Zilenial Indonesia yang Berprestasi dan Menginspirasi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 31 Juli 2021 - 18:00 WIB

Artis Niki Zefanya
Artis Niki Zefanya

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Generasi Zilenial, Generasi Z  atau Gen Z? Mendengar kata-kata itu mungkin tidak asing lagi. Gen Zilenial atau yang lebih dikenal Generasi Z ialah generasi mengacu pada generasi yang lahir pada tahun 1996-2010.

Dalam catatan Sekertariat PIS, generasi yang telah dibesarkan dengan internet dan media sosial. Generasi  Z  ini tumbuh  dengan teknologi yang memadai,  internet,  dan  media  sosial yang  terkadang  menyebabkan  mereka mendapatkan stereotip sebagai pecandu teknologi, anti-sosial, atau pejuang keadilan  sosial. Perkembangan  teknologi berdampak pada pola perilaku, gaya hidup, cara belajar, dan karakter lainnya.

Namun, tidak menutup mereka Generasi Z untuk mempunyai prestasi yang tidak kalah dengan generasi sebelumnya loh! Penasaran siapa saja mereka dana apa saja sih prestasi Zilenial ini? Yuk simak lengkapnya di bawah ini!

Tim None Developers dari Universitas Trunojoyo

None Developers berasal dari Universitas Trunojoyo yang terdiri dari empat orang anggota. Grup kebanggaan Indonesia ini berhasil meraih posisi runner-up dalam ajang Imagine Cup yang diselenggarakan oleh Microsoft pada tahun 2016 tingkat dunia untuk kategori Games dengan karya Froggy and the Pesticide game.

Game ini disebut sebagai permainan yang sangat menantang dan dijanjikan akan membuat ketagihan. Permainan juga membawa pesan edukasi mengenai penggunaan pestisida. Tidak hanya itu aja, mereka juga meraih kemenangan dalam ajang kejuaraan di tingkat nasional dan masuk ke putaran final dunia. Kemenangan ini juga sekaligus menandai dominasi developer asal Madura di kompetisi Imagine Cup untuk kategori Games dalam tiga tahun.

Tim Robot Ichiro ITS Surabaya

Zilenial berprestasi selanjutnya datang dari bidang Teknik yaitu Robotik. Tim Ichiro yang telah mendapatkan penghargaan meliputi Juara 1 pada kategori Weightlifting Humanoid Robot, Penalty Kick Humanoid Robot, Sprint Humanoid Robot Adult Size, Obstacle Run Humanoid Robot Adult Size, Sprint Humanoid Robot KidSize, dan Mini DRC Humanoid Robot KidSize.

Selain itu juga sukses meraih Juara 2 Mini DRC Humanoid Robot Adult Size, Obstacle Run Humanoid Robot KidSize, Marathon Humanoid Robot Soccer Adult Size, dan All Round Humanoid Robot Adult Size. Kemudian Juara 3 Mini DRC Humanoid Robot KidSize dan All Round Humanoid Robot KidSize. Penghargaan yang telah sukses diraih Tim Ichiro juga tidak terlepas dari segala persiapan, riset, dan beberapa simulasi yang telah dilakukan untuk menyiapkan lomba ini.

Tidak hanya itu mereka mendapatkan penghargaan mahasiswa berprestasi di Hakteknas 2018. Hal ini didasarkan atas prestasinya yang menjadi juara pertama kategori Humanoid League Teensize Soccer Competition pada kompetisi robot soccer tingkat dunia RoboCup 2018 di Montreal, Kanada pada Juli 2018 lalu. Untuk itu, atas prestasi yang didapatkan, Tim Ichiro ITS ini juga mewakili sebagai produk riset dan inovasi di tingkat mahasiswa.

 

Joey Alexander

Tidak kalah dengan Zilenial berprestasi sebelumnya. Joey Alexander seorang pianis cilik sejak usianya tujuh tahun. Joey telah dapat menguasai teknik permainan piano dengan berimprovisasi menguasai aliran musik jazz, kemampuannya yang jenius berhasil mendapatkan beberapa penghargaan tingkat dunia. Wow keren sekali ya!

Joey Alexander termasuk salah artis Indonesia pertama yang masuk dalam Billboard 200 di Amerika Serikat, dengan album debutnya My Favorite Things mencapai peringkat 174 pada 30 Mei 2015. Dengan kemampuannya yang menakjubkan, ia mendapatkan nominasi Anugerah Grammy Award 2016 untuk dua kategori: Best Instrumental Jazz Album dan Best Jazz Solo Improvisation. Tidak perlu diragukan lagi bakatnya untuk bisa menjadi seperti sekarang.

Aditya Bagus Arfan

Anak kecil umur 10 tahun yang bikin bangga Indonesia di kancah Internasional? Aditya Bagus Arfan namanya. Dia salah satu pecatur cilik Indonesia berprestasi di kancah Internasional yang berharap agar prestasinya mampu menginspirasi anak-anak Indonesia untuk terus berjuang. Prestasi yang diberikan Aditya untuk Indonesia ialah medali emas di kejuaraan catur asean kategori U10 di Thailand. Selain itu aditya juga menjadi pecatur satu-satunya dari 30 pecatur dari berbagai negara yang berhasil mengalahkan Grandmaster Pertama Asean yang bernama Eugene Torre.

Niki Zefanya

Sudah tidak asing lagi dengan penyanyi cantik yang memiliki suara khas yang Go International ini. Niki Zefanya seorang penyanyi serta penulis lagu yang merantau ke Amerika. Prestasi yang dimiliki Niki Zefanya tidak kalah dengan zilenial yang sebelumnya. Niki pernah menyanyikan lagu Indonesia Raya di Amerika Serikat yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 dengan mengajak ribuan penonton untuk ikut serta merayakannya. Tidak hanya itu lagu yang dinyanyikan Niki berhasil meraih trending nomor satu di Korea Selatan. Lagu-lagu yang diciptakan Niki sangat relate dengan Generasi Z hingga mudah diingat oleh mereka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…