Soroti SDGs, Fadli Zon Minta Pemerintah Tak Hanya Berteori: Lakukanlah Aksi Sampai Tingkat Desa

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 11 September 2021 - 14:26 WIB

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon (Foto Dok Industry.co.id)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon mendorong agar pemerintah daerah juga pemerintah pusat bersama-sama mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Suistainable Development Goals (SDGs) hingga tingkat desa.

Hal tersebut disampaikan Fadli saat Sosialisasi Diplomasi Parlemen 'BKSAP Sustainable Development Goals (SDGs) Day', yang dihadiri oleh Wali Kota Palembang Harnojoyo beserta jajaran, serta perwakilan mahasiswa di Palembang, Sumsel, Jumat (10/9/2021).

"Kita mendorong pemda dan juga pemerintah pusat tentang SDGs dengan melakukan aksi selama satu dekade. Ada sosialisasi dan bahkan integrasi terhadap program-program di kabupaten kota, provinsi, dan tingkat nasional dengan SDGs itu," jelas Fadli.

Politisi Fraksi Partai Gerindra berharap pemerintah tidak hanya berteori tetapi juga melakukan praktek atau aksi dalam mencapai goals sampai ke tingkat bawah (desa) agar tidak ada yang tertinggal dalam pembangunan.

"Sehingga semangat untuk no one lefts behind tidak ada yang ditinggalkan di dalam tujuan pembangunan itu betul-betul tercapai,” tegas Fadli.

Fadli juga menyampaikan, parlemen juga berperan dalam menjembatani people to people connection dan juga antar parlemen, baik di dalam nengeri maupun negara-negara dunia darai semua sisi baik itu sisi legislasi, pengawasan dan anggaran juga diplomasi.

"Parlemen mempunyai gerak yang lebih fleksibel untuk menjembatani people to people connection dan juga antar parlemen, baik negara kita maupun negara-negara dunia itu sistemnya parlementer. Dimana parlemen juga merupakan bagian dari eksekutif,” tutup Fadli.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Outlet Paris Baguette

Senin, 23 Mei 2022 - 11:46 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet Baru di Bekasi dan Tangerang

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya d pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment (EFN) meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka 4 outlet baru Paris…

Beras (Doc: Kementan)

Senin, 23 Mei 2022 - 11:24 WIB

Akademisi UI: 3 Tahun Indonesia Tidak Impor Beras, Pemerintah Buktikan Kinerjanya

Peneliti dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia, Riyanto menilai salah satu keberhasilan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai Menteri Pertanian adalah meningkatnya…

Stok beras

Senin, 23 Mei 2022 - 11:20 WIB

Irma Suryani: 3 Tahun Tidak Impor Beras Bukti Mentan SYL Jalankan Perintah Presiden

Pemerhati Pangan, Irma Suryani Chaniago mengapresiasi kerja cerdas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) yang mampu menjalankan semua perintah dan arahan Presiden Joko Widodo.

Orang Utan

Senin, 23 Mei 2022 - 11:00 WIB

Program Konservasi Orangutan TPA Turunkan Potensi Konflik Antara Orangutan-Manusia Hingga 98,5%

Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia atau International Day for Biological Diversity diperingati setiap tahun pada tanggal 22 Mei. Sebagai negara yang dikaruniai alam subur dan memiliki keanekaragaman…

Kementerian Kesehatan Arab Saudi bersama Binawan Merekrut 220 Perawat Indonesia

Senin, 23 Mei 2022 - 10:53 WIB

Kementerian Kesehatan Arab Saudi bersama Binawan Merekrut 220 Perawat Indonesia, Ini Syaratnya

Kementerian Kesehatan Arab Saudi membuka kembali kesempatan untuk perawat Indonesia untuk bisa bekerja di Arab Saudi. Tahun ini Binawan dipercaya kembali untuk menjadi mitra kerja MOH dalam…