Arslantepe, Situs Arkeologi di Turki Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 05 Agustus 2021 - 10:30 WIB

Arslantepe Mound, Turki (dailysabah.com)
Arslantepe Mound, Turki (dailysabah.com)

INDUSTRY.co.id - Arslantepe Mound yang merupakan sebuah gundukan arekologi setinggi 30 meter terletak di tenggara Turki berusia sekitar 8.000 yang kini telah ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Dilansir dari laman Times of India, Kamis (4/8/2021), pengumuman tersebut diambil selama sesi online Komite Warisan Dunia UNESCO ke-44 di Fuzhou, China. UNESCO mengatakan bahwa Arslantepe Mound adalah salah satu situs keagamaan, dan sipil paling awal di Turki.

"Situs arkeologi Arslantepe terletak di Turki Tenggara di dataran Malatya, 5 kilometer dari pusat kota dan 15 km dari Sungai Efrat," kata sebuah pernyataan oleh UNESCO.

"Malatya hanya berjarak satu jam penerbangan dari Istanbul. Ini adalah gundukan arkeologi setinggi 4 hektar dan 30 meter yang mendominasi dataran dan dibentuk oleh superimposisi. pemukiman selama ribuan tahun, dari setidaknya milenium ke-6 SM hingga periode Romawi akhir," kata UNESCO.

Dengan penambahan Gundukan Arslantepe, Turki kini jumlah situs dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO mencapai 19. Gundukan ini terletak di kota kuno di Sungai Tohma, dan tempat tinggal paling awal berasal dari Periode Chalcolithic. Arslantepe, atau disebut "Lion Hill" (bukit singa) dalam bahasa Inggris, telah masuk dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO sejak 2014.

Arslantepe Mound banyak barang bersejarah menarik telah digali dari wilayah ini. Benda logam, dan bahkan senjata telah ditemukan di sini termasuk beberapa pedang paling awal yang dikenal oleh umat manusia.

Wilayah ini dikatakan telah diduduki selama Perunggu Awal, Perunggu Akhir, dan serta Zaman Besi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peluncuran aplikasi MEDITECH+

Kamis, 07 Juli 2022 - 22:35 WIB

MEDITECH+, Aplikasi Berbasis Kecerdasan di Industri Kesehatan Buatan Anak Bangsa Resmi Dirilis

PT Meditech Limasindo Plus, perusahaan teknologi kreatif di balik pengembangan aplikasi khusus berbasis kecerdasan buatan, bagi institusi yang bergerak di bidang kesehatan, MEDITECH+, hari ini…

Kegiatan operasional Antam

Kamis, 07 Juli 2022 - 20:39 WIB

Antam Catatkan Zero Fatality

PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) anggota MIND ID - BUMN Holding Industri Pertambangan kembali berhasil mencatatkan zero fatality di lingkungan kerja selama semester pertama…

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…