kami yang saat ini sudah ada di pasar.

Pengembangan dan pembaharuan fitur kami lakukan juga untuk fitur yang saat ini sudah ada di pasar India, kami melakukan pengembangan dan pembaharuan yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna di masing-masing negara sehingga ini dapat meningkatkan durasi pemakaian platform lock screen Glance.

Setelah Asia Tenggara, pasar mana lagi yang akan menjadi target ekspansi Glance?

Visi jangka Panjang kami adalah membawa pengalaman terbaik bagi pengguna di seluruh dunia. Kami akan terus memperkuat posisi kami di kawasan Asia Tenggara dengan terus melakukan pengembangan dan pembaharuan teknologi dan fitur, selain itu Glance juga berniat untuk memperluas pasar kami ke USA dan Amerika Latin.

 

Apakah Indonesia merupakan pasar yang potensial bagi Glance?

Tentu saja, saat ini Indonesia adalah pasar terbesar kami di Asia Tenggara. Dari 25 juta pengguna aktif Glance di kawasan ini, mayoritas berasal dari Indonesia, jumlah nya mencapai sekitar 12 – 14 juta. Seiring dengan rencana kami mengembangkan pasar Asia Tenggara, kami juga akan membesarkan pasar kami di Indonesia. Pengembangan produk untuk pasar Indonesia terus kami lakukan, misalnya kami menambahkan cerita dan highlights pada Glance Experience bagi pengguna di Indonesia.

Apakah Glance mempunyai rencana kerjasama strategis di Indonesia?

Kemitraan strategis baik dengan content creator, influencer dan OEM (Original Equipment Manufacturer) di Glance peluang ini selalu terbuka. Di Indonesia kami sudah bekerja sama dengan OEM terkemuka. Di masa datang kami akan terus melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk bisa meningkatkan pertumbuhan kami tidak hanya di Indonesia saja tapi juga di Asia Tenggara.

Konten apa yang disukai orang Indonesia dari lock screen Glance?

Berdasarkan data yang kami miliki pengguna Glance di Indonesia sangat tertarik dengan konten seputar hiburan, olahraga, berita terkini, travel, teknologi, alam dan kecantikan. Salah satu konten hiburan yang paling banyak di akses pengguna Indonesia adalah K-POP dan casual gaming, untuk itu kami menambahkan konten-konten untuk kedua katagori ini di lock screen Glance.

Apa yang menjadi pembeda antara lock screen Glance dengan yang lain?

Lock screen merupakan salah satu bagian yang penting di smartphone, karena ini adalah tampilan pertama yang dilihat oleh pengguna saat mereka mengaktifkan ponselnya. Lock screen juga merupakan halaman yang paling sering dilihat, berdasarkan data kami, pengguna ponsel bisa membuka lock screen mereka lebih dari 100 kali dalam sehari.

Umumnya lock screen digunakan hanya untuk memunculkan notifikasi dari aplikasi yang ada di ponsel. Ini berbeda dengan Glance, dengan dukungan teknologi Artificial Intelligence (AI) lock screen kami bukanlah sekedar notifikasi aplikasi, kami menyediakan konten yang menarik dan disesuaikan dengan pengguna saat mereka mengaktifkan ponsel.

Teknologi AI Glance akan mengkurasi konten-konten yang sedang tren di internet, kemudian akan disajikan dalam bentuk gambar yang menarik di lock screen ponsel, para pengguna bisa menyesuaikan sendiri tampilan sesuai dengan minat dan selera mereka.

 

Bagaimana cara kerja teknologi AI Glance dalam mempersonalisasi konten sesuai dengan kebutuhan pengguna?

Ketika pengguna ponsel mengakses lock screen Glance, mereka tentunya akan menentukan pilihan bahasa dan konten apa yang ingin mereka lihat. Misalnya berita, olahraga, hiburan, dan sebagainya. Dari kebiasaan yang dilakukan oleh pengguna ponsel, teknologi kami akan mempelajari apa yang paling sering dilihat atau disukai oleh pengguna. Dari situlah kemudian sistem kami akan menyajikan konten berdasarkan apa yang paling disukai dan yang paling sering diakses oleh pengguna.

Contohnya, jika sistem mengamati bahwa orang tersebut menghabiskan lebih banyak waktu untuk konten yang berkaitan dengan olahraga, maka sistem akan mencoba mencocokkan dan mengirimkan konten olahraga yang disukai pengguna tersebut. Begitulah cara teknologi AI kami bekerja untuk mempersonalisasi konten, yaitu berdasarkan apa yang paling sering diakses dan lamanya pengguna menghabiskan waktu untuk mengakses konten.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…