PT. BNM Optimalkan Sarana dan Pelayanan Terkait Konsumsi Batubara Diproyeksi Meningkat

Oleh : Herry Barus | Senin, 09 Agustus 2021 - 11:55 WIB

Lokasi Pelabuhan PT. Batulicin Nusantara Maritim (BNM)
Lokasi Pelabuhan PT. Batulicin Nusantara Maritim (BNM)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memprediksi bahwa konsumsi energi fosil seperti gas alam dan batubara akan diperkirakan masih tinggi hingga tahun 2035 yang akan datang. Fakta ini juga didukung oleh proyeksi dari International Energy Agency (IEA) dan International Renewable Energy Agency (IRENA). Tingginya tingkat konsumsi ini akan datang dari sektor transportasi dan industri yang masing-masing akan mengalami kenaikan konsumsi hingga di tahun 2040 dan 2035 mendatang.

Tingginya tingkat konsumsi dan ditambah kenaikan harga batubara baru-baru ini membuat banyak perusahaan tambang batubara dan perusahaan supporting lainnya berupaya untuk memaksimalkan kinerja dan produktivitas agar memperoleh keuntungan yang lebih besar lagi.

Direktur PT. BNM, Yuliana mengungkapkan tak terkecuali dari PT. Batulicin Nusantara Maritim (BNM) yang merupakan salah satu perusahaan di bidang pengangkutan batubara melalui laut dan sungai untuk memanfaatkan peluang ini. Dan keadaan komoditi batubara yang saat ini “naik panggung” menjadi motivasi dan juga tantangan bagi PT. BNM.

“Sebagai negara yang kaya akan sumber daya mineral dan terletak di ekosistem maritim, pendistribusian batubara tentu tidak cukup apabila mengandalkan transportasi darat saja. Justru transportasi moda laut menjadi hal vital yang harus dipenuhi agar proses distribusi tersebut dapat berjalan secara cepat dan lebih merata,” ungkap Yuliana akhir pekan lalu.

Yuliana juga menyampaikan bahwa guna memaksimalkan nilai ekonomi dari sektor pertambangan batubara, faktor lain yang  perlu disorot oleh pengusaha tambang adalah keandalan transportasi batubara itu sendiri.

Sebagai informasi, Batulicin Nusantara Maritim dimiliki oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI), Mardani H. Maming dan Ketua Umum HIPMI Jawa Timur, Rois Sunandar Maming.  Untuk menunjang bisnisnya, saat ini Batulicin Nusantara Maritim memiliki 16 armada transportasi pelayaran, yang terdiri dari 15 set tugboat dan tongkang dan 1 kapal landing craft.

“Saat ini PT. BNM telah memiliki kurang lebih 15 set tugboat dan  tongkang yang semuanya sudah dipastikan aman dan andal untuk dioperasikan. Guna menunjang kinerja, perusahaan kami juga memiliki Landing Craft Tank, yakni semacam kapal yang digunakan untuk transportasi di laut dan perairan dangkal ,” ujar Yuliana.

Yuliana menambahkan yang harus menjadi perhatian perusahaan tambang yang hendak mengoptimalkan proses distribusi antar pulau dapat menyewa kapal khusus untuk tambang dari perusahaan yang berfokus pada transportasi moda laut, seperti PT. BNM ini.

"Dengan adanya ketersediaan sumberdaya transportasi moda laut yang lengkap dari PT. BNM ini saya rasa bisa mengoptimalkan rantai produksi hingga distribusi sumberdaya batubara di Indonesia dan secara tidak langsung dapat memberikan nilai ekonomi lebih bagi perusahaan tambang dan pendapatan negara," tutup Yuliana.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.