Ekonomi RI Melejit 7,07%, Pengusaha Pribumi: Ini Diluar Prediksi Kita...

Oleh : Ridwan | Sabtu, 07 Agustus 2021 - 13:56 WIB

Ketua Umum DPP HIPPI DKI Jakarta Sarman Simanjorang
Ketua Umum DPP HIPPI DKI Jakarta Sarman Simanjorang

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dunia usaha merespon positif pertumbuhan ekonomi Indonesia yang melejit tajam sebesar 7,07 persen di kuartal II-2021.

"Kenaikan pertumbuhan ekonomi ini memang di luar prediksi kita, apalagi menembus angka 7% sebagaimana yang ditargetkan pemerintah," kata Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) DKI Jakarta, Sarman Simanjorang kepada INDUSTRY.co.id di Jakarta, Sabtu (7/8/2021).

Dijelaska Sarman, kondisi ekonomi seperti ini memang kerap terjadi, dimana ketika pertumbuhan ekonomi suatu negara dalam satu tahun terkontraksi alias minus, dalam tahun berikutnya bisa langsung cepat melejit, walaupun kualitas pertumbuhannya tidak sama saat kondisi normal.

Menurutnya, hal seperti ini pernah terjadi di Amerika Serikat (AS) dan China, dimana pertumbuhan ekonomi AS tahun 2020 minus 3,5% dan Tiongkok minus 6,8% di kuartal I-2020. Tetapi di kuartal II-2021, pertumbuhan ekonomi AS naik tajam swbesar 12,20%, sedangkan China melejit sampai 18,3%.

"Pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2021 ini dipacu geliat geliat ekonomi menjelang lebaran yang sudah sempat bergairah, serta komitmen pengusaha yang membayar THR secara penuh memberikn andil besar atas pencapaian ini, dimana konsumsi rumah tangga sempat tumbuh positif," terangnya.

"Kita akui sekalipun pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 ini naik signifikan yang membawa kita keluar dari zona resesi tapi kualitas pertumbuhannya tidak sama dikala kita dalam situasi normal," sambung Sarman.

Dikatakan Sarman, pertumbuhan ekonomi yang berkualitas memiliki dua indikator yang jelas, pertama setiap pertumbuhan ekonomi 1% akan mampu menyediakan lapangan pekerjaan dikisaran 250-500 ribu, kemudian indikator yang kedua adalah mampu mengurangi angka kemiskinan.

"Dengan memperhatikan realita yang ada dimana saat ini berdasarkan data BPS, angka pengangguran hampir menembus 9,77 juta atau sekitar 7,07%, demikian juga dengan angka kemiskinan. Bertambahnya angka pengangguran, memicu naiknya jumlah penduduk miskin yang mencapai 10,19%, namun dengan naiknya pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 tidak berpengaruh terhadap penciptaan lapangan pekerjaan dan menurunnya angka kemiskinan," papar Sarman.

"Pelaku usaha tentu berharap agar kedepan bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkualitas yang mampu mempengaruhi terhadap indikator tersebut diatas termasuk indeks kepuasan masyarakat," sambungnya.

Namun, harus diakui pertumbuhan ekonomi di kuartam II-2021 ini minimal memberikan efek psikologis kepada pelaku usaha bahwa Indonesia sudah mampu keluar dari resesi ekonomi.

"Selain itu juga dapat memacu rasa optimisme bahwa ekonomi akan cepat pulih dan akan bangkit kembali menuju pertumbuhan ekoomi yang lebih berkualitas," tutup Sarman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erwin Aksa Peduli

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:00 WIB

Sosialisasi Airlangga Hartarto Sebagai Capres Partai Golkar, Komunitas Erwin Aksa Peduli Lakukan Penggalangan Melalui EKTA

Mesin politik Partai Golkar mulai bergerak di berbagai tingkatan, tidak terkecuali Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa. Ia mengaktifasi serta…

Dirjen Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:50 WIB

Mantap! Realisasi Investasi Industri Mamin Tembus Rp19,17 Triliun Sepanjang Triwulan I-2022

Ditinjau dari sisi perdagangan internasional, ekspor produk mamin sampai triwulan I-2022 menembus USD10,92 miliar (termasuk minyak kelapa sawit), dan mengalami neraca perdagangan yang positif…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:33 WIB

Mari Vote Anggawira untuk Ketua Umum HIPMI 2022-2025!

HIPMI sebagai perhimpunan pengusaha muda akan mencari nakhoda baru di 17 September 2022. Tantangan jaman menuntut pengusaha muda kita untuk berinovasi dan berkolaborasi, dua hal yang tentu dimiliki…

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…