UNESCO Ajak Masyarakat Dunia Serukan Perlindungan Situs Warisan Dunia di Afghanistan

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 19 Agustus 2021 - 14:00 WIB

Lembah Bamiyan, Afghanistan (Foto: getlost.id)
Lembah Bamiyan, Afghanistan (Foto: getlost.id)

INDUSTRY.co.id - Kondisi dan situasi Afghanistan yang kini diduduki oleh kelompok Taliban memicu UNESCO menyerukan kepada masyarakat dunia untuk melindungi situs warisan budaya di negara tersebut.

"Warisan yang kaya dan beragam di wilayah Afghanistan memiliki nilai luar biasa bagi umat manusia. Dan warisan ini harus dilestarikan," kata petugas pers UNESCO Thomas Mallard seperti dilansir dari laman Tass, Kamis (19/8/2021).

Menurt Mallard, adapun beberapa situs warisan dunia UNESCO yang terdapat di Afghanistan, seperti Museum Nasional Afghanistan di Kabul, Museum Seni Islam di Ghazni, menara dan situs arkeologi di Jam, serta lanskap budaya dan temuan arkeologi di Lembah Bamiyan.

"UNESCO mengikuti perkembangan di Afghanistan dan mengkoordinasikan tindakannya dengan lembaga mitra dalam sistem Organisasi PBB untuk memastikan keselamatan personel," tuturnya.

Para pakar di Perancis telah menyatakan ketakutan atas nasib monumen bersejarah Afghanistan. Pasalnya, pada 2001, Taliban pernah menghancurkan dua patung Buddha di bagian tengah negara itu. 

Patung bersejarah tersebut diukir di bebatuan pada abad ke-6 dan merupakan bagian dari biara-biara Buddha. Penghancuran monumen budaya mengejutkan masyarakat global dan sempat dikutuk pada saat itu.

Sebagai informasi menurut laporan saluran TV Al Arabiya para pejuang kelompok Taliban memasuki Kabul tanpa menghadapi perlawanan pada hari Minggu dan mulai menguasai gedung-gedung pemerintah. 

Bahkan, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani meninggalkan negara itu. Taliban kemudian mengumumkan bahwa mereka telah menguasai semua distrik di ibukota Afghanistan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Sabtu, 25 Juni 2022 - 03:07 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Mmainkan Peralatan Drumband Genderang Suling Canka

Gelar Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AD Tahun 2022 di Akademi Militer, Magelang tanggal 23-24 Juni 2022, memberikan kenangan terindah bagi ratusan peserta dan tamu undangan dalam kegiatan tersebut.

Iggi H Achsien ditunjuk sebagai komisaris utama Bank Muamalat menggantikan Ilham Akbar Habibie yang mengundurkan diri.

Jumat, 24 Juni 2022 - 20:26 WIB

Iggi Haruman Achsien Diangkat Sebagai Komisaris Utama Bank Muamalat

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk mengangkat Iggi Haruman Achsien diangkat sebagai komisaris utama.

Corporate Secretary PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Gunawan Arif Hartoyo (kiri) bersama perwakilan industri jasa keuangan (IJK) serentak menanam 20.000 Pohon Bakau yang di inisiasi Oleh Otoritas Jasa Keuangan dan seluruh Industri Jasa Keuangan dalam rangka Pembangunan Keuangan Berkelanjutan di Bali.

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:55 WIB

BSI Bersama Industri Jasa Keuangan dan OJK Tanam 20.000 Pohon Bakau di Pesisir Pantai Bali

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus mendorong pembangunan keuangan berkelanjutan sebagai salah satu komitmen perseroan dalam mengimplementasikan tanggung jawab sosial dan lingkungan di…

GeoffreyYu Director Channel Sales Hikvision dan Michael Hardinata Wirawan President Director, PT Graha Anugrah Elektrindo

Jumat, 24 Juni 2022 - 19:20 WIB

Jalin Kerjasama, PT. Graha Anugrah Elektrindo Dipercaya Menjadi Distributor Resmi Hikvision

Perusahaan distributor perangkat mekanikal dan elektrikal, PT. Graha Anugrah Elektrindo mengumumkan kerjasama bisnis dengan Hikvision, pelopor solusi sistem keamanan dan IOT terkemuka di dunia,…