Ramappa, Kuil di India Abad ke-13 Masuk Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 27 Juli 2021 - 12:15 WIB

Kuil Ramappa, di Telangana, India (Foto: templetiming.com)
Kuil Ramappa, di Telangana, India (Foto: templetiming.com)

INDUSTRY.co.id - Pada hari Minggu (25/7/2021), UNESCO menuliskan kuil Ramappa yang berdiri pada abad ke-13 di Palampet, Telangana, India sebagai Situs Warisan Dunia. Kesepakatan ini dicapai selama pertemuan virtual komite Warisan Dunia yang sedang berlangsung.

Dilansir dari laman Indianexpress, setelah diumumkan oleh UNESCO pun Perdana Menteri India Narendra Modi men-tweet di akun Instagramnya @narendramodi. 

"Selamat kepada semua orang, terutama masyarakat Telangana. Kuil Ramappa yang ikonik menampilkan keahlian luar biasa dari dinasti Kakatiya yang hebat. Saya akan mendesak Anda semua untuk mengunjungi kompleks kuil yang megah ini dan mendapatkan pengalaman langsung dari kebesarannya," katanya.

Menteri Persatuan Kebudayaan dan Pariwisata, G Kishan Reddy menambahkan, atas nama bangsa, khususnya dari masyarakat Telangana, saya mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri atas bimbingan dan dukungannya.

Sementara India menyerahkan dokumen nominasi untuk Kuil Rudreshwara (Ramappa), Telangana, kepada Komite Warisan Dunia (WHC) pada Januari 2019, dan ada dalam daftar Tentatif UNESCO sejak 2014. Sementara WHC tidak dapat bertemu pada tahun 2020 karena pandemi, nominasi untuk 2020 dan 2021 sedang dibahas dalam rapat online yang saat ini sedang berlangsung.

Dikatakan bahwa sebanyak 17 dari 21 negara anggota mendukung prasasti tersebut. Dengan ini, India memiliki 39 situs dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO, dan Survei Arkeologi India (ASI) sekarang menjadi penjaga 23 situs warisan dunia.

Menariknya terdapat sebuah prasasti di kuil berasal dari tahun 1213 dan dibangun oleh Seorang Kakatiya Jenderal Recherla Rudra Reddy, selama periode penguasa Kakatiya Ganapati Deva. 

Berbicara tentang nilai universal yang luar biasa dari kuil, Raghvendra Singh, Sekretaris, Kementerian Kebudayaan mengatakan kepada Indian Express, Ramappa adalah kuil Siwa utama di kompleks kuil berdinding yang lebih besar, yang mencakup beberapa kuil dan struktur yang lebih kecil. 

"Kuil ini berdiri sebagai kesaksian tentang tingkat bakat kreatif, artistik, dan teknik tertinggi yang melibatkan berbagai eksperimen dalam bentuk seni ekspresif periode Kakatiya (1123-1323)," jelasnya. 

Kuil ini dibangun dari batu pasir dengan balok dan pilar granit berukir dan dolerite, dengan Vimana (tempat suci bagian dalam) yang khas yang terbuat dari batu bata berpori ringan, juga dikenal sebagai "batu bata mengambang". 

Patung-patung Kuil Ramappa, terutama tokoh-tokohnya memiliki kilau dan utuh bahkan setelah 800 tahun pembangunan. "Kuil ini adalah kenangan hidup dari legenda Kakatiya yang membawa era keemasan ke wilayah berbahasa Telugu di India Selatan," tambah Singh.

Kuil Rudreshwara (Ramappa) dinominasikan di bawah Criterion i (Mahakarya jenius kreatif manusia) dan kriteria III (memberikan kesaksian yang unik atau setidaknya luar biasa terhadap tradisi budaya, yaitu hidup atau yang telah menghilang). 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.