Penjualan Produk Melejit Selama PPKM, Victoria Care Indonesia Bukukan Pertumbuhan Signifikan

Oleh : Hariyanto | Rabu, 18 Agustus 2021 - 13:05 WIB

Produksi produk di pabrik Victoria Care Indonesia
Produksi produk di pabrik Victoria Care Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta  – Ditengah pandemi Covid-19 serta pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), perusahaan manufaktur kosmetik, PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) terus menjaga momentum peningkatan kinerja yang solid dengan menorehkan pencapaian kinerja positif pada semester pertama 2021.

Meski Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berdampak pada distribusi VICI, perusahaan tetap mampu menerapkan strategi usaha berkesinambungan secara konsisten. Hal tersebut tercermin dari pertumbuhan penjualan produk-produk kesehatan dan ragam pencapaian positif lainnya.

"Meskipun keadaan perekonomian Indonesia belum kembali seperti pra-pandemi, namun kinerja PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) membuktikan bahwa dengan strategi bisnis yang kami jalankan dan dukungan para konsumen kami, membuat perusahaan mampu mencetak hasil yang memuaskan di tengah tahun 2021. Kami berharap dapat terus mendukung ekosistem manufaktur, khususnya perawatan tubuh dan antiseptik serta perawatan rambut Indonesia menuju ke arah yang lebih kuat," kata Billy Hartono Salim, CEO PT Victoria Care Indonesia Tbk yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (18/7/2021).

Dampak pandemi yang berkelanjutan terhadap pemulihan perekonomian domestik menjadi tantangan yang cukup signifikan bagi industri dalam mencapai target pertumbuhan.

Namun demikian, selama PPKM darurat, penjualan produk-produk kesehatan PT Victoria Care Indonesia Tbk, yang dimotori oleh brand  hand sanitizer Secret Clean, justru mengalami lonjakan tinggi. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan sebesar 74% pada Juli 2021.

Selain produk kesehatan dan antiseptik, kategori lain seperti produk pewarna dan perawatan rambut turut mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Billy merinci bahwa produk Miranda tumbuh 17%.

Pencapaian positif ini juga diikuti oleh Nuface yang tumbuh hingga 24%, produk CBD Professional yang mengalami kenaikan hingga 185%, kemudian Miranda Professional turut tumbuh 68%.

Peningkatan tersebut membuktikan bahwa berkat inovasi produk dan strategi yang tepat membuat perusahaan mampu menyediakan produk-produk yang tetap mudah untuk digunakan secara mandiri di rumah, beberapa di antaranya adalah Nuface Eye Brows, Nuface Nu Matte Lip Cream, dan lainnya.

Pada semester 1 ini, produk perawatan tubuh Herborist masih belum bisa mencapai angka revenue yang ditetapkan. Selain itu, penjualan ekspor Perseroan juga mengalami minus pertumbuhan sebesar -83% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19 yang masih belum menunjukkan tren penurunan kasus yang signifikan di negara-negara tujuan ekspor Perseroan.
 
Billy menambahkan, pembatasan kegiatan yang diberlakukan juga membuat akselerasi pembelanjaan masyarakat yang lebih memilih untuk belanja secara daring. Hal tersebut tentunya dibuktikan dengan peningkatan penjualan di platform dagang elektronik (e-commerce) sebanyak 327% pada semester  pertama 2021 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Dalam laporan keuangan, terjadi penurunan beban pokok penjualan 2,59% dari Rp272,4 miliar di semester 1 2020, menjadi Rp265,5 miliar di semester 1 tahun 2021. Penjualan netto mengalami penurunan sebesar 2,43% dari Rp533,8 miliar semester 1 tahun 2020, menjadi Rp521,1 milyar di semester 1 2021. Dan laba kotor perseroan turun sebasar 2,28% dari Rp261,4 miliar semester 1 2020, menjadi Rp255,6 miliar semester 1 2021.

Melihat pertumbuhan yang kian positif ini membuat Perseroan makin optimis untuk mempertahankan target pertumbuhan dua digit pada 2021. Adapun, untuk mencapainya, Perseroan akan tetap menggenjot penjualan produk antiseptik di saat PPKM. Hal ini juga didorong kasus positif COVID-19 yang masih tinggi di Indonesia.

Ke depannya, dalam waktu dekat perusahaan akan meluncurkan banyak produk baru, seperti Miranda hair color dengan warna-warna baru, Nuface yang akan meluncurkan produk perawatan wajah untuk melengkapi produknya di pasaran, serta CBD Professional yang akan meluncurkan produk perawatan rambut untuk melengkapi rangkaian yang sudah ada.
 
Menanggapi dampak pandemi Covid-19 yang terus berlanjut terhadap masyarakat Indonesia, VICI berkomitmen akan terus meluncurkan inovasi baru untuk mendukung kebutuhan pelanggan, karyawan, dan masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Teh Hijau (ist)

Senin, 25 Oktober 2021 - 12:05 WIB

Apakah Minum Teh Hijau dapat Meningkatkan Kualitas Tidur? Ini Kata Ahli

Umumnya banyak orang memilih untuk minum segelas air putih atau susu sebelum tidur, tetapi coba deh untuk sesekali minum teh hijau sebelum tidur. Sebab, ada banyak manfaat yang kamu dapatkan…

Ronald Cassidy (kanan) Direktur Collins Boulevard berfoto bersama Daniel Moeis (kanan), Direktur Marketing Communication Collins Boulevard

Senin, 25 Oktober 2021 - 12:00 WIB

The Scott, Collins Boulevard dari Triniti Land Ramaikan Sektor Properti Nasional

Unit 1 BR creative merupakan unit yang didedikasikan sebagai hunian pasca pandemi yang mengutamakan kenyamanan bekerja dengan mengedepankan konsep convertible residence

Ulang tahun ke-65 SUCOFINDO

Senin, 25 Oktober 2021 - 11:48 WIB

Di Ulang Tahunya yang ke-65, Menteri BUMN Erick Thohir Sebut SUCOFINDO Mampu Jawab Segala Tantangan Zaman

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir optimis  bahwa PT SUCOFINDO (Persero) mampu menjawab dan adaptif menghadapi segala tantangan zaman.

Webinar Kadin Indonesia

Senin, 25 Oktober 2021 - 11:33 WIB

Kadin Harapkan Pengusaha Nasional Lebih Tanggap Terhadap Resiko Bencana 

Tingkat ancaman bencana alam di Indonesia yang cukup tinggi turut berdampak pada iklim kegiatan usaha. Para pelaku usaha diharapkan mampu beradaptasi dan cepat tanggap terhadap risiko bencana…

Team Arawinda Agency

Senin, 25 Oktober 2021 - 11:30 WIB

Rahasia Arawinda Agency Tetap Eksis Melawan Pandemi

Arawinda Agency fokus pada penyediaan jasa pembuatan campaign concept and strategy, creative designs, social media / digital activities and offline maupun virtual events dan berbagai kegiatan…