Bahan Bakar Fosil Menipis, Kemen ESDM Kembangkan Energi Baru Terbarukan

Oleh : Ridwan | Jumat, 26 Mei 2017 - 09:09 WIB

Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)
Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Tingginya pemakaian Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat ketersediaan bahan bakar fosil semakin menipis. Disisi lain, bahan bakar merupakan salah satu elemen yang menggerakkan industri transportasi dan industri lainnya.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana mengatakan, pemerintah saat ini terus menggencarkan upaya untuk mencari energi baru terbarukan yang diharapkan bisa menggantikan bahan bakar fosil sekaligus mendorong upaya konservasi energi tanpa menghambat kegiatan industri dan ekonomi.

"Kerjasama internasional mutlak dilaksanakan karena revolusi teknologi energi bersih merupakan keniscayaan global, serta kepercayaan internasional secara timbal balik di bidang energi menjadi hal yang tidak terelakkan lagi," ungkap Rida Mulyana melalui keterangan tertulisnya di Jakarta (26/5/2017).

Seperti diketahui sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian ESDM telah menyepakati kerjasama bidang energi baru, terbarukan dan konservasi energi (EBTKE) dengan Lithyania. Melalui kerjasama ini diharapkan dapat mendorong kerjasama bisnis Indonesia-Lithuania dalam bentuk proyek bersama, dialog kebijakan energi, alih teknologi, penelitian, hingga pengembangan.

"Energi baru terbarukan adalah suatu keharusan, dari sisi pemerintah kami berharap ada usulan program agar terjadi percepatan energi baru terbarukan di Indonesia," terangnya.

Sebagai bagian dari upaya untuk mendorong pemanfaatan energi abru terbarukan dan energi bersih, Kementerian ESDM bekerjasama dengan Masyarakat Energi terbarukan Indonesia (METI) akan kembali menyelenggarakan 'The 6th Indonesia EBTKE ConEx 2017 pada tanggal 13-15 September 2017'.

"Diharapkan dengan adanya Forum ini bisa memberi solusi dalam mencapai keberlanjutan energi dan kesejahteraan bagi masyarakat dunia khususnya Indonesia," tutup Rida

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama Bank, BTN, Maryono, sedang memberikan kuliah umum di kampus Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/04/2019)

Rabu, 24 April 2019 - 22:38 WIB

Bank BTN Berharap Dunia Kampus dapat Beradaptasi dengan Teknologi Digital

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menilai dunia pendidikan perlu dibekali pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan…

Sriyono pengrajin kain pantai Sukoharjo yang mendunia

Rabu, 24 April 2019 - 22:09 WIB

Kisah Sukses Sriyono Pengrajin Kain Pantai Sukoharjo yang Mendunia

Di Kabupaten Sukoharjo banyak pelaku UMKM yang sukses membangun usahanya setelah mendapat pinjaman bunga lunak dari LPDB melalui BPR Kartarsura Makmur.

Hoshino Resorts Aomoriya

Rabu, 24 April 2019 - 22:00 WIB

Hoshino Resorts Aomoriya Terpilih Jadi Salah Satu dari 20 Ryokan Terbaik di Jepang

Perusahaan Manajemen Hotel, Hoshino Resorts melalui salah satu cabangnya, Hoshino Resorts Aomoriya, dinobatkan untuk pertama kalinya dalam "Top20 Ryokans in Japan by International Travelers…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meninjau pabrik Kaca Alat Farmasi dan Kesehatan PT Schott Igar Glass

Rabu, 24 April 2019 - 20:45 WIB

Industri Kaca Alat Farmasi dan Kesehatan Nasional Tambah Kapasitas Produksi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memacu pengembangan industri kaca untuk alat-alat farmasi dan kesehatan.

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meninjau pameran prosuk kerajinan di INACRAFT 2019

Rabu, 24 April 2019 - 20:15 WIB

Inacraft Targetkan Penjualan Capai Rp 146 Miliar

Menteri Perinduatrian Airlangga Hartarto menyebutkan, penyelenggaraan Inacraft tahun ini, menargetkan transaksi penjualan hingga Rp146 miliar.