Beralih ke Pencahayaan LED Bantu Uni Eropa Berpacu Menuju Emisi Nol

Oleh : Herry Barus | Senin, 26 Juli 2021 - 17:00 WIB

Pencahayaan LED Bantu Uni Eropa Berpacu Menuju Emisi Nol
Pencahayaan LED Bantu Uni Eropa Berpacu Menuju Emisi Nol

INDUSTRY.co.id - Belanda  –  Di  Uni  Eropa,  di  mana  pencahayaan  diperkirakan  berkontribusi  pada  sekitar  10%  dari  semua  penggunaan  listrik,  temuan  Signify  (Euronext:  LIGHT),  pemimpin  dunia  di  bidang  pencahayaan,  mengungkapkan bahwa dengan mengganti luminer konvensional  ke LED  mampu  menghadirkan peluang signifikan untuk membantu UE mencapai emisi nol karbon bersih pada tahun 2050. 

Peralihan  tersebut  selanjutnya  akan  lebih  jauh  membantu  ke-27  negara  anggota  memenuhi  tujuan  Kesepakatan  Hijau  Eropa  dan  memenuhi  komitmen  mereka  sebagai  bagian  dari  Perjanjian  Paris.  Mengganti  2,3  miliar  luminer  konvensional  yang  ada  di  Uni  Eropa  dengan  LED  akan  mengurangi  jumlah emisi CO2 sebesar 50,9 juta  ton.1 Ini ekuivalen  dengan CO2 yang akan diserap oleh 2,3 miliar  pohon  –  setara  hutan  yang  luasnya  lebih  dari  daratan  Inggris  –  dalam  setahun. 

Penghematan  listrik  akan mencapai 188,5 TWh, yang setara dengan konsumsi tahunan 51,8 juta rumah tangga, atau lebih  dari  seperempat  jumlah  rumah  tangga  di  Uni  Eropa.  Ini  berarti  penghematan  sebesar  EUR 40 miliar  untuk biaya listrik per tahun di  27 negara anggota.

Selain itu, untuk setiap EUR 1 juta yang  diinvestasikan dalam renovasi energi pada bangunan akan menciptakan rata-rata 18 pekerjaan di Uni  Eropa.

 Mengganti pencahayaan profesional yang mencakup pencahayaan di kantor, kompleks industri, jalan  dan  taman,  serta  di  toko-toko  dan  hotel  dengan  LED  akan  menghadirkan  peluang  terbesar  dengan potensi pengurangan emisi CO2 sebesar 42 juta ton. Lebih dari itu, hal ini merupakan salah satu jenis

renovasi  bangunan  yang  tercepat  dan  paling  tidak  mengganggu,  sambil  memberikan  penghematan  listrik tertinggi dari teknologi pengganti apa pun.

Data Uni Eropa yang disajikan di sini adalah simulasi dalam kerangka model konversi titik lampu konvensional  Green Switch Uni Eropa, yang merupakan program yang dijalankan oleh Signify untuk membantu pelanggannya  mempercepat peralihan ke produk, sistem, dan layanan pencahayaan hemat energi.

Semua angka dan data  yang disajikan di sini adalah ilustrasi dan berdasarkan prakiraan dan asumsi. Angka-angka tersebut  berhubungan dengan 27 negara Uni Eropa. Jika mereka terkait dengan semua negara Eropa, pengurangannya  hampir dua kali lipat menjadi 100 juta ton CO2. 2 ‘Building Renovation: A kickstarter for the EU recovery,’ Renovasi Eropa.

  Sebagai  tambahan,  meminta  warga  Uni  Eropa  untuk  mengganti  semua  pencahayaan  di  rumah mmereka dengan LED akan mengurangi emisi CO2 sebesar 8,9 juta ton per tahun.  Mengingat bahwa peluang terbesar ada di segmen profesional, Signify menyerukan kepada Uni Eropa  untuk  meningkatkan  lebih  dari  dua  kali  lipat  laju  renovasi  bangunan  menjadi  3%  per  tahun  dan  beralih  ke  pencahayaan  LED  pintar.

 “Urgensi untuk mengambil tindakan atas  perubahan  iklim telah meningkat pada tahun lalu,” kata  Harry  Verhaar,  Global  Head  of  Public  &  Government  Affairs  Signify, Senin (26/7/2021)

“Temuan kami mengungkapkan  bahwa  beralih  ke  pencahayaan  LED  terkoneksi  memberi  Uni  Eropa  peluang  emas  untuk  membantu  mencapai tujuan pengurangan emisi dan menstimulasi ekonomi nasional. Kunci untuk  mewujudkannya adalah dengan mempercepat laju renovasi bangunan menjadi 3% per tahun. Beralih  ke  pencahayaan  LED  akan  menunjukkan  bahwa  investasi  awal  akan  terbayar  kembali  dalam  waktu  kurang dari dua tahun.  Hal  yang jelas  menguntungkan  bagi bumi ini,  masa depan digital dan  penciptaan lapangan kerja di Eropa.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.