Bahan Bakar Fosil Menipis, Kemen ESDM Kembangkan Energi Baru Terbarukan

Oleh : Ridwan | Jumat, 26 Mei 2017 - 09:09 WIB

Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)
Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Tingginya pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat ketersediaan bahan bakar fosil semakin menipis. Disisi lain, bahan bakar merupakan salah satu elemen yang menggerakkan industri transportasi dan industri lainnya.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana mengatakan, pemerintah saat ini terus menggencarkan upaya untuk mencari energi baru terbarukan yang diharapkan bisa menggantikan bahan bakar fosil sekaligus mendorong upaya konservasi energi tanpa menghambat kegiatan industri dan ekonomi.

"Kerjasama internasional mutlak dilaksanakan karena revolusi teknologi energi bersih merupakan keniscayaan global, serta kepercayaan internasional secara timbal balik di bidang energi menjadi hal yang tidak terelakkan lagi," ungkap Rida Mulyana melalui keterangan tertulisnya di Jakarta (26/5/2017).

Seperti diketahui sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian ESDM telah menyepakati kerjasama bidang energi baru, terbarukan dan konservasi energi (EBTKE) dengan Lithyania. Melalui kerjasama ini diharapkan dapat mendorong kerjasama bisnis Indonesia-Lithuania dalam bentuk proyek bersama, dialog kebijakan energi, alih teknologi, penelitian, hingga pengembangan.

"Energi baru terbarukan adalah suatu keharusan, dari sisi pemerintah kami berharap ada usulan program agar terjadi percepatan energi baru terbarukan di Indonesia," terangnya.

Sebagai bagian dari upaya untuk mendorong pemanfaatan energi abru terbarukan dan energi bersih, Kementerian ESDM bekerjasama dengan Masyarakat Energi terbarukan Indonesia (METI) akan kembali menyelenggarakan 'The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017 pada tanggal 13-15 September 2017'.

"Diharapkan dengan adanya Forum ini bisa memberi solusi dalam mencapai keberlanjutan energi dan kesejahteraan bagi masyarakat dunia khususnya Indonesia," tutup Rida

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.