Menparekraf Dorong Komunitas Diaspora Indonesia di Qatar Promosikan Pariwisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 26 Juli 2021 - 12:10 WIB

Qatar (Foto QatarAirways)
Qatar (Foto QatarAirways)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya untuk memasarkan produk ekonomi kreatif Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong diaspora Indonesia yang berada di Qatar untuk turut serta mempromosikan pariwisata tanah air serta berkolaborasi untuk membuka peluang-peluang usaha dan lapangan kerja parekraf. 

"Saya mendorong agar diaspora Indonesia di Qatar juga memiliki pemahaman tentang pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Jadi langsung saja, saya ucapkan selamat kepada diaspora Indonesia di Qatar telah ditunjuk sebagai duta pariwisata untuk menggaungkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Qatar. Kita harus dapat berkolaborasi, bergerak cepat membuka peluang-peluang baru," kata Menparekraf Sandiaga Uno melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Arah kebijakan pariwisata Indonesia ke depan adalah menuju pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan lingkungan, sustainability based on nature and culture. Tren dari pariwisata dunia yang juga akan menjadi segmen di Indonesia adalah pariwisata yang personalize, customize, localize, and smaller in size. 

Untuk itu, Kemenparekraf dikatakan Sandiaga melakukan pendekatan dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Dirinya mengajak peran aktif dari komunitas diaspora Indonesia di Qatar untuk dapat bersama-sama mewujudkan kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Pandemi Covid-19 memaksa kita untuk dapat meningkatkan keterampilan melalui upskilling dan reskilling baik dalam bahasa maupun kemampuan kita untuk masuk ke ekosistem digital. Kemenparekraf telah menyiapkan berbagai program pendampingan dan siap bekerja sama dengan para diaspora Indonesia," jelasnya.

Salah satu program utama yang tengah dijalankan pemerintah di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi adalah "Indonesia Spice Up the World". 

Program ini memiliki tujuan memperluas pemasaran produk bumbu/pangan olahan dan rempah Indonesia. Juga mengembangkan restoran Indonesia di luar negeri atau sebagai bagian dari gastrodiplomasi restoran. Mendorong kuliner Indonesia hadir di mancanegara dan memberi nilai tambah bagi Indonesia. Sehingga dapat menguatkan kuliner di dalam negeri atau destinasi gastronomi. 

Target dari Indonesia Spice Up the World hingga 2024 adalah hadirnya 4.000 restoran Indonesia di luar negeri. Juga peningkatan nilai ekspor bumbu dan rempah menjadi 2 miliar dolar AS. 

Menurut data ekspor bumbu/rempah olahan dan komoditas/rempah segar Indonesia sendiri mengalami tren positif dengan rata-rata pertumbuhan 2,95 persen selama lima tahun terakhir. Pada tahun 2020, nilai ekspor tercatat sebesar 1,02 miliar dolar AS. 

"Banyaknya diaspora Indonesia di Qatar tentu dapat membantu tercapainya program ‘Indonesia Spice Up the World’," kata Sandiaga. 

Sementara, Duta Besar Indonesia untuk Qatar, Ridwan Hassan, menjelaskan, jumlah masyarakat Indonesia di Qatar sebanyak 17 ribu orang dan banyak diisi generasi muda yang bergerak di berbagai macam sektor. Mulai dari sektor migas, hospitality, IT, juga pekerja domestik. 

Keberadaan diaspora Indonesia di Qatar tanpa disadari telah menjadi agent of promotion bagi Indonesia. Di berbagai aktivitas di lingkungan kerja masing-masing, banyak dari mereka yang bercerita tentang potensi Indonesia yang luar biasa. 

"Mereka para ekspatriat yang umumnya memiliki tingkat kesejahteraan yang tinggi, tentu juga akan menjadi potensi sebagai wisatawan ketika kembali ke tanah air," kata Ridwan Hassan. 

Dirinya berharap kolaborasi yang baik antara Kemenparekraf dengan KBRI di Qatar serta masyarakat Indonesia di Qatar benar-benar dapat mewujudkan potensi bersama khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Mudah-mudahan ini akan menjadi satu potensi yang dapat kita kembangkan bersama. Dengan jumlah ekspatriat yang besar dan terdidik, kita bisa manfaatkan diaspora Indonesia di Qatar sebagai captive market pada produk dan jasa Indonesia sebagai sales person dalam produk dan jasa Indonesia, promotor bagi produk dan jasa Indonesia, promotor dari seni dan budaya Indonesia, dan promotor bagi pariwisata Indonesia," tutup Ridwan Hassan. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.