IATA Ingin Buka Penerbangan Internasional Bagi Penumpang yang Sudah Vaksin

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 27 Juli 2021 - 14:15 WIB

Ilustrasi Pesawat (ist)
Ilustrasi Pesawat (ist)

INDUSTRY.co.id - Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) ingin membuka perjalanan udara bagi penumpang yang sepenuhnya divaksinasi. Menurut laporan,  harus ada sebuah sistem yang membuat pelancong yang sudah divaksin bisa bepergian secara normal tanpa repot.

Juga, harus ada sistem pengujian dan verifikasi bagi penumpang yang belum divaksinasi. Tetapi ini juga harus dilakukan tanpa meningkatkan batasan yang sudah ada.

Dilansir dari laman Times of India, Selasa (27/7/2021), Conrad Clifford, Wakil Direktur Jenderal dan Wakil Presiden Regional IATA untuk Asia Pasifik, mengatakan, vaksinasi dan pengujian memiliki peran dalam pemulihan perjalanan internasional. 

"Ini bukan pilihan untuk menunggu vaksin tersedia secara luas sebelum membuka kembali perbatasas. Peluncuan vaksin global kemungkinan akan memakan waktu," tuturyna. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa itulah sebabnya pengujian adalah alternatif bagi orang-orang yang tidak memiliki akses vaksin atau yang tidak dapat divaksinasi karena berbagai alasan.

Dia juga berpendapat bahwa bukanlah ide yang baik untuk mempertahankan sistem seperti sekarang. Terlebih, beberapa ilmuwan berpandangan bahwa Covid-19 bisa menjadi endemik.

"Kami telah dan terus mendesak pemerintah untuk membuat keputusan berbasis data untuk mengelola risiko Covid-19 ketika membuka kembali perbatasan mereka untuk perjalanan internasional," jelasnya.

Sampai sekarang, vaksinasi merupakan langkah penanganan Covid-19 di tingkat internasional. Hal ini telah membuat orang berharap untuk pemulihan ekonomi dunia yang lebih cepat. Namun sekali lagi, kenaikan kasus varian Delta di seluruh dunia masih menjadi perhatian utama pemerintah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…

Aksi Cepat Tanggap (ACT)

Rabu, 06 Juli 2022 - 15:55 WIB

Diduga Gelapkan Dana Umat, DPR Minta Polri Usut Tuntas ACT

Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menanggapi tentang kasus dugaan penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT).