Memperingati HUT RI ke-76, Produk Kreatif Anak Bangsa Mejeng di Merci Beyond Bali, Paris

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 27 Juli 2021 - 10:15 WIB

Merci Beyond Bali di Paris, Perancis (Dok: KBRI Perancis)
Merci Beyond Bali di Paris, Perancis (Dok: KBRI Perancis)

INDUSTRY.co.id - Tidak hanya kaya akan keindahan alam, Indonesia pun juga memiliki beragam produk-produk kreatif dan inovatif yang modern. Maka, sebagai upaya untuk memperkenalkan produk anak bangsa, Merci Beyond Bali hadir di sebuah pameran Merci, di Paris, Perancis. 

Selama satu bulan penuh, produk kreatif anak bangsa akan mengisi saung-saung di pameran tersebut. Merci Beyond Bali tidak saja bertujuan untuk mempromosikan produk-produk kreatif Indonesia, namun juga membawa pengalaman mengunjungi Indonesia ke Paris. Merci Beyond Bali akan hadir dari tanggal 21 Juli hingga 22 Agustus 2021. 

"Merci Beyond Bali hadir mengobati rindu masyarakat Prancis yang tidak dapat berlibur menikmati keindahan budaya Indonesia dan hijaunya pemandangan di Zamrud Khatulistiwa, akibat pandemi COVID-19," kata Duta Besar RI Paris, Arrmanatha Nasir melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Promosi Merci Beyond Bali yang rencana awal dilakukan tahun 2020, tahun ini diselenggarakan dalam rangka menyambut bulan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. Lobby utama toko Merci di tranformasi secara istimewa dalam dekor saung-saung di tengah pepohonan hijau dan sawah yang berundak-undak seperti di Bali. 

Masing-masing saung menampilkan berbagai kekayaan kreativitas Indonesia yang disuguhkan oleh sekitar 28 brand dari Indonesia. Mulai dari produk fesyen, busana, aksesoris dan pernak pernik, tas dan dompet, sampai dengan perabotan dan peralatan makan, semua bertuliskan "Made in Indonesia". 

Produk-produk ini merupakan hasil kurasi toko Merci sendiri dan didatangkan dan dibeli Merci langsung dari Indonesia. Sejumlah barang pun sudah laku terjual di hari pertama promosi. “CEO Merci menyampaikan kepada saya bahwa akan melakukan re-order untuk beberapa produk karena sudah sold out,” tutur Dubes RI.

Untuk mempringati 76 tahun kemerdekaan Indonesia, toko Merci akan mendesign suatu kaos khusus untuk dijual secara eksklusif dan terbatas pada tanggal 17 Agustus 2021. "Walaupun desain kaos masih di rahasiakan, CEO Merci memberi bocoran desain yang dibuat diharapkan dapat memberi semangat untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," tuturnya.

Rangkaian acara peringatan 76 tahun kemerdekaan Republik Indonesia akan berlanjut di toko Merci dengan Business Gathering, 28 Juli 2021, mengundang kehadiran komunitas bisnis Prancis. Acara ini juga akan menjadi kesempatan untuk mempromosikan komoditas kopi dan teh Indonesia. 

Selanjutnya, pada 29 Juli 2021, promosi kreativitas Indonesia dilaksanakan dalam demonstrasi pembuatan batik dimana peserta dapat mempraktekan sendiri secara langsung proses pembuatan batik. Kunjungan virtual masyarakat Prancis ke Indonesia juga diwujudkan dalam pameran foto-foto situs warisan budaya dunia yang berada di Indonesia. 

Dengan stimulasi virtual ini, masyarakat Prancis pengunjung pameran diharapkan terpicu rasa ingin tahunya lebih lanjut mengenai Indonesia, dan ketika waktunya tiba, untuk datang mengunjungi dan menikmati keindahan Indonesia secara langsung. 

Kolaborasi dengan toko, desainer, restoran, atau fashion house yang mengerti pasar dan consumer base di Perancis menjadi strategi utama KBRI Perancis dalam mempromosikan produk kreatif Indonesia. Dalam satu tahun terakhir KBRI Paris telah berkolaborasi antara lain dengan Merci, Christian Dior, My Little Warung, dan Ithemba untuk mempromosikan berbagai produk Indonesia. 

Mekanisme kerja sama memberikan keleluasaan bagi partner di Prancis untuk melakukan kurasi dan secara langsung membeli dan mengurus semua proses impor dari Indonesia.

Toko Merci adalah sebuah concept store yang didirikan sejak Maret 2009 di tengah kota Paris, yaitu di daerah Haut-Marais. Toko Merci menjadi tempat penjualan berbagai produk desain, fesyen, dan peralatan rumah tangga berkualitas premium. Setiap tahun, toko Merci dikunjungi sekitar 1,5 juta pengunjung. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

Senin, 27 Juni 2022 - 18:31 WIB

Pan Brothers Tingkatkan Modal Dasar Jadi Rp647,5 Miliar

PT Pan Brothers Tbk (PBRX), produsen garmen yang menjadi emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) dan berkapasitas terpasang salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, meningkatkan modal dasar perseroan…

Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kiri pertama) menyerahkan secara simbolis buku tabungan BSI kepada Bendahara DMI Tatang Hidayat (kanan kedua) disaksikan langsung oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (kiri kedua) dan Ketua DMI Sofyan Djalil (kanan pertama pada peresmian Payment Point BSI di Gedung Kantor Pusat DMI di Matraman, Jakarta saat perayaan Milad Ke - 50 Dewan Masjid Indonesia

Senin, 27 Juni 2022 - 18:04 WIB

Resmikan Payment Point, BSI & DMI Perkuat Sinergi Perluas Layanan Keuangan Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) kembali bersinergi mengoptimalkan peran masjid untuk mendorong penguatan ekonomi dan keuangan syariah melalui perluasan layanan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita saat melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura

Senin, 27 Juni 2022 - 18:00 WIB

Menperin Agus 'Rayu' Perusahaan Industri di Aichi Jepang Bangun Pabrik Baru Hingga Pusat R&D di RI

Dalam rangkaian lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita juga melakukan pertemuan dengan Gubernur Prefektur Aichi Mr. Hideaki Omura. Aichi merupakan prefektur pusat…

Pesisir Pantai Kiom

Senin, 27 Juni 2022 - 17:55 WIB

Kementerian PUPR Tata Ulang Kawasan Kumuh Apolo dan Pesisir Pantai Kiom Jadi Wisata Waterfront City

Kegiatan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh (NSUP) kawasan pesisir pantai tersebut akan menciptakan kualitas lingkungan yang lebih baik sekaligus menjadi destinasi wisata baru kebanggaan…

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

Senin, 27 Juni 2022 - 17:47 WIB

APJII dan TP Link Kerja Sama Beri Pelatihan dan Sertifikasi

TP-Link Indonesia bekerja sama dengan Bidang Pelatihan dan Sertifikasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memberikan pelatihan dan sertifikasi kepada anggota Internet Service…