Beralih ke Pencahayaan LED Bantu Uni Eropa Berpacu Menuju Emisi Nol

Oleh : Herry Barus | Senin, 26 Juli 2021 - 17:00 WIB

Pencahayaan LED Bantu Uni Eropa Berpacu Menuju Emisi Nol
Pencahayaan LED Bantu Uni Eropa Berpacu Menuju Emisi Nol

INDUSTRY.co.id - Belanda  –  Di  Uni  Eropa,  di  mana  pencahayaan  diperkirakan  berkontribusi  pada  sekitar  10%  dari  semua  penggunaan  listrik,  temuan  Signify  (Euronext:  LIGHT),  pemimpin  dunia  di  bidang  pencahayaan,  mengungkapkan bahwa dengan mengganti luminer konvensional  ke LED  mampu  menghadirkan peluang signifikan untuk membantu UE mencapai emisi nol karbon bersih pada tahun 2050. 

Peralihan  tersebut  selanjutnya  akan  lebih  jauh  membantu  ke-27  negara  anggota  memenuhi  tujuan  Kesepakatan  Hijau  Eropa  dan  memenuhi  komitmen  mereka  sebagai  bagian  dari  Perjanjian  Paris.  Mengganti  2,3  miliar  luminer  konvensional  yang  ada  di  Uni  Eropa  dengan  LED  akan  mengurangi  jumlah emisi CO2 sebesar 50,9 juta  ton.1 Ini ekuivalen  dengan CO2 yang akan diserap oleh 2,3 miliar  pohon  –  setara  hutan  yang  luasnya  lebih  dari  daratan  Inggris  –  dalam  setahun. 

Penghematan  listrik  akan mencapai 188,5 TWh, yang setara dengan konsumsi tahunan 51,8 juta rumah tangga, atau lebih  dari  seperempat  jumlah  rumah  tangga  di  Uni  Eropa.  Ini  berarti  penghematan  sebesar  EUR 40 miliar  untuk biaya listrik per tahun di  27 negara anggota.

Selain itu, untuk setiap EUR 1 juta yang  diinvestasikan dalam renovasi energi pada bangunan akan menciptakan rata-rata 18 pekerjaan di Uni  Eropa.

 Mengganti pencahayaan profesional yang mencakup pencahayaan di kantor, kompleks industri, jalan  dan  taman,  serta  di  toko-toko  dan  hotel  dengan  LED  akan  menghadirkan  peluang  terbesar  dengan potensi pengurangan emisi CO2 sebesar 42 juta ton. Lebih dari itu, hal ini merupakan salah satu jenis

renovasi  bangunan  yang  tercepat  dan  paling  tidak  mengganggu,  sambil  memberikan  penghematan  listrik tertinggi dari teknologi pengganti apa pun.

Data Uni Eropa yang disajikan di sini adalah simulasi dalam kerangka model konversi titik lampu konvensional  Green Switch Uni Eropa, yang merupakan program yang dijalankan oleh Signify untuk membantu pelanggannya  mempercepat peralihan ke produk, sistem, dan layanan pencahayaan hemat energi.

Semua angka dan data  yang disajikan di sini adalah ilustrasi dan berdasarkan prakiraan dan asumsi. Angka-angka tersebut  berhubungan dengan 27 negara Uni Eropa. Jika mereka terkait dengan semua negara Eropa, pengurangannya  hampir dua kali lipat menjadi 100 juta ton CO2. 2 ‘Building Renovation: A kickstarter for the EU recovery,’ Renovasi Eropa.

  Sebagai  tambahan,  meminta  warga  Uni  Eropa  untuk  mengganti  semua  pencahayaan  di  rumah mmereka dengan LED akan mengurangi emisi CO2 sebesar 8,9 juta ton per tahun.  Mengingat bahwa peluang terbesar ada di segmen profesional, Signify menyerukan kepada Uni Eropa  untuk  meningkatkan  lebih  dari  dua  kali  lipat  laju  renovasi  bangunan  menjadi  3%  per  tahun  dan  beralih  ke  pencahayaan  LED  pintar.

 “Urgensi untuk mengambil tindakan atas  perubahan  iklim telah meningkat pada tahun lalu,” kata  Harry  Verhaar,  Global  Head  of  Public  &  Government  Affairs  Signify, Senin (26/7/2021)

“Temuan kami mengungkapkan  bahwa  beralih  ke  pencahayaan  LED  terkoneksi  memberi  Uni  Eropa  peluang  emas  untuk  membantu  mencapai tujuan pengurangan emisi dan menstimulasi ekonomi nasional. Kunci untuk  mewujudkannya adalah dengan mempercepat laju renovasi bangunan menjadi 3% per tahun. Beralih  ke  pencahayaan  LED  akan  menunjukkan  bahwa  investasi  awal  akan  terbayar  kembali  dalam  waktu  kurang dari dua tahun.  Hal  yang jelas  menguntungkan  bagi bumi ini,  masa depan digital dan  penciptaan lapangan kerja di Eropa.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Sabtu, 18 September 2021 - 19:33 WIB

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Yayasan Dharma Pertiwi mengadakan acara peresmian Daycare dan PAUD Holistik Integratif Yayasan Dharma Bhakti Dharma Pertiwi yang berlokasi di lingkungan Mabes TNI, Jumat (17/9/2021).

Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)

Sabtu, 18 September 2021 - 18:25 WIB

Bangun Kualitas Diri dengan Jejak Digital Positif dan Terapkan Etika

Transformasi digital mengalami percepatan, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi bagaimana masyarakat berinteraksi di dunia digital. Mulai dari mencari informasi, bekerja,…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Sabtu, 18 September 2021 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Harap Dunia Usaha di Bali Bisa Segera Bangkit

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap perekonomian di Bali bisa kembali bergerak seiring penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ke level 3 di Pulau Bali.…

Ilustrasi Pelecehan Seksual Secara Online (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:55 WIB

Jangan Takut Melapor! Pentingnya Kenali 5 Bentuk Pelecehan Seksual di Ruang DigitalĀ 

Interaksi sosial masyarakat yang beralih ke ruang digital berkat adanya internet, membuat tindak kekerasan seksual pun berpindah ke ranah online.

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:10 WIB

Peran Orangtua Memberi Ajaran Agar Anak Aman Berinternet

Internet dan media sosial seperti mata pisau, di satu sisi memiliki manfaat positif namun sisi lainnya ada dampak negatif yang bisa melukai penggunanya. Terlebih untuk anak-anak, peran orangtua…