Kerjasama BUMN,Telkom Bantu Digitalisasi Bisnis Kimia Farma

Oleh : Irvan AF | Minggu, 28 Mei 2017 - 11:12 WIB

Apotik PT Kimia Farma (Persero) (BeritaSatu)
Apotik PT Kimia Farma (Persero) (BeritaSatu)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Kimia Farma (Persero) bersama dengan PT Telkom Indonesia Tbk menggalang sinergi pemanfaatan sumber daya perusahaan guna meningkatkan produktivitas dan kinerja dalam rangka menjadi perusahaan kelas dunia yang berbasis digital.

"Telkom dan Kimia Farma sepakat bekerja sama untuk memenuhi harapan 'stakeholder' (pemegang saham) di mana setiap 'core competence' antar-BUMN harus saling disinergikan," kata Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan, dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (27/5/2017).

Dian menjelaskan ruang lingkup kerja sama meliputi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), rencana kerjasama pemanfaatan (joint utility) aset Telkom dan aset Kimia Farma. Selanjutnya, rencana kerja sama digitalisasi Kimia Farma yang meliputi proses "improvement, digital culture transformation", dan "customer experience", serta rencana kerja sama lainnya yang selanjutnya akan disepakati oleh para pihak.

Digitalisasi di Kimia Farma didesain menggunakan "Open Digital Maturity Model" (ODMM) untuk melakukan "assessment Digital Maturity" perusahaan dengan enam kategori yaitu "Strategic Dynamism, Digital Culture, Talent & Skills, Optimal Customer Experience, Data Centricity, Service Innovation & Optimize Delivery", serta "Digital Technology Leadership".

"Telkom memiliki 'core competence' di bidang 'Information and Communication Technology' (ICT) mulai dari 'cloud, managed service, data center, payment system, monitoring system, satellite operation' dan masih banyak lagi," ujar Dian.

Melalui core competence ini, Telkom siap mendukung digital revolution secara jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Sementara itu, Dirut Kimia Farma, Honesti Basyir mengungkapkan bahwa digitalisasi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dan untuk meningkatkan daya saing, semua industri harus bergerak ke arah digital.

"Terima kasih atas 'support' Telkom dalam mendukung akselerasi transformasi digital Kimia Farma sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi perusahaan," ucap Honesti Basyir.

Kedepannya, kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing BUMN, baik di tingkat regional maupun internasional sehingga BUMN dapat menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi nasional. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

dr. Beatrix Isabella Tjahyana Dipl.AAAM, Founder & CEO BeArt Korean Skin Clinic menjelaskan perkembangan teknologi laser untuk perawatan kecantikan di Indonesia.

Selasa, 07 Mei 2024 - 23:43 WIB

Perawatan Kecantikan Dengan Laser, BeArt Korean Skin Clinic Hadirkan Metode Terbaru Dari Amerika

Salah satu jenis perawatan dengan metode laser yang menjadi populer dan diterapkan klinik BeArt yaitu dengan menggunakan mesin face lifting dari Amerika.

Pelatihan Membaca Nyaring di hadapan pustakawan, guru sekolah dan orang tua di Sumatera Utara

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:58 WIB

Pentingnya Teknik Membaca Nyaring Pada Anak Sejak Dini

Anak yang sering dibacakan nyaring dan diajak berbicara oleh ibu bapaknya secara tidak langsung membantu stimulasi kemampuan kognitifnya berkembang lewat suara.

PT Intiland Development Tbk (DILD)

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:45 WIB

BI Rate Naik, Intiland Harap Perbankan Gencar Jalin Kolaborasi dengan Pengembang

Bank Indonesia (BI) telah menaikan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 6,25%. Kenaikan BI Rate ini pastinya akan berdampak bunga kredit atau cicilan, meskipun berlangsung lama. Sekretaris…

Apresiasi kepada Mandiri Agen

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:20 WIB

Komitmen Dorong Inklusi Keuangan, Bank Mandiri Perkuat Peran Mandiri Agen

Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, Bank Mandiri terus memperkuat peran Mandiri Agen dalam menyediakan akses layanan keuangan yang lebih…

Press conference Winter Concert yang digelar di Trans Snow World, Bintaro, Selasa 7 Mei 2024.

Selasa, 07 Mei 2024 - 21:45 WIB

Pertama di Indonesia, Winter Concert, Konser Musim Dingin Dengan Nuansa Salju Bakal Digelar Bulan Depan

Winter Concert di Trans Snow World Bintaro dimeriahkan oleh musisi internasional Color Me Badd, dan musisi Indonesia seperti The Groove featuring Tiara Effendy, Andien Aisyah dan Iwa K, serta…