Ssstt... Ridwan Kamil Sukses Bikin Anies Baswedan 'Gigit Jari' untuk Urusan Gaet Investor Asing

Oleh : Ridwan | Jumat, 30 Juli 2021 - 13:18 WIB

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (ist)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat bahwa Jawa Barat menjadi kawasan paling berhasil untuk urusan menggaet investor asing, khususnya dalam hal realisasi penanaman modal langsung.

Disebutkan bahwa pada kuartal II 2021, wilayahnya Gubernur Ridwan Kamil (Jawa Barat) ini sukses membukukan 1,6 miliar dolar AS atau setara Rp23,1 triliun (kurs Rp14.476).

Lalu, Gubernur Anies Baswedan (DKI Jakarta) harus puas duduk ditempat kedua dengan realisasi penanaman modal asing (PMA) 1 miliar dolar AS.

Kemudian disusul, Maluku Utara 1 miliar dolar AS, Sulawesi tengah 500 juta dolar AS, dan Riau 400 juta dolar AS.

"Di tengah ketidakpastian akibat pandemi COVID-19, realisasi investasi langsung mencatatkan kinerja yang sangat baik," ujar Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu dalam keterangan pers dikutip, Jumat, (30/7/2021).

Secara total, realisasi PMA di seluruh wilayah Indonesia mencapai 7,99 miliar dolar AS atau setara Rp116,8 triliun.

Sementara dari sisi penanaman modal dalam negeri (PMDN) untuk periode yang sama adalah sebesar Rp106,2 triliun yang tumbuh 12,7 persen secara tahunan (year-on-year/y-o-y).

Untuk itu, nilai total realisasi investasi langsung pada kuartal II 2021 mencapai Rp223,0 triliun atau tumbuh 16,2 persen y-o-y.

"Kinerja investasi kuartal II tahun 2021 menunjukan perbaikan yang signifikan dalam menyerap investasi baik dari dalam maupun luar negeri, dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yang bertumbuh negatif," tutup Febrio.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Sabtu, 18 September 2021 - 19:33 WIB

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Yayasan Dharma Pertiwi mengadakan acara peresmian Daycare dan PAUD Holistik Integratif Yayasan Dharma Bhakti Dharma Pertiwi yang berlokasi di lingkungan Mabes TNI, Jumat (17/9/2021).

Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)

Sabtu, 18 September 2021 - 18:25 WIB

Bangun Kualitas Diri dengan Jejak Digital Positif dan Terapkan Etika

Transformasi digital mengalami percepatan, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi bagaimana masyarakat berinteraksi di dunia digital. Mulai dari mencari informasi, bekerja,…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Sabtu, 18 September 2021 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Harap Dunia Usaha di Bali Bisa Segera Bangkit

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap perekonomian di Bali bisa kembali bergerak seiring penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ke level 3 di Pulau Bali.…

Ilustrasi Pelecehan Seksual Secara Online (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:55 WIB

Jangan Takut Melapor! Pentingnya Kenali 5 Bentuk Pelecehan Seksual di Ruang DigitalĀ 

Interaksi sosial masyarakat yang beralih ke ruang digital berkat adanya internet, membuat tindak kekerasan seksual pun berpindah ke ranah online.

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:10 WIB

Peran Orangtua Memberi Ajaran Agar Anak Aman Berinternet

Internet dan media sosial seperti mata pisau, di satu sisi memiliki manfaat positif namun sisi lainnya ada dampak negatif yang bisa melukai penggunanya. Terlebih untuk anak-anak, peran orangtua…