Kasus Covid-19 Meningkat di Spanyol, Aplikasi Penyewaan Kolam Renang Laris Manis

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 26 Juli 2021 - 13:00 WIB

Pantai di Spanyol (Foto: up2date.co.id)
Pantai di Spanyol (Foto: up2date.co.id)

INDUSTRY.co.id - Memasuki musim panas di Eropa, tepatnya di Spanyol orang-orang memilih untuk berendam di dalam kolam renang untuk menyegarkan dan mendingkan tubuh dari teriknya matahari. 

Namun, sayangnya kasus Covid-19 di Spanyol pun mengalami peningkatan sehingga berenang di kolam renang umum pun menjadi kekhawatiran masyarakat yang berisiko menularkan virus Corona. Maka, mereka yang ingin mendinginkan tubuh di musim panas ini lebih memilih untuk menyewa kolam renang melalui aplikasi.

Aura Cenet, pramusaji berusia 21 tahun asal Madrid dan tiga temannya menyewa kolam renang pribadi di sebuah rumah di Arroyomolinos, kota berjarak 28 kilometer dari ibu kota Spanyol, lewat aplikasi Swimmy.

"Kami lebih terlindungi di sini, tanpa ada yang mengganggu. Ini merupakan ide yang bagus, saya tidak berpikir akan kembali ke kolam renang umum di kota," katanya kepada Reuters.

Dilansir dari laman Times of India, Senin (26/7/2021), pandemi ini telah memicu bisnis seperti pembuatan dan pemeliharaan kolam renang di pribadi, karena lebih banyak orang memilih untuk menghindari kolam renang umum dan pantai. 

Hal ini pun berdampak pada Fluidra, sebuah perusahaan pembuat perlengkapan kolam renang terbesar di dunia, pada Mei perusahaan tersebut membukukan keuntungan 40 kali lipat. Perusahaan Spanyol itu mengatakan permintaan kolam renang di perumahan kemungkinan akan tetap meningkat.

"Para pemilik yang menggunakan aplikasi Swimmy dapat menghasilkan hingga 1.200 euro atau sekitar Rp20,4 juta per bulan dari penyawaan kolam renang mereka," kata Estefania Leiva, direktur komunikasi di kantor cabang Swimmy di Spanyol.

Sementara untuk tarif sewa di daerah Madrid, umumnya berkisar 12-30 euro sekitar Rp204 ribu sampai Rp511 ribu per orang untuk setengah hari. Swimmy didirikan pada 2017 di Perancis dan kini beroperasi di Italia, Jerman, dan Amerika Serikat.

"Meskipun pembatasan Covid-19 telah dilonggarkan tahun ini, pada Mei dan Juni jumlah pemesanan yang kami terima naik dua kali lipat dibandingkan tahun lalu," tuturnya.

Lonjakan baru kasus infeksi bulan ini telah memaksa sejumlah wilayah untuk memberlakukan pembatasan dalam beberapa pekan terakhir.

Vanessa Ghirardato, pemilik kolam renang yang disewakan Cenet dan teman-temannya mulai menggunakan aplikasi tahun lalu.

"Saya jarang menikmati kolam renang jadi kalau saya hanya menggunakannya beberapa jam saya lebih suka orang lain menikmatinya dan uangnya masuk sangat berguna karena kolam renang seperti ini mahal untuk biaya perawatannya," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erwin Aksa Peduli

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:00 WIB

Sosialisasi Airlangga Hartarto Sebagai Capres Partai Golkar, Komunitas Erwin Aksa Peduli Lakukan Penggalangan Melalui EKTA

Mesin politik Partai Golkar mulai bergerak di berbagai tingkatan, tidak terkecuali Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa. Ia mengaktifasi serta…

Dirjen Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:50 WIB

Mantap! Realisasi Investasi Industri Mamin Tembus Rp19,17 Triliun Sepanjang Triwulan I-2022

Ditinjau dari sisi perdagangan internasional, ekspor produk mamin sampai triwulan I-2022 menembus USD10,92 miliar (termasuk minyak kelapa sawit), dan mengalami neraca perdagangan yang positif…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:33 WIB

Mari Vote Anggawira untuk Ketua Umum HIPMI 2022-2025!

HIPMI sebagai perhimpunan pengusaha muda akan mencari nakhoda baru di 17 September 2022. Tantangan jaman menuntut pengusaha muda kita untuk berinovasi dan berkolaborasi, dua hal yang tentu dimiliki…

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…