Indosat Ooredoo Perkuat Jaringan Jelang Ramadhan-Lebaran
Oleh : Herry Barus | Rabu, 24 Mei 2017 - 10:10 WIB
Indosat
INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indosat Ooredoo memperkuat jaringan untuk data, telepon, maupun SMS sebagai upaya melayani kebutuhan komunikasi pelanggan selama Ramadhan hingga Lebaran agar pada saat momen tersebut tidak ada gangguan.
"Perusahaan juga melakukan pemantauan jaringan telekomunikasi secara nasional melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) yang beroperasi 24 jam dalam tujuh hari," kata Group Head Network Operations Indosat Ooredoo Umar Hadi dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (24/5/2017)
Dikatakan, mendekati hari H Lebaran, Indosat Ooredoo akan mengaktifkan "Command Center" yang melakukan pemantauan kualitas jaringan secara lebih intensif untuk menjaga kenyamanan pelanggan berkomunikasi dengan sanak keluarga.
Setiap tahunnya Ramadhan dan Lebaran merupakan momen yang selalu ditunggu oleh masyarakat Indonesia, yang pada saat itu kebutuhan berkomunikasi menjadi lebih tinggi dari biasanya, sehingga perusahaan menyiapkan jaringan kami untuk menghadapi potensi lonjakan trafik telekomunikasi tersebut.
Peningkatan kapasitas untuk data, telepon, maupun SMS serta pemantauan kualitas jaringan yang intensif melalui i-NOC dilakukan agar pelanggan dan masyarakat mendapatkan pengalaman terbaik dalam berkomunikasi sehingga dapat bersilaturahim dengan kerabat dan keluarga secara nyaman dan lancar.
Indosat Ooredoo memperkirakan kenaikan trafik telekomunikasi selama Ramadhan dan Lebaran 2017 untuk layanan data akan meningkat 69 persen dibandingkan trafik reguler harian seiring dengan meningkatnya tren penggunaan media sosial.
Layanan telepon diperkirakan meningkat delapan persen dibandingkan puncak trafik saat Lebaran tahun lalu. Sementara itu, trafik SMS diramalkan turun empat persen dari penggunaan reguler harian.
Menghadapi masa peningkatan trafik telekomunikasi selama Ramadhan dan Lebaran 2017, kapasitas jaringan Indosat Ooredoo telah ditingkatkan antara lain 7.344 Terabyte per hari untuk kapasitas data, trafik suara menjadi 37,5 juta Erlang per hari, dan untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,9 Miliar SMS per hari.
Peningkatan kapasitas ini disiapkan untuk 85,7 juta pelanggan Indosat Ooredoo yang didukung dengan total 56.483 BTS secara nasional.
Perusahaan juga melakukan uji kesiapan jaringan baik itu secara mandiri maupun bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika di sepanjang jalur dan kota tujuan mudik untuk memastikan kondisi jaringan siap terhadap potensi lonjakan trafik.
Selain kesiapan kapasitas jaringan, perusahaan juga memastikan jaringan selama Ramadhan dan Mudik Lebaran dalam performansi prima yang dipantau dan dikendalikan dari Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai Command Centre.
Command Center akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa Mudik Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring bahkan sebelum sebuah gangguan berimbas bagi pelanggan, dan secara reaktif melalui tim Customer Service sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan sesegera mungkin
Komentar Berita