Kabar Gembira! Menparekraf Sandiaga Uno Salurkan Beasiswa untuk Anak Pedagang Kecil Tahap I

Oleh : Ridwan | Minggu, 01 Agustus 2021 - 10:01 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bersama dengan KAHMI Preneur menyalurkan bantuan beasiswa untuk anak pedagang kecil tahap I secara virtual, pada Sabtu (31/7/2021).

Upaya tersebut diharapkan mampu membantu meringankan beban orang tua yang berprofesi sebagai pedagang kaki lima, yang sangat terdampak akibat pandemi COVID-19.

Bantuan beasiswa tahap I ini diperuntukkan bagi 100 mahasiswa, dengan nominal bantuan sebesar Rp500.000 per penerima. Selain mahasiswa yang menjadi target penerima bantuan, ada tiga kategori lainnya, yaitu SD, SMP, serta SMA, yang saat ini masih dalam proses.

Sandiaga Uno mengatakan, program ini merupakan program yang sangat berpihak kepada masyarakat dan langsung menyentuh masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Karena situasi pandemi dan tantangan ekonomi banyak pedagang kecil yang kehilangan pendapatannya.

"COVID-19 ini meningkatkan rasa kemanusiaan kita, bagaimana kita bisa hadir memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Dan Alhamdulillah berkat dukungan dari berbagai pihak, hari ini kita bisa merealisasikan penyerahan program beasiswa anak pedagang kecil, karena pedagang kecil adalah tulang punggung perekonomian kita," ujarnya dalam sambutannya pada acara “Penyerahan Bantuan Beasiswa Anak Pedagang Kecil”.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga menceritakan pengalamannya ketika membangun bisnis di saat krisis. Ia mulai menjadi pengusaha ketika di PHK pada tahun 1997. Pada waktu itu, dirinya mengaku hanya membangun bisnis dengan kedua orang temannya. Dan setelah 25 tahun lebih mengembangkan usaha di bidang keuangan tersebut, ia dapat membuka lapangan kerja bagi 30 ribu lebih karyawan di seluruh Indonesia.

"Saya berharap cerita ini bisa menginspirasi para mahasiswa yang hadir di sini, karena krisis ini memicu kita untuk meningkatkan keterampilan kita. Dan yang adik-adik butuhkan adalah pendidikan, bagaimana menyelesaikan pendidikan dan mendapat keterampilan, khususnya di bidang teknologi digital untuk menciptakan konten-konten kreatif dan mampu menjadi pahlawan di masa depan. Saya yakin bahwa di balik setiap kesulitan akan ada kemudahan," ungkap Sandiaga.

"Semoga dengan program ini kita bisa menyentuh masa depan bangsa kita yang lebih optimistis dan tentunya bisa memiliki semangat untuk menghadapi pandemi dan tantangan ekonomi. Mari kita bergandengan tangan dan yakinlah kita akan mampu melewati tantangan dan menghadirkan peluang untuk mencetak pemenang" tutupnya.

Sementara, Komite Nasional Beasiswa KAHMI Preneur, George Edwin, menjelaskan bahwa ini adalah kali kedua KAHMI Preneur memberikan beasiswa kepada masyarakat Indonesia khususnya para pelajar.

Terlebih lagi di tengah pandemi COVID-19 yang memberikan dampak luar biasa bagi para pedagang kecil. Walaupun pendaftarannya hanya dibuat tiga hari, tapi yang mendaftar mencapai 116,428 orang. Ini menunjukkan antuasiame yang begitu luar biasa.

"Tahun ini kita memberikan 1.000 beasiswa untuk pelajar yang terbagi ke dalam empat tingkatan, yaitu SD yang saat ini masih sedang berproses, SMP, SMA, dan mahasiswa. Dan hari ini untuk tahap pertama kita akan berikan kepada 100 siswa di tingkat mahasiswa," jelasnya.

Putri Miza, salah satu mahasiswa penerima beasiswa yang berasal dari Ambon mengungkapkan terima kasihnya kepada Menparekraf Sandiaga dan juga KAHMI Preneur yang telah memberikan bantuan beasiswa. Ia mengatakan bantuan ini sangat bermanfaat dan meringankan beban keluarga untuk membayar biaya kuliah.

"Karena biaya kuliah di sini sangat mahal, jadi dengan bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami. Harapan saya semoga penyelenggara bisa memperluas jangkauan penerima dan memperbesar dana bantuan, agar teman-teman lainnya yang membutuhkan bisa merasakan manfaatnya juga," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…