Bandara Internasional Hamad di Qatar Geser Changi Sebagai Bandara Terbaik di Dunia 2021

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 11 Agustus 2021 - 10:30 WIB

 Bandara Internasional Hamad (HIA) di Doha, Qatar (Foto: Instagram/@hiaqatar)
Bandara Internasional Hamad (HIA) di Doha, Qatar (Foto: Instagram/@hiaqatar)

INDUSTRY.co.id - Selama bertahun-tahun, akhirnya Bandara Internasional Hamad (HIA) di Doha, Qatar menggeser Bandara Changi Singapura sebagai Bandara Terbaik di Dunia Skytrax Annual World Airport Awards.

Dilansir dari laman Times of India, Rabu (11/8/2021), penghargaan bergengsi tersebut Bandara Hamad Doha, telah dianugerahi peringkat satu pada 2021 dalam kategori "Bandara Terbaik Dunia". Sebelumnya, pada 2020 tepat di masa pandemi Bandara Hamad Doha berada di peringkat ketiga, namun kini bandara tersebut menunjukkan sisi terbaiknya.

Kini, pada 2021 Changi menempati posisi ketiga yang mungkin pencapaian prestasi untuk bandara lain. 

Dalam sebuah pernyataan, Edward Plaisted dari Skytrax mengatakan, karena pusat perjalanan di seluruh dunia telah terkena dampak pandemi, Bandara Internasional Hamad tidak terpengaruh oleh gangguan perjalanan global dan dilanjutkan dengan rencana ekspansinya sambil memperkenalkan standar kesehatan dan keselamatan bandara tambahan.

"Sekarang Doha bersiap untuk menjadi tuan rumah acara olahraga paling bergengsi, Piala Dunia FIFA pada 2022," jelasnya.

Menurut laporan, Bandara Internasional Hamad Doha juga sedang mengalami beberapa perubahan baru menjelang acara. kapasitas tahunannya akan ditingkatkan menjadi 53 juta penumpang. Juga terdapat sebuah taman tropis setinggi 110 ribu kaki persegi bersama dengan air terjun setinggi 900 kaki juga sedang dibangun di bandara.

Sementara itu, Bandara Changi mengantongi gelar Staf Bandara Terbaik Dunia dan Staf Bandara Terbaik di Asia. Selama acara berlangsung, Skytrax juga berbicara tentang pencapaian Bandara Istanbul. Tahun lalu, bandara berada di posisi ke-102 tetapi tahun ini, secara mengejutkan, Istanbul berada di posisi ke-17, sebagai bandara yang paling ditingkatkan di dunia.

Penghargaan Bandara Dunia dipilih oleh pelanggan dalam survei kepuasan bandara global yang dilakukan dari Agustus 2020 hingga Juli 2021.

Berikut daftar lengkap 10 besar kategori "Bandara Terbaik Dunia":
1. Bandara Internasional Hamad (HIA)
2. Bandara Haneda Tokyo (HND)
3. Bandara Changi Singapura (SIN)
4. Bandara Internasional Incheon (ICN)
5. Bandara Narita Tokyo (NRT)
6. Bandara Munich (MUC)
7. Bandara Zurich (ZRH)
8. Bandara London Heathrow (LHR)
9. Bandara Internasional Kansai (KIX)
10. Bandara Internasional Hong Kong (HKG)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Daging Ayam yang dijual di Pasar

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:14 WIB

Singapura Setuju Impor Daging Ayam dari Indonesia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, Singapura melalui Badan Pangan Singapura atau Singapura Food Agency (SFA) telah menyetujui Indonesia sebagai sumber baru impor ayam…