Thailand Larang Wisatawan Gunakan Tabir Surya di Pantai, Kenapa Ya?

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 10 Agustus 2021 - 14:15 WIB

Maya Bay, Thailand (Foto: activityfan.com)
Maya Bay, Thailand (Foto: activityfan.com)

INDUSTRY.co.id - Sejak 3 Agustus 2021 yang diumumkan di Royal Gazzete terdapat sebuah proposal terbaru yang menyatakan peraturan bahwa wisatawan asing yang berpergian dan berlibur ke pantai di Thailand.

Dilansir dari laman sea.mashable, Selasa (10/8/2021), peraturan yang ditulis pada proposal tersebut adalah pelarangan penggunaan tabir surya berbahan kimia tertentu di taman nasional Thailand. Pemerintah Thailand mengesahkan proposal tersebut sebagai langkah perlindungan, untuk melestarikan terumbu karangnya. 

Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional di Departemen Perdagangan Amerika Serikat, bahan kimia tabir surya dapat berdampak pada kehidupan laut dengan berbagai cara.

Tabir surya berbahan kimia terbukti dapat membahayakn karang, seperti menginduksi pemutihan karang, yang dapat merusak DNA mereka, merusak karang muda, dan bahkan membunuh mereka.

Agar lebih spesifik, tabir surya apa pun yang mengandung Oxybenzone, Octinoxate, 4-Methylbenzyl, dan Butylparaben dilarang karena terbukti berbahan kimia. Peraturan tersebut dikarankan tabir surya yang diterapkan pada kulit bisa masuk ke dalam air. Wisatawan asing juga dilarang menggunakan tabir surya aerosol, karena residunya bisa jatuh ke pasir dan kemudian masuk ke dalam air.

Masalahnya, tidak hanya karang saja ternyata senyawa kimia tersebut juga ditemukan dan mempengaruhi ekosistem ganggang hijau, landak laut, kerang, ikan, dan bahkan lumba-lumba. 

Namun, penting sekali salah satu alternatif yang lebih nyaman untuk tabir surya yang diberi label'reef-safe' atau bebas bahan kimia. Tabir surya alternatif ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya, tetapi masih memberikan perlindungan yang cukup untuk kulit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya. foto: Tribratanews.polri.go.id

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:13 WIB

Bareskrim Polri Komitmen Tuntaskan Kasus Penipuan Investasi KSP Indosurya

Jakarta-Kepala Bareskrim Polri Komjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, S.H., M.H., menegaskan pihak kepolisian komitmen menuntaskan kasus penipuan Investasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya.

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…