Citi Raih Penghargaan Best Bank for Corporate Responsibility in Asia dari Euromoney

Oleh : Herry Barus | Rabu, 28 Juli 2021 - 16:00 WIB

CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi (Foto Dok Suwara.com_
CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi (Foto Dok Suwara.com_

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Citi baru saja meraih penghargaan sebagai Best Bank for Corporate Responsibility in Asia oleh majalah Euromoney di ajang tahunan mereka yakni Euromoney Awards for Excellence 2021. Penghargaan ini diberikan kepada sebuah bank yang berhasil menunjukkan komitmen untuk mendorong keberagaman dan inklusivitas; mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan operasionalnya; mempromosikan pengembangan tenaga kerja dan mobilitas sosial; dan inisiatif inovatif dan efektif untuk memperkuat komunitas lokal di negara dimana Citi beroperasi.

Menanggapi penghargaan ini, Citi Asia Pacific CEO Peter Babej, berujar, “Citi berkomitmen untuk membangun masa depan yang lebih beragam, inklusif, dan berkelanjutan. Penghargaan ini merupakan pengakuan yang sangat baik atas semua yang kami lakukan untuk mendukung klien dan komunitas kami untuk menghasilkan perubahan yang positif.”

Dalam peraihan penghargaan Best Bank for Corporate Responsibility in Asia ini, sejumlah keberhasilan Citi selama tahun 2021 turut dipertimbangkan, antara lain:

•             Pada bulan September 2020, Citi Asia Pasifik dan Citi Foundation mengumumkan komitmen dalam bentuk donasi sebesar US$35 juta untuk memajukan peluang ekonomi dan kemampuan kerja bagi kaum muda dari masyarakat berpenghasilan rendah dan kurang terlayani di Kawasan Asia Pasifik hingga tahun 2023. Selain itu, Citi juga akan menawarkan 6.000 pekerjaan dan 60.000 peluang pelatihan keterampilan kerja bagi kaum muda di Citi Asia selama tiga tahun ke depan.

•             Pada tahun 2020, Citi Foundation mengalokasikan lebih dari US$ 10,2 juta untuk 39 program pengembangan komunitas di seluruh Asia Pasifik, dengan fokus pada Pathways to Progress sebuah program pengembangan bagi kaum muda, Inklusi Keuangan, dan Solusi Komunitas. Selain itu, seluruh kantor Citi di kawasan Asia Pasifik menyumbang $14.4 juta untuk mendukung proyek dan acara komunitas.

•             Hingga saat ini, Citi dan Citi Foundation telah berkontribusi lebih dari $23,86 juta dalam mendukung upaya pemulihan terkait COVID-19 di seluruh wilayah Asia Pasifik.

•             Dipimpin bersama oleh Citi Foundation dan UNDP, Youth Co:Lab diperluas ke 25 negara dan wilayah di Asia Pasifik pada tahun 2020 – Ini adalah gerakan kewirausahaan sosial terbesar yang dipimpin oleh kaum muda di Asia. Youth Co:Lab mengambil pendekatan secara ekosistem. Program ini telah membangun aliansi multi-stakeholder regional dengan 192 mitra di berbagai sektor.  Upaya ini telah mendukung lebih dari 75.000 peserta pemuda melalui berbagai forum - dialog nasional, pertemuan regional, tantangan inovasi sosial dan program bantuan lainnya. Lebih dari 8.000 wirausahawan sosial muda telah memperoleh manfaat dari program ini dan telah membantu meluncurkan atau meningkatkan lebih dari 1.000 usaha sosial yang dipimpin oleh kaum muda.

•             Lebih dari 27.900 karyawan Citi beserta keluarga dan rekanan mereka telah menjadi sukarelawan melalui ajang Global Community Day 2020.

Komitmen Citi di Indonesia

Di Indonesia, Citi melakukan semua kegiatan komunitasnya di bawah nama payung CitiPeKa (Peduli dan Berkarya).

Mengomentari peraihan penghargaan Best Bank for Corporate Responsibility in Asia ini, CEO Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan, “Kami memiliki semboyan Lebih dari Filantropi dalam menjalankan berbagai kegiatan sosial kami. Ini berarti bahwa kami tidak hanya menyalurkan dana untuk membantu komunitas kami, tetapi juga memanfaatkan keahlian Citi dan karyawannya yang luar biasa dalam mencapai misi kami. Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua staf Citi Indonesia yang luar biasa karena selalu menempatkan komunitas kami sebagai pusat dari semua yang kami lakukan,”

Tahun lalu, Citi kembali bermitra dengan UNDP dalam menyelenggarakan program Youth Co:Lab di Indonesia, sebuah program yang berupaya memberdayakan dan berinvestasi pada kaum muda, sehingga mereka dapat mempercepat implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) melalui kepemimpinan, inovasi sosial dan kewirausahaan. Di Indonesia, Program Youth Co:Lab secara total mendukung lebih dari 17.000 peserta muda, memberi manfaat ke lebih dari 840 wirausahawan sosial muda, dan membantu meluncurkan atau meningkatkan lebih dari 200 wirausaha sosial yang dipimpin oleh anak muda, sepanjang tahun 2020.

Dalam rangka meringankan beban masyarakat di masa pandemi, Citi Indonesia telah menyumbangkan lebih USD 152.000 ke beberapa organisasi kemanusiaan dan kemasyarakatan. Kegiatan sukarelawan telah menjadi menyatu dalam budaya Citi. Sejak 2013, lebih dari 16,000 karyawan Citi Indonesia telah melakukan berbagai kegiatan sukarelawan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parfum Summerscent

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:30 WIB

Summerscent Hadirkan Wewangian Mewah dengan Harga Terjangkau

Dalam beberapa tahun terakhir, produk wewangian atau parfum lokal mulai menjamur dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak brand wewangian lokal yang menarik perhatian, salah satunya Summerscent.…

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi Kwitansi

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:12 WIB

Pengertian dan Cara Menggunakan Kwitansi dalam Melakukan Transaksi Keuangan

Pengertian kwitansi adalah salah satu dokumen bukti transaksi keuangan. Mengenai transaksi keuangan, mungkin sejak kecil kita sudah biasa melakukannya. Seperti ketika kita membeli jajan di pedagang…