Ramappa, Kuil di India Abad ke-13 Masuk Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 27 Juli 2021 - 12:15 WIB

Kuil Ramappa, di Telangana, India (Foto: templetiming.com)
Kuil Ramappa, di Telangana, India (Foto: templetiming.com)

INDUSTRY.co.id - Pada hari Minggu (25/7/2021), UNESCO menuliskan kuil Ramappa yang berdiri pada abad ke-13 di Palampet, Telangana, India sebagai Situs Warisan Dunia. Kesepakatan ini dicapai selama pertemuan virtual komite Warisan Dunia yang sedang berlangsung.

Dilansir dari laman Indianexpress, setelah diumumkan oleh UNESCO pun Perdana Menteri India Narendra Modi men-tweet di akun Instagramnya @narendramodi. 

"Selamat kepada semua orang, terutama masyarakat Telangana. Kuil Ramappa yang ikonik menampilkan keahlian luar biasa dari dinasti Kakatiya yang hebat. Saya akan mendesak Anda semua untuk mengunjungi kompleks kuil yang megah ini dan mendapatkan pengalaman langsung dari kebesarannya," katanya.

Menteri Persatuan Kebudayaan dan Pariwisata, G Kishan Reddy menambahkan, atas nama bangsa, khususnya dari masyarakat Telangana, saya mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri atas bimbingan dan dukungannya.

Sementara India menyerahkan dokumen nominasi untuk Kuil Rudreshwara (Ramappa), Telangana, kepada Komite Warisan Dunia (WHC) pada Januari 2019, dan ada dalam daftar Tentatif UNESCO sejak 2014. Sementara WHC tidak dapat bertemu pada tahun 2020 karena pandemi, nominasi untuk 2020 dan 2021 sedang dibahas dalam rapat online yang saat ini sedang berlangsung.

Dikatakan bahwa sebanyak 17 dari 21 negara anggota mendukung prasasti tersebut. Dengan ini, India memiliki 39 situs dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO, dan Survei Arkeologi India (ASI) sekarang menjadi penjaga 23 situs warisan dunia.

Menariknya terdapat sebuah prasasti di kuil berasal dari tahun 1213 dan dibangun oleh Seorang Kakatiya Jenderal Recherla Rudra Reddy, selama periode penguasa Kakatiya Ganapati Deva. 

Berbicara tentang nilai universal yang luar biasa dari kuil, Raghvendra Singh, Sekretaris, Kementerian Kebudayaan mengatakan kepada Indian Express, Ramappa adalah kuil Siwa utama di kompleks kuil berdinding yang lebih besar, yang mencakup beberapa kuil dan struktur yang lebih kecil. 

"Kuil ini berdiri sebagai kesaksian tentang tingkat bakat kreatif, artistik, dan teknik tertinggi yang melibatkan berbagai eksperimen dalam bentuk seni ekspresif periode Kakatiya (1123-1323)," jelasnya. 

Kuil ini dibangun dari batu pasir dengan balok dan pilar granit berukir dan dolerite, dengan Vimana (tempat suci bagian dalam) yang khas yang terbuat dari batu bata berpori ringan, juga dikenal sebagai "batu bata mengambang". 

Patung-patung Kuil Ramappa, terutama tokoh-tokohnya memiliki kilau dan utuh bahkan setelah 800 tahun pembangunan. "Kuil ini adalah kenangan hidup dari legenda Kakatiya yang membawa era keemasan ke wilayah berbahasa Telugu di India Selatan," tambah Singh.

Kuil Rudreshwara (Ramappa) dinominasikan di bawah Criterion i (Mahakarya jenius kreatif manusia) dan kriteria III (memberikan kesaksian yang unik atau setidaknya luar biasa terhadap tradisi budaya, yaitu hidup atau yang telah menghilang). 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur (Presdir) JNE, Mohamad Feriadi saat menerima plakat Ramadhan Bahagia oleh Bendahara Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) Ahmad Zuhdi

Jumat, 01 Juli 2022 - 22:54 WIB

Kunci Sukses PT JNE, Berbisnis Melibatkan Tuhan

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menjadi salah satu perusahaan logistik ternama di Tanah Air.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:52 WIB

Menkeu: Anggaran Perlinsos Naik Seiring Guncangan yang Dirasakan Masyarakat

Jakarta, Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran perlindungan sosial (perlinsos) mengalami kenaikan seiring dengan guncangan yang dirasakan oleh masyarakat.

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:41 WIB

Tegas! Sri Mulyani: Kami Tak Akan Lagi Berikan Program Pengampunan Pajak!

Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022), menegaskan pihaknya tidak akan lagi memberikan program pengampunan pajak.

Ikan Gurame Asam Manis (Foto: Instagram: dcost.seafood)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:30 WIB

3 Rekomendasi Tempat Makan Seafood Nikmat, dijamin Bikin Ketagihan

Bagi kamu pecinta hidangan laut, ada satu rekomendasi restoran yang wajib kamu coba nih! Ya, namanya D'Cost, ini merupakan jaringan restoran seafood terbesar di Indonesia.

Direktur SDM dan Hukum PT ASABRI (Persero) Sri Ainin Muktirizka beserta jajaran menghadiri langsung Penanaman Pohon di Polda Kepulauan Riau

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:16 WIB

ASABRI Tanam Pohon di Sejumlah Kesatuan Kepolisian

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2022, PT ASABRI (Persero) melaksanakan Program Pelestarian Alam melalui Penanaman Pohon di sejumlah kesatuan Kepolisian.