Allianz Life Syariah Terus Kampanyekan Berbagi Kebaikan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 27 Juli 2021 - 15:30 WIB

Allianz Life Syariah
Allianz Life Syariah

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Asuransi Allianz Life Indonesia melalui Unit Usaha Syariah (Allianz Life Syariah) terus mengkampanyekan inisiatif #AwaliDenganKebaikan yang secara konsisten dilakukan setiap tahun dan mengajak masyarakat Indonesia untuk berbuat kebaikan dengan memberangkatkan sosok sederhana yang menginspirasi untuk berangkat ibadah umroh. Melalui kampanye ini, diharapkan masyarakat semakin teredukasi mengenai nilai-nilai universal dari berbagi kebaikan yang sejalan dengan konsep asuransi jiwa syariah.

Belum lama ini, Allianz Life Syariah telah mengumumkan 20 sosok sederhana yang memperoleh suara terbanyak berdasarkan kisah inspiratif yang diceritakan melalui media sosial Instagram. Di antara para pemenang umroh ini adalah asisten rumah tangga, petugas kebersihan rumah sakit, penjahit sepatu keliling dan penjaga sekolah. Pelaksanaan keberangkatan ibadah umroh untuk para pemenang tahun ini akan mengikuti kebijakan yang berlaku, terkait dengan kondisi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini.

Di sisi lain, Allianz Life Syariah juga membukukan kinerja positif dengan pertumbuhan Gross Written Premium (GWP) sebesar 22% dengan nilai Rp 1,5 triliun di tahun 2020. Total aset Allianz Life Syariah mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 19,4%, dari Rp3,4 triliun pada 2020 menjadi Rp4,06 triliun.

Allianz Life Syariah membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan dengan mendistribusikan total manfaat asuransi sebesar Rp 519,4 miliar,  dimana  50% lebih dari jumlah tersebut merupakan santunan atau klaim sebagai wujud dari prinsip tolong-menolong dalam asuransi syariah. Santunan tersebut disalurkan kepada lebih dari 33 ribu penerima, yaitu para peserta asuransi syariah yang mengalami risiko.

Sebagaimana diketahui dalam asuransi syariah, nasabah pada prinsipnya adalah para peserta yang berbagi kebaikan dengan peserta lainnya. Sebagian dari kontribusi yang disetorkan oleh peserta akan dikelola dalam kumpulan dana tabarru dan akan digunakan ketika ada salah satu peserta yang mengalami risiko. Di tahun 2020, Allianz Life Syariah mengelola Rp 405 miliar dana tabarru yang menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap Allianz Life Syariah, dalam mengelola perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan syariah dengan amanah.

“Kinerja dan pertumbuhan yang baik ini tidak lepas dari kepercayaan para peserta yang terus bersama dengan Allianz dalam mengelola dan melindungi diri serta keluarga, juga berpartisipasi untuk saling tolong-menolong antar sesama peserta lainnya. Allianz terus fokus pada komitmen memberikan perlindungan kepada lebih banyak masyarakat dan melalui Allianz Life Syariah, kami juga terus menyediakan produk dan layanan yang sesuai kebutuhan masing-masing peserta. Kami juga terus berupaya mendukung berkembangnya industri keuangan syariah, khususnya asuransi syariah di tanah air,” kata Yoga Prasetyo, Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia.

Untuk kinerjanya yang baik di tahun 2020, Allianz Life Syariah memperoleh penghargaan Warta Ekonomi Top 3 Financial Performance of Indonesia Best Insurance Award 2020 with Assets 1T – 5T, Sharia Life Insurance Category dan Infobrand Indonesia Digital Popular Brand Award 2020 yang mengukur keberhasilan popularitas sebuah brand di era digital melalui search engine based, social media based dan website based. Selain itu, Allianz Life Syariah juga melakukan berbagai kegiatan sosialisasi Allianz Syariah melalui media sosial, untuk meningkatkan kesadaran mengenai asuransi syariah kepada masyarakat melalui Instagram, dalam bentuk Instagram Live dan webinar yang menyampaikan informasi menarik dan relevan seputar syariah yang dapat diikuti oleh masyarakat luas.

Terus bertumbuh dan Konsisten dengan Konsep Kebaikan di tahun 2021

Kinerja yang baik di tahun 2020 terus berlanjut sampai dengan tahun 2021, dimana perolehan GWP Allianz Life Syariah secara Year-on-Year bertumbuh sebesar 17,5% di kuartal 1 tahun 2021. Selain kualitas produk syariah yang unggul, kinerja Allianz Life Syariah juga didukung oleh kerja keras para tenaga pemasar syariah. Hingga saat ini, tercatat ada lebih dari 15.300 agen berlisensi syariah dari Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI).

Allianz Life Syariah juga telah mendistribusikan total manfaat asuransi sebesar Rp 172,3 miliar dan 60,8% dari jumlah tersebut merupakan santunan atau klaim, yang mewujudkan prinsip tolong-menolong antar sesama peserta asuransi syariah.

Selain itu, salah satu kampanye yang dilakukan Allianz Life Syariah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap konsep kebaikan yang diusung oleh asuransi syariah diantaranya adalah melalui ajakan #AwaliDenganKebaikan #1000SenyumKebaikan di Facebook dan Instagram. Allianz Life Syariah mengajak masyarakat untuk mengunggah foto diri yang sedang tersenyum dan menceritakan kebaikan yang sudah dilakukan. Setelah mencapai lebih dari 1000 foto senyum yang dipost di media sosial, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli memberikan bantuan edukasi kesehatan untuk Program Kesehatan Lansia, Ibu Hamil dan Balita di 5 titik wilayah Jakarta. Dari senyum yang dipost oleh netizen ini, lebih dari 1200 orang telah menerima manfaatnya.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap konsep kebaikan yang diterapkan dalam asuransi syariah. Dengan beragam kegiatan dan inisiatif yang kami lakukan, harapannya konsep kebaikan yang disebarluaskan Allianz dapat terus berkembang dan semakin diterima dengan baik oleh masyarakat secara luas dan universal.” tutup Yoga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…