Bantu Perusahaan Tangkap Peluang Ekonomi, Standard Chartered Luncurkan Solusi Penagihan Dana Secara Digital

Oleh : Hariyanto | Kamis, 09 September 2021 - 11:13 WIB

Standard Chartered Bank Indonesia (Foto Ist)
Standard Chartered Bank Indonesia (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Standard Chartered Bank Indonesia (Bank) meluncurkan Straight2Bank Pay (S2B Pay) sebagai gerbang digital global tunggal bagi perusahaan di Indonesia untuk melakukan penagihan dana dengan berbagai metode. Standard Chartered menawarkan beberapa pilihan pembayaran gabungan melalui kemitraan dengan pemain terkemuka di bidang pembayaran, dan koneksi langsung ke skema pembayaran instan di seluruh negara yang dilayani oleh Bank.

"Seiring dengan meningkatnya keinginan nasabah korporasi kami yang ingin memanfaatkan peluang ekonomi digital Indonesia, kami ingin menjadi mitra terpercaya dalam proses pertumbuhan mereka. Salah satunya adalah melalui S2B Pay yang menawarkan dukungan proses penagihan dana secara digital dengan lancar," kata Haryanto Suganda, Manging Director and Head of CCIB Client Coverage, Indonesia, Standard Chartered yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (9/9/2021).

"Dengan kehadiran Bank yang luas di beberapa negara paling dinamis di dunia, kami berada di posisi strategis untuk memainkan peran sebagai bank penghubung bagi para nasabah kami, dan memungkinkan mereka untuk sukses mengelola arus kas selagi mereka memperluas kehadiran mereka di ranah daring. Kami akan terus berinvestasi dan berinovasi dalam meningkatkan solusi manajemen kas kami untuk menjawab tantangan klien kami yang selalu berkembang," imbuhnya.

S2B Pay juga mendukung perdagangan digital lintas batas di seluruh saluran penjualan perusahaan, termasuk penjualan online (eCommerce), penjualan melalui aplikasi seluler (mCommerce), pembayaran secara digital saat pengiriman/di dalam toko, tautan pembayaran, penyajian tagihan, dan penagihan berbasis faktur.

Peluncuran S2B Pay di Indonesia juga sejalan dengan salah satu inisiatif utama Bank Indonesia yang tertuang dalam Cetak Biru Sistem Pembayaran Indonesia 2025, yaitu memperkuat konfigurasi sistem pembayaran ritel.

S2B Pay melengkapi inisiatif ini karena berkontribusi untuk memajukan pengembangan infrastruktur yang mendukung ketersediaan layanan pembayaran (termasuk penagihan) secara real time, lancar, berlangsung 24 jam serta didukung dengan efisiensi dan keamanan menyeluruh tingkat tinggi.

Hal ini juga sejalan dengan upaya Bank Indonesia untuk mendorong transformasi digital di industri perbankan untuk menopang peran bank sebagai institusi utama dalam ekonomi digital melalui penerapan solusi digital.

Melalui konektivitas langsung ke skema pembayaran instan di seluruh negara tempat Bank beroperasi, bersama dengan kemitraan dengan penyedia layanan pembayaran terkemuka dan pemain teknologi finansial, Standard Chartered melayani kebutuhan pengoleksian dana digital yang efisien bagi perusahaan.

Para nasabah korporasi sekarang dapat mengandalkan Bank sebagai penyedia tunggal layanan penagihan dana mereka – ini berarti mereka tidak perlu lagi membuat beberapa koneksi teknis, membuka banyak akun, menegosiasikan banyak kontrak atau melakukan uji tuntas pada banyak mitra, sehingga efisiensi operasional dan penghematan biaya perusahaan perusahaan dapat dicapai.

S2B Pay juga membantu perusahaan Indonesia dengan menawarkan solusi tunggal untuk penagihan dana secara omni-channel yang mencakup berbagai metode pembayaran (termasuk pembayaran instan, eWallet, transfer bank, kartu) di berbagai negara.Periode penyelesaian (settlement) yang lebih singkat melalui pembayaran instan dan pengurangan risiko operasional dan eksekusi, karena layanan dijalankan oleh bank.

Selain itu S2B Pay juga menawarkan, pelaporan standar dengan rekonsiliasi otomatis melalui laporan mutasi bank serta jangkauan yang lebih luas sehingga memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan penjualan online demi meningkatkan pertumbuhan penjualan mereka dengan memperluas jangkauan mereka ke semua kota di Indonesia, serta ke negara lain. Saat ini, S2B Pay melayani 13 negara di seluruh Asia.

S2B Pay didukung oleh Espay dari PT Pembayaran Lintas Usaha Sukses (PLUS) sebagai salah satu online payment gateway terkemuka di Indonesia yang menawarkan fitur lengkap. Espay mendukung S2B Pay dengan memberikan solusi untuk memfasilitasi bisnis melalui identifikasi penagihan pembayaran dan berbagai saluran pembayaran, untuk menawarkan kemudahan bagi nasabah Bank dalam melakukan penagihan penjualan melalui S2B Pay.

Melalui proses host-to-host yang otomatis dan terintegrasi antara Espay dan S2B Pay, perusahaan-perusahaan Indonesia kini dapat mengandalkan Standard Chartered sebagai penyedia layanan penagihan dana “one-stop-shop” yang akan membantu mereka meningkatkan efisiensi operasional dan penghematan biaya.

Dengan adanya anjuran untuk menjaga jarak aman dan untuk bekerja dari rumah di tengah pandemi COVID-19, banyak perusahaan Indonesia dapat mengambil manfaat dari penambahan solusi penagihan dana secara digital yang terintegrasi untuk meneruskan kegiatan operasinya dengan efektif, selain juga terus menggunakan metode penagihan yang sudah dimiliki perusahaan. Para pelanggan perusahaan juga diuntungkan karena lebih banyak dari mereka yang kini lebih menyukai metode pembayaran digital bebas sentuhan.

Setelah mengklik tautan pembayaran digital (dalam email, faktur digital, halaman checkout di situs, dll.), atau memindai kode QR (saat menerima pengiriman atau membayar di konter), pelanggan dengan mudah diarahkan ke halaman gerbang pembayaran S2B Pay Standard Chartered yang menunjukkan jumlah pembayaran tertentu yang perlu dilakukan, serta berbagai opsi untuk metode pembayaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…