Alhamdulillah Menteri Bahlil Bawa Kabar Gembira! Pabrik Baterai Listrik Senilai Miliaran Dolar AS Bakal Groundbreaking Bulan Depan

Oleh : Ridwan | Kamis, 29 Juli 2021 - 12:40 WIB

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pembangunan pabrik baterai mobil listrik di Indonesia oleh Hyundai Motor Group dan LG Chem Ltd. akan memulai tahap groundbreaking pada Agustus mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam konferensi pers secara virtual, beberapa waktu lalu.

"Insya Allah Agustus ini ground breaking tahap pertama untuk pembangunan baterai mobil di Indonesia. Ini pertama kali di republik ini. Bukan kacang goreng," katanya.

Bahlil memastikan pengembangan industri mobil listrik terus berjalan. Bahka, ia memastikan Hyundai akan menyelesaikan proses pembangunan pabrik mobil listriknya di Tanah Air pada Maret 2022 sehingga Indonesia segera memiliki produsen kendaraan ramah energi.

Lebih lanjut, Bahlil mengatakan, realisasi investasi asing terus berjalan kendati pandemi Covid-19. Pada kuartal II 2020 atau saat wabah virus corona pertama kali masuk ke Indonesia, penanaman modal asing atau PMA bahkan mencapai lebih dari 50 persen dari total realisasi investasi.

Kondisi ini terjadi lantaran modal asing yang masuk ke Indonesia bukan merupakan proyek jangka pendek. Rata-rata investasi asing memiliki jangka waktu proyek lebih dari dua atau tiga tahun.

"Contohnya Hyundai, mereka investasi US$ 1,5 miliar. Dia bangun terus sekali pun Covi-19. Karena kalau berhenti, mereka rugi," tutur Bahlil Lahadalia.

Rencana groundbreaking Hyundai dan LG lebih cepat dari jadwal sebelumnya. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada Mei lalu mengatakan, jika tak ada aral melintang, kedua perusahaan itu baru akan melakukan peletakan batu pertama pada September hingga Oktober 2021.

"Mereka (LG dan Hyundai) akan taruh uang Agustus bersama BUMN. Nanti September-Oktober akan ground breaking," ujar Luhut, Mei 2021.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Sabtu, 18 September 2021 - 19:33 WIB

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Yayasan Dharma Pertiwi mengadakan acara peresmian Daycare dan PAUD Holistik Integratif Yayasan Dharma Bhakti Dharma Pertiwi yang berlokasi di lingkungan Mabes TNI, Jumat (17/9/2021).

Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)

Sabtu, 18 September 2021 - 18:25 WIB

Bangun Kualitas Diri dengan Jejak Digital Positif dan Terapkan Etika

Transformasi digital mengalami percepatan, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi bagaimana masyarakat berinteraksi di dunia digital. Mulai dari mencari informasi, bekerja,…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Sabtu, 18 September 2021 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Harap Dunia Usaha di Bali Bisa Segera Bangkit

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap perekonomian di Bali bisa kembali bergerak seiring penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ke level 3 di Pulau Bali.…

Ilustrasi Pelecehan Seksual Secara Online (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:55 WIB

Jangan Takut Melapor! Pentingnya Kenali 5 Bentuk Pelecehan Seksual di Ruang DigitalĀ 

Interaksi sosial masyarakat yang beralih ke ruang digital berkat adanya internet, membuat tindak kekerasan seksual pun berpindah ke ranah online.

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:10 WIB

Peran Orangtua Memberi Ajaran Agar Anak Aman Berinternet

Internet dan media sosial seperti mata pisau, di satu sisi memiliki manfaat positif namun sisi lainnya ada dampak negatif yang bisa melukai penggunanya. Terlebih untuk anak-anak, peran orangtua…