Dibuka Kembali, Ini Syarat Pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 02 September 2021 - 12:15 WIB

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Dok: Gmap/Abhi Supryandi)
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (Dok: Gmap/Abhi Supryandi)

INDUSTRY.co.id - Siapa di sini yang kangen trekking dan menikmati keindahan alam? Ya, setelah tutup dikarenakan PPKM, akhirnya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango kembali dibuka untuk wisatawan.

Dikutip dari Instagram resmi Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, @bbtn_gn_gedepangrango dikabarkan bahwa pembukaan untuk kegiatan pendakian, wisata alam, dan berkemah dibuka kembali pada 2 September 2021.

"Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2021 yang ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Kepala Balai Besar TNGGP Nomor: SE. 1359 dan SE. 1360/BBTNGGP/Tek.2/08/2021 tentang Pembukaan Kegiatan Wisata Alam, Berkemah dan Pendakian di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango mulai tanggal 2 September 2021 dengan Kapasitas Pengunjung Maksimal 25 persen," tulis keterangannya.

Namun, untuk wisatawan dan calon pendaki yang berkunjung ada beberapa hal yang perlu dicatat, bahwa:

1. Diwajibkan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19, memiliki aplikasi Peduli Lindungi dan memperlihatkan hasil/kartu vaksin (minimal vaksinasi dosis pertama). Apabila belum vaksin diwajibkan membawa hasil test antigen Covid-19 H-1 atau Test PCR H-2.

2. Jika terjadi peningkatan kasus terpapar Covid-19 berdasarkan informasi dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, maka akan ada penutupan secara situasional sampai batas waktu yang memungkinkan kegiatan wisata alam, berkemah dan pendakian aman.

"Salam sehat, dan jangan kendor terapkan 5M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilitasi dan interaksi," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat peresmian fasilitas produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI)

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:10 WIB

Resmikan Fasilitas Produksi PT STI, Menteri Bahlil Minta Ruang untuk Anak-anak Daerah jadi Tuan Rumah

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia hadir dalam Peresmian Fasilitas Produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI) yang berlokasi di Kabupaten Malang.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:09 WIB

Kabar Duka Cita, Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta…

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat menerima laporan dari Ketua Komisi II Ahamd Doli Kurnia. Foto: Jaka/ rni

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:17 WIB

DPR Sahkan 3 UU Provinsi Baru, Puan, Jaminan Hak Rakyat Papua dalam Pemerataan Pembangunan

Jakarta-Rapat Paripurna DPR RI menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua. Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengatakan, dukungan…

Ilustrasi tenaga kerja konstruksi

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi guna meningkatkan kompetensi…

KSP Indosurya

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Sah! KSP Indosurya Berstatus Koperasi dalam Pengawasan Khusus

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan menetapkan KSP Indosurya dalam status Koperasi Dalam Pengawasan Khusus menyusul belum tuntasnya proses pembayaran kewajiban terhadap anggota serta…