BREAKING NEWS: Virus Covid-19 dari Lab Wuhan di China! AS: Kami Yakin Virus Itu Bocor Sekitar Akhir Agustus 2019

Oleh : Candra Mata | Selasa, 03 Agustus 2021 - 18:40 WIB

Wuhan Institute of Virology (foto - Reuters)
Wuhan Institute of Virology (foto - Reuters)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Laporan mengejutkan dirilis oleh Partai Republik Amerika Serikat (AS) pada hari ini. Dimana dalam laporannya menyimpulkan bahwa virus corona SARS-CoV-2 penyebab pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia merupakan virus yang bocor dari laboratorium China di Wuhan. 

Laporan dalam kongres tersebut mengatakan "Lebih Banyak Bukti" mendukung kebocoran Laboratorium COVID Wuhan pada September 2019.

Laporan setebal 84 halaman itu menunjukkan semua jalan mengarah ke Institut Virologi Wuhan, yang telah menjadi pusat kontroversi covid selama setahun terakhir.

“Kami yakin virus itu bocor sekitar akhir Agustus atau awal September 2019,” kata Rep. Michael McCaul, pemimpin republik di Komite Urusan Luar Negeri DPR Amerika Serikat (AS) seperti dikutip dari New York Post pada Selasa (3/8/2021).

“Ketika mereka menyadari apa yang terjadi, pejabat dan ilmuwan Partai Komunis Tiongkok (PKT) di WIV mulai panik dengan menutupi kebocoran tersebut, termasuk membuat database virus mereka offline di tengah malam dan meminta lebih dari $ 1 juta untuk keamanan tambahan,” lanjutnya. 

Tetapi, menurutnya, penutupan mereka sudah terlambat karena virus sudah menyebar ke seluruh kota besar Wuhan.

Selain itu, dalam laporan itu juga mengungkapkan permintaan yang sebelumnya tidak diketahui pada Juli 2019 untuk perbaikan sistem pengolahan limbah berbahaya senilai $1,5 juta untuk fasilitas tersebut.

Meskipun sudah berusia dua tahun, menurut laporan yang dilansir dari New York Post, permintaan tersebut termasuk pemeliharaan pada sistem desinfeksi udara lingkungan dan sistem pengolahan limbah berbahaya.

Selain itu, diungkapkannya berdasarkan intelijen satelit menunjukkan bahwa rumah sakit di sekitar lab Wuhan menerima masuknya pasien yang luar biasa tinggi pada bulan September 2019.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa Mayor Jenderal PLA Chen Wei, seorang ahli dalam biologi dan pertahanan senjata kimia, dikerahkan untuk mengambil alih laboratorium pada Januari 2020, jika bukan akhir 2019, menunjukkan bahwa PKT prihatin dengan aktivitas yang terjadi di sana. 

"Saat berita tentang virus itu menyebar. Ini menimbulkan pertanyaan yang jelas mengapa dia...akan berbohong tentang peneliti militer yang bekerja dengan WIV,” kata laporan itu seperti diungkap McCaul.

Ini menunjukkan bahwa penyangkalannya dan penghapusan situs web tampaknya merupakan upaya nyata untuk mengaburkan keterlibatan PLA dengan WIV. 

"Ini adalah penyamaran terbesar sepanjang masa dan telah menyebabkan kematian lebih dari empat juta orang di seluruh dunia, dan orang-orang harus bertanggung jawab," kata McCaul.

"Kami mendesak penyelidikan bipartisan tentang asal-usul pandemi COVID-19 yang telah menewaskan 4,4 juta orang di seluruh dunia," tandasnya.

Sementara itu, Pemerintah China telah berkali-kali menyangkal semua tuduhan yang dialamatkan AS bahwa virus corona yang dimodifikasi secara genetik bocor dari fasilitas di Wuhan, tempat kasus COVID-19 pertama terdeteksi pada 2019.

Bahkan, Beijing juga membantah tuduhan dari berbagai pihak soal menutup-nutupi kemunculan virus tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aplikasi Media Sosial (Ist)

Rabu, 22 September 2021 - 15:50 WIB

5 Hal yang Perlu diketahui Sebelum Posting di Medsos

Dari 275 penduduk Indonesia, sebanyak 202,6 juta telah menggunakan internet dengan 170 juta di antarany telah aktif di media sosial. Hal yang mengagetkan, jumlah gadget atau perangkat mobile…

KemenkopUKM jalin kerja sama dengan Kementerian UKM dan Startup Korea

Rabu, 22 September 2021 - 15:30 WIB

Dorong Startup Naik Kelas, KemenkopUKM Gandeng Kementerian UKM dan Startup Korea

Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia bersama dengan Ministry of SMEs and Start-up Korea dan ASEM SMEs Eco-Innovation Center (ASEIC) bekerjasama dalam Ecothon Indonesia 2021.

Menparekraf Sandiaga Uno

Rabu, 22 September 2021 - 15:15 WIB

Luar Biasa! Bangun Pariwisata Indonesia, Sandiaga Uno Sukses Datangkan Investasi Capai Rp6,9 Triliun

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, memastikan investasi masih tetap mengalir ke sektor pariwisata.

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Rabu, 22 September 2021 - 15:05 WIB

Ancaman Kejahatan Siber dan Perlindungan Korbannya di UU ITE

Kejahatan siber yang menargetkan komputer, internet, jaringan, dan teknologi merupakan segala kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan sarana, sistem dan jaringan komputer seperti perdagangan…

Tanaman jagung

Rabu, 22 September 2021 - 15:01 WIB

Stok Jagung Ada, Segera Perbaiki Tata Kelola Perdagangan dan Jalur Distribusi

Direktur Rumah Ekonomi Rakyat Taufik Amrullah mendukung penuh upaya pemerintah dalam melakukan pemulihan ekonomi nasional termasuk yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian dalam menjaga produksi…