KIOS Gandeng Perusahaan FMCG & Online Seller Lengkapi Portofolio

Oleh : Herry Barus | Jumat, 30 Juli 2021 - 10:00 WIB

PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (“KIOS”)
PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (“KIOS”)

INDUSTRY.co.id -Jakarta– PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (“KIOS”), emiten teknologi yang berfokus pada pengembangan UMKM dan toko kelontong terus memperkuat pengembangan bisnis Perusahaan dengan masuk ke physical product melalui platform berbasis gudang. Saat ini, KIOS telah meluncurkan dua platform, yaitu GudangPintar.id dan RetailKita. Dengan solusi platform tersebut, KIOS membantu perusahaan FMCG (Fast Moving Consumer Goods) dan online seller untuk dapat lebih cepat memperluas jaringan distribusinya karena barang akan dikirimkan ke warung-warung mitra KIOS. Untuk saat ini, KIOS sudah memiliki 80 gudang yang berfokus di Jawa Tengah dan menargetkan 1.000 gudang hingga tahun 2022.

Reginald Trisna, Direktur Utama Kioson mengatakan “Kita menawarkan sebuah start-up yang bisa membantu proses logistik untuk para mitra Kioson, terutama dalam hal logistik dan pengadaan stok barang dagangan. Tujuannya untuk membantu UMKM yang mau tumbuh tetapi mempunyai keterbatasan dari sisi space dan pengalaman di bidang operasional, karena mereka lebih ke marketing dan pengembangan produk.”

GudangPintar.id sendiri merupakan fulfillment center di mana semua penjualan dapat menggunakan gudang yang dimiliki KIOS. GudangPintar memiliki Warehouse Management System (WMS) yang terintegrasi dengan principal dan partner logistik, sehingga semakin efisien dan cepat dalam menangani logistik dan distribusi dari Prinsipal ke warung UMKM yang dikelola oleh Kioson. Saat ini, 90% pengguna GudangPintar merupakan online seller yang berjualan di online marketplace. Sementara sisa 10% merupakan Perusahaan atau Brand FMCG.

Total sekitar 175 pengguna yang menggunakan jasa GudangPintar.  Sementara RetailKita merupakan solusi yang akan ditawarkan kepada Brand tier 2 atau tier 3.

Reginald Trisna, menambahkan “RetailKita memberikan solusi kepada Perusahaan atau Brand FMCG, menggunakan jasa RetailKita, produk mereka akan secara otomatis tersebar ke 1.000 gudang yang dapat dilihat posisi jumlah stock di gudang RetailKita dan di mitra warung, begitupula jumlah penjualan harian secara live melalui sistem. Hal inilah yang tidak dimiliki oleh Brand dalam memperluas jaringan distribusinya. Kami menargetkan strategi penjualan melalui physical product ini dapat memberikan kontribusi pendapatan hingga 30% untuk Perseroan hingga akhir tahun 2021.”

Sebelumnya, KIOS juga berencana menambah modal melalui penawaran umum terbatas (PUT) I dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD). Dalam rencana aksi korporasinya itu, KIOS akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 365,79 juta saham baru dengan nilai nominal Rp 100 per saham. Jumlah tersebut setara dengan 51% dari modal disetor KIOS sebelum rights issue. Pada akhir Juni 2021, jumlah saham Kioson mencapai 717,24 juta saham. Rencananya KIOS akan meminta persetujuan aksi korporasi ini pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 24 Agustus 2021.

“Melalui aksi korporasi dapat memperkuat struktur permodalan Perseroan guna mengembangkan kegiatan usaha perdagangan, pergudangan, dan telekomunikasi yang merupakan bagian dari kegiatan usaha utama Perseroan dan anak perusahaan serta peruntukan lainnya yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis Perseroan sehingga akan berpengaruh positif terhadap kondisi keuangan Perseroan,” tutup Reginald.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Sabtu, 18 September 2021 - 19:33 WIB

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Yayasan Dharma Pertiwi mengadakan acara peresmian Daycare dan PAUD Holistik Integratif Yayasan Dharma Bhakti Dharma Pertiwi yang berlokasi di lingkungan Mabes TNI, Jumat (17/9/2021).

Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)

Sabtu, 18 September 2021 - 18:25 WIB

Bangun Kualitas Diri dengan Jejak Digital Positif dan Terapkan Etika

Transformasi digital mengalami percepatan, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi bagaimana masyarakat berinteraksi di dunia digital. Mulai dari mencari informasi, bekerja,…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Sabtu, 18 September 2021 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Harap Dunia Usaha di Bali Bisa Segera Bangkit

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap perekonomian di Bali bisa kembali bergerak seiring penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ke level 3 di Pulau Bali.…

Ilustrasi Pelecehan Seksual Secara Online (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:55 WIB

Jangan Takut Melapor! Pentingnya Kenali 5 Bentuk Pelecehan Seksual di Ruang Digital 

Interaksi sosial masyarakat yang beralih ke ruang digital berkat adanya internet, membuat tindak kekerasan seksual pun berpindah ke ranah online.

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:10 WIB

Peran Orangtua Memberi Ajaran Agar Anak Aman Berinternet

Internet dan media sosial seperti mata pisau, di satu sisi memiliki manfaat positif namun sisi lainnya ada dampak negatif yang bisa melukai penggunanya. Terlebih untuk anak-anak, peran orangtua…