Duh, Gara-Gara Sentuh Anjing Laut Terancam Punah, Turis Ini Denda Rp7 Juta

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 03 Agustus 2021 - 12:30 WIB

Anjing Laut Biksu di Hawaii (Ist)
Anjing Laut Biksu di Hawaii (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pasangan turis yang sedang berbulan madu di Hawaii didenda 500 dolar AS atau sekitar Rp7,1 juta oleh agen federal karena menyentuh spesies anjing laut biksu yang terancam punah di Hawaii setelah mereka memposting foto mereka di media sosial. 

Menurut Honolulu Star-Advertiser melaporkan bahwa National Oceanic and Atmospheric Administration's (NOAA) Office of Law Enforcement meluncurkan penyelidikan atas insiden yang melibatkan anjing laut biksu Hawaii setelah video muncul secara online. 

Keduanya diketahui melanggar Undang-Undang Spesies Terancam Punah. NOAA mengatakan, terdapat segel dilindungi oleh hukum negara bagian dan federal dan menyarankan untuk melihatnya dari jarak sekitar 50 kaki.

Dilansir dari laman Travel and Leisure, pelanggaran tersebut diposting di TikTok pada 7 Juni oleh seorang wanita Louisiana yang sedang berbulan madu di pantai Kauai setelah menikah di Maui, Hawaii. Dia terlihat berpose di samping anjing laut, dan ketika dia menyentuh anjing lautnya, mamalia itu langsung memberontak.

Dalam laporan tersebut mengatakan bahwa suaminya, Stephen, meminta maaf atas perilakunya dan mengatakan mereka akan membayar denda karena mereka adalah penggemar berat Hawaii dan tidak bermaksud membahayakan. 

Secara terpisah, seorang turis bernama Alex Magala memposting video Instagram tentang dirinya bertemu dengan anjing laut biksu dari perjalanannya pada Mei 2021. Makhluk laut itu membentak ekornya setelah dia menyentuhnya, dan ketika dia mendekati lagi, ia menggonggong dan berenang ke laut.

"Saya baru tahu bahwa saya melakukan hal yang salah. Saya menyentuh anjing laut berbaring dan tidak menyadari bahwa itu langkah yang tidak sopan dari sisi saya, terutama ketika saya menjadi tamu di tempat baru," katanya.

Dia melanjutkan untuk menjelaskan bahwa dia berpikir makhluk itu sudah mati dan ingin melihatnya lebih dekat dan berusaha menenangkannya. 

NOAA mengatakan untuk tetap berada di belakang tanda-tanda atau penghalang ketika melihat anjing laut biksu Hawaii.

Saat ini, ada sekitar 1.400 anjing laut biksu yang tersisa, dengan sekitar 1.100 di pulau-pulau barat laut Hawaii dan 300 di pulau-pulau utama. Populasi telah menurun selama 60 tahun, tetapi upaya pemulihan baru-baru ini telah menyebabkan sedikit peningkatan. Namun, NOAA mengatakan mereka dianggap salah satu spesies anjing laut paling terancam punah di dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…